PEMANFAATAN ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SD 3 WATES UNDAAN KUDUS

FITRIAH, CHORIANA (2014) PEMANFAATAN ALAT PERAGA DEKAK-DEKAK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DALAM MATERI BILANGAN CACAH PADA SISWA KELAS II SD 3 WATES UNDAAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (430Kb) | Tinjau ulang
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (99Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (455Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (343Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (980Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (166Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (99Kb) | Request a copy
                [img]
                Tinjau ulang
                PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (82Kb) | Tinjau ulang
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (12Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pelajaran Matematika masih menjadi masalah serius di Kelas II Semester I. Hal ini terlihat dari hasil belajar matematika dengan persentase 68,5% siswa yang belum mencapai kriteria ketuntasan minimal yang telah ditetapkan yaitu 65. Sedangkan ketercapaian nilai ketuntasan adalah 31,5% siswa dengan rata-rata ulangan formatif 54,3. Hal ini menunjukkan bahwa proses pembelajaran matematika masih kurang efektif yang disebabkan masalah klasik salah satunya adalah model pembelajaran matematika kurang variatif dan jarang melibatkan siswa dalam proses pembelajaran. Masalah pokoknya adalah apakah pemanfaatan Alat Peraga Dekak-Dekak dapat mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal dengan jumlah siswa lebih dari 70%, hasil belajar, keaktifan siswa dan kinerja guru pada pokok bahasan operasi hitung campuran bilangan cacah Kelas II SD 3 Wates Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian ini adalah Mendiskripsikan cara menggunakan alat peraga Dekak-Dekak untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas II SD 3 Wates dan Menemukan peningkatan hasil belajar siswa kelas II SD 2 Wates pada materi operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan cacah melalui alat peraga Dekak-Dekak. Subyek penelitian ini berjumlah 19 siswa. Penelitian dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus terdiri 4 tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Penelitian tindakan kelas dengan pemanfaatan alat peraga dekak-dekak dalam materi operasi hitung bilangan cacah dibagi menjadi dua siklus yang masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan yang dibagi menjadi 4 tahap yakni perencanaa, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi dan dokumentasi. Teknk analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif dan kualitatif. Data diambil dari hasil tes yang diselenggarakan oleh peneliti. Instumen penelitian berupa tes tertulis yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Data yang terkumpul dengan menggunakan statistik dengan taraf signifikan 5%. Hasil analisis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan pembelajaran guru dalam mengelola pembelajaran melalui pemanfaatan alat peraga Dekak-Dekak, peningkatan aktivitas belajar siswa, serta peningkatan keterampilan siswa dalam menyelesaikan operasi hitung bilangan cacah. Hal ini ditunjukkan dengan persentase ketuntasan pada Prasiklus hanya sebesar 21,1%, pada siklus I sebesar 63,2%, dan pada siklus II meningkat menjadi sebesar 78,9%. Dengan rata-rata nilai hasil belajar matematika peserta didik sebesar 65,8 pada siklus 1 dan pada siklus 2 nilai rata-rata hasil belajar matematika peserta didik meningkat menjadi 78,4. Berdasarkan hasil penelitian tersebut dapat disimpulkan: terdapat peningkatan aktivitas belajar dan hasil belajar matematika peserta didik kelas II semester 1 melalui penerapan alat peraga Dekak-Dekak pada materi operasi hitung bilangan cacah tahun pelajaran 2013/2014. Berdasarkan kesimpulan hasil penelitian, maka peneliti menyarankan kepada guru hendaknya memilih dan menerapkan alat pembelajaran yang tepat agar siswa aktif dan menjadi subyek pembelajaran, sehingga dalam pembelajaran dapat timbul minat, motivasi, kreativitas, dan keterampilan siswa dalam mempelajari materi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: hasil belajar matematika, alat peraga dekak-dekak, operasi hitung bilangan cacah.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 26 Nov 2014 15:45
                    Last Modified: 26 Nov 2014 15:46
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3691

                    Actions (login required)

                    View Item