PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD 4 BULUNGCANGKRING

HIDAYAH, NURUL (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNINGUNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS V SD 4 BULUNGCANGKRING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (691kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (195kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (380kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (477kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (886kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (122kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (175kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (184kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (9MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika. Hal ini ditunjukkan dengan perolehan rata-rata kelas 68,93 dan ketuntasan 60%. Permasalahan tersebut disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung saat mengajar dan sebagian besar siswa menganggap matematika merupakan mata pelajaran yang paling menakutkan. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model pembelajaran Problem Based Learming dapat meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V SD 4 Bulungcangkring? Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dalam meningkatkan hasil belajar siswa dalam pembelajaran matematika materi pecahan siswa kelas V SD 4 Bulungcangkring Hasil belajar siswa merupakan hasil yang diperoleh siswa setelah melakukan pembelajaran. Model Problem Based Learning merupakan model pembelajaran berbasis masalah yang terdiri dari 6 fase yaitu (1) mengorientasikan siswa pada masalah; (2) mengorganisasi siswa untuk belajar; (3) membimbing penyelidikan individu maupun kelompok; (4) mengembangkan dan menyajikan hasil karya; dan (5) menganalisis dan mengevaluasi proses pemecahan masalah. Hipotesis penelitian ini yaitu dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Based Learning terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan pada siswa kelas V SD 4 Bulungcangkring. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD 4 Bulungcangkring tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa sebanyak 30 orang, terdiri dari 17 siswa laki-laki dan 13 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah model pembelajaran Problem Based Learning dan hasil belajar matematika siswa pada materi pecahan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa dengan rata-rata dan persentase ketuntasan yakni pra siklus 66,43 (60%), siklus I 73,56 (76,67%) dan siklus II 78,55 (86,67%) yang didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa yakni 50,31% (sedang) pada siklus I menjadi 70,94% (tinggi) pada siklus II. Keterampilan mengajar guru juga mengalami peningkatan dari persentase 67% (tinggi) pada siklus I dan 84% (sangat tinggi) pada siklus II. Simpulan penelitian dapat diterangkan bahwa penerapan model pembelajaran Problem Based Learning dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi pecahan kelas V SD 4 Bulungcangkring. Saran yang diberikan yaitu siswa hendaknya lebih aktif dalam pembelajaran, guru hendaknya menerapkan model pembelajaran Problem Based Learning pada pembelajaran matematika dan menggunakan model pembelajaran lain yang lebih kreatif, sekolah dapat memotivasi guru untuk melakukan perbaikan pendidikan dan pengajaran, peneliti lain dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan lebih maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 25 Nov 2014 07:16
Last Modified: 25 Nov 2014 07:16
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3675

Actions (login required)

View Item View Item