PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI BUKU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 4 PLOSO KUDUS

CHASANAH, USWATUN (2014) PENERAPAN MODEL MIND MAPPING DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS RINGKASAN ISI BUKU PADA SISWA KELAS V SEMESTER II SD 4 PLOSO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (931Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (722Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1080Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1285Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2393Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (636Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (685Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (609Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (11Mb)

                    Abstrak

                    Kemampuan berbahasa (language skill) yang terdiri dari empat keterampilan yakni; keterampilan menyimak, membaca, berbicara, dan menulis menjadi indikator keberhasilan dalam keterampilan berbahasa siswa. Akan tetapi, tidak semua siswa di SD 4 Ploso Kudus mampu menguasai keterampilan berbahasa dengan baik, terutama dalam kemampuan menulis. Penyebab dari rendahnya keterampilan menulis siswa karena siswa kesulitan dalam menyampaikan ide dan gagasan maupun pikiran melalui tulisan. Hal tersebut yang melatar belakangi penelitian yang dilakukan di SD 4 Ploso Kudus pada aspek menulis dengan materi meringkas isi buku. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu; (1) apakah penggunaan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran? (2) dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa? (3) dapat meningkatkan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia materi meringkas isi buku? Dari rumusan masalah yang telah disampaikan, penelitian ini betujuan untuk meningkatkan (1) keterampilan guru mengelola pembelajaran, (2) aktivitas belajar siswa, dan (3) keterampilan menulis siswa pada materi meringkas isi buku dengan menggunakan model mind mapping. Penggunaan model mind mapping dalam meringkas isi buku dapat mendorong anak untuk mencatat atau meringkas menggunakan kata kunci (key word) dan gambar. Adanya kombinasi warna, simbol bentuk dan sebagainya memudahkan otak dalam menyerap informasi yang diterima.Selain itu, model mind mapping juga dapat melihat gambaran umum seluruh isi buku. Dengan keunggulan tersebut, penerapan model mind mapping pada materi meringkas isi buku dapat meningkatkan secara signifikan keterampilan menulis siswa dalam pembelajaran bahasa Indonesia. Penelitian tindakan kelas ini menggunakan model perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi dengan subjek penelitian 30 siswa kelas V di SD 4 Ploso Kudus dan guru mata pelajaran bahasa Indonesia. Penelitian ini terdiri dari dua siklus dan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yakni; wawancara, observasi, dokumentasi, dan tes yang telah divalidasi. Tes yang digunakan dalam penelitan ini terdiri dari dua jenis yaitu tes tertulis dan penilaian hasil kerja (product assasment). Kemudian data yang diperoleh akan dideskripsikan secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan guru mengajar, aktvitas belajar siswa, dan xii keterampilan menulis siswa. Hal ini dapat terlihat dari terpenuhinya indikator keberhasilan. Dari perolehan hasil (1) keterampilan guru mengajar pada siklus I memperoleh persentase 75% dengan kualifikasi “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 86,5% dengan kualifikasi sangat baik, (2) aktivitas belajar siswa pada siklus I mendapatkan nilai 60 dengan kualifikasi sedang dan meningkat pada siklus II menjadi 80,5 dengan kualifikasi aktivitas belajar siswa sangat tinggi, (3) hasil dari keterampilan menulis ringkasan pada siklus I rata-rata klasikal 70,6 meningkat pada siklus II menjadi 81,03, persentase ketuntasan klasikal pada siklus I meningkat dari 83% menjadi 97%. Simpulan yang diperoleh dari penelitian ini yaitu penerapan model mind mapping dapat meningkatkan keterampilan guru mengelola pembelajaran, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan menulis siswa pada materi meringkas isi buku di SD 4 Ploso Kudus. Saran dalam penelitian ini diberikan kepada; (1) siswa, harus percaya diri dalam menulis karena untuk mengurangi kesulitan dalam menulis bisa menggunakan model pembelajaran mind mapping. (2) Guru, mind mapping dapat dipergunakan sebagai salah satu model untuk mengatasi dominasi model konvensional. (3) Sekolah, mendukung dan memfasilitasi segala bentuk pengembangan pembelajaran yang dilakukan guru.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Keterampilan Menulis Bahasa Indonesia, Menulis Ringkasan, Model Mind Mapping.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 26 Nov 2014 09:42
                    Last Modified: 26 Nov 2014 09:42
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3680

                    Actions (login required)

                    View Item