PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD 1 PIJI

FIDDIN FELANI, FELA (2014) PENERAPAN MODEL THINK PAIR SHARE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV DI SD 1 PIJI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (661Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (223Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (495Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (483Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2050Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (235Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (189Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (55Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (8Mb)

                    Abstrak

                    Masalah dalam penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Piji. Berdasarkan hasil dokumentasi hasil belajar matematika siswa menunjukkan bahwa lebih dari 70% siswa belum tuntas dari kriteria ketuntasan minimal yang ditetapkan sekolah. Untuk itu diadakannya perbaikan dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share. Tujuan dalam penelitian ini adalah penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di SD 1 Piji kelas IV tahun ajaran 2013/2014. Arends (dalam Trianto, 2011:81) menyatakan bahwa “TPS menampilkan suatu cara yang efektif untuk membuat variasi suasana pola diskusi kelas. Dengan asumsi bahwa prosedur yang digunakan dalam TPS dapat memberi siswa lebih banyak waktu berpikir, untuk saling merespon dan saling membantu”. Sedangkan menurut Huda (2012:136) Think Pair Share merupakan model pembelajaran yang mengoptimalkan partisipasi siswa dan memungkinkan siswa untuk bekerja sendiri dan bekerja sama dengan orang lain. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan subjek penelitian siswa kelas IV SD 1 Piji tahun ajaran 2013/2014. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus dengan dua kali pertemuan setiap siklusnya. Subjek penelitian berjumlah 30 siswa yang terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 17 siswa perempuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah teknik tes dan non tes dengan instrumen penelitian yang digunakan adalah soal evaluasi, lembar wawancara, dan lembar observasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Hasil yang diperoleh meliputi hasil belajar siswa tuntas dengan persentase siklus I sebesar 66.67% dan mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 80%. Hasil oberservasi aktivitas belajar siswa pada siklus I pertemuan 1 diperoleh 2.45 dengan kategori cukup baik dan pada siklus I pertemuan 2 diperoleh 2.61 dengan kategori baik. Kemudian hasil obervasi aktivitas belajar siswa pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 2.91 dengan kategori baik dan pada siklus II pertemuan 2 diperoleh 3,27 dengan kategori sangat baik. Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran pada siklus I pertemuan 1 diperoleh 2.75 dengan kategori cukup baik dan pada siklus I pertemuan 2 diperoleh 3.00 dengan kategori baik. Kemudian keterampilan guru pada siklus II pertemuan 1 diperoleh 3.25 dengan kategori baik dan pada siklus II pertemuan 2 diperoleh 3,66 dengan kategori sangat baik Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share (TPS) dapat meningkatkan hasil belajar matematika, aktivitas belajar siswa, dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran materi penjumlahan dan pengurangan pecahan di SD 1 Piji kelas IV tahun ajaran 2013/2014. Disarankan model pembelajaran kooperatif tipe Think Pair Share digunakan pada mata pelajaran lain selain matematika untuk meningkatkan hasil belajar siswa.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Think pair share, hasil belajar matematika, pecahan
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 26 Nov 2014 10:35
                    Last Modified: 26 Nov 2014 10:35
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3686

                    Actions (login required)

                    View Item