UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK RELAKSASI BERBASIS FILM EDUKASI

QOMARIYAH , NUR (2014) UPAYA MENGATASI KEJENUHAN BELAJAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN TEKNIK RELAKSASI BERBASIS FILM EDUKASI. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
Bab_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (200kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
Bab_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (336kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
Bab_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (533kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab_4_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (717kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
bab_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (233kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
bab_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (101kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (104kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
lampiran_.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara peneliti terhadap guru bk (konselor) pada tanggal 05 Mei 2014 dan hasil observasi peneliti terhadap siswa di SMK N 1 Kudus di kelas XI PM 3 ditemukan adanya indikasi kecenderungan kejenuhan dalam belajar. Adapun beberapa faktor yang menjadi pemicu timbulnya kejenuhan belajar siswa antara lain : mata pelajaran yang tidak disukai , guru yang tidak disukai, metode yang digunakan guru membosankan. Sehingga apabila hal ini tidak segera ditangani akan berdampak negatif dan akan berakibat fatal pada prestasi akademis siswa. Berdasarkan latar belakang dapat dirumuskan permasalahan sebagai berikut: Bagaimana penerapan layanan informasi dengan teknik relaksasi berbasis film edukasi dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas XI PM 3 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Tujuan penelitian yaitu Mendeskripsikan seberapa besar pengaruh layanan informasi dengan teknik relaksasi berbasis film edukasi untuk mengatasi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI PM 3 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Menemukan seberapa efektif sebelum dan sesudah penggunaan layanan informasi terhadap upaya mengatasi kejenuhan belajar siswa dengan teknik relaksasi berbasis film edukasi pada siswa kelas XI PM 3 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini dilakukan untuk menguji adanya pengaruh layanan informasi terhadap upaya mengatasi kejenuhan belajar dengan teknik relaksasi berbasis film edukasi pada siswa kelas XI PM 3 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan pada rumusan masalah dan landasan teori yang telah dipaparkan, maka hipotesis penelitian tindakan bimbingan dan konseling dapat dirumuskan sebagai berikut : “Layanan informasi teknik relaksasi berbasis film edukasi dapat mengatasi kejenuhan belajar pada siswa kelas XI PM 3 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI PM 3 SMK N I Kudus yang mengalami kejenuhan belajar, yang berjumlah 38 siswa yang terdiri dari 4 siswa laki-laki dan 34 siswi perempuan.. Variabel dalam penelitian ini Layanan Informasi dengan teknik relaksasi berbasis film edukasi (Variabel Bebas) Kejenuhan Belajar (Variabel Terikat). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan, setiap siklus terdiri dari 3 tahapan. Data diperoleh dari observasi dilakukan secara langsung bersama guru pembimbing (kolabolator).. . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan yang dilakukan oleh peneliti, kejenuhan belajar siswa mengalami perubahan dari pra siklus ke siklus I ke siklus II. Pada Pra siklus ke siklus I pertemuan 1,2, dan 3, mendapatkan nilai rata-rata 19,4% dan 21,3%. Dan pada siklus II pertemaun 1 ,2, dan 3 mendapakan skor rata-rata 29,7%. Dan analisis dari pra siklus sampai dengan siklus II adalah 19,4% sampai dengan 29,7%. Dengan hasil peningkatan sebesar 10,3%. . Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan di atas maka hipotesis yang menyatakan “layanan informasi teknik relaksasi berbasis film edukasi dapat mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas XI PM 3 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014.diterima karena teruji kebenarannya. Sehubungan dengan hasil penelitian yang telah dipaparkan pada bab-bab sebelumnya, peneliti perlu menyampaikan beberapa saran sebagai berikut. Bagi Kepala Sekolah Kepala sekolah diharapkan dapat memberikan sarana dan prasarana yang mendukung terhadap pelaksanaan kegiatan bimbingan dan konseling di sekolah. Bagi Orang Tua Diharapkan orang tua peduli dan paham terhadap permasalahan belajar putra-putrinya selama ini, dengan cara memberikan pengawasan serta kontrol yang baik, dengan harapan putra-putrinya tersebut tidak mengalami masalah kejenuhan dalam belajarnya Bagi Konselor Diharapkan konselor peduli serta paham terhadap tugas dan kewajibannya di sekolah, dengan cara membantu siswa yang mengalami permasalahan dalam kejenuhan belajarnya, dengan cara memberikan tindakan layanan informasi dengan teknik relaksasi berbasis film edukasi.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: Kejenuhan Belajar Siswa. Layanan Informasi dengan Teknik Relaksasi Berbasis Film Edukasi.
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 17 Dec 2014 04:49
Last Modified: 17 Dec 2014 04:49
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3740

Actions (login required)

View Item View Item