PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MINTOBASUKI 02 PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA TAHUN 2013/2014

RATNASARI, DEWI (2014) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V SD MINTOBASUKI 02 PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA TAHUN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (516Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (178Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (761Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (499Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (653Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (199Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (76Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (155Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian yang dilakukan ini dilatar belakangi rendahnya hasil belajar siswa kelas V SD Mintobasuki 02. Dari observasi yang dilakukan rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan di dalam pembelajaran guru masih menggunakan metode ceramah dengan sedikit variasi metode praktik dan diskusi. Kegiatan pembelajaran lebih ditekankan pada penyelesaian materi. Siswa hanya mendengarkan dan mencatat yang cenderung bersifat komunikasi satu arah. Pembelajaran yang demikian menyebabkan kurangnya keterlibatan siswa secara langsung dalam proses pembelajaran. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapkan metode eksperimen dalam pembelajaran IPA. Sehingga tujuan penelitian ini adalah (1) Mendiskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SD Mintobasuki 02, (2) Mendiskripsikan peningkatan aktivitas siswa kelas V V dengan diterapkannya metode eksperimen pada pembelajaran IPA di SD Mintobasuki 02, (3) Menganalisis peningkatakn hasil belajar IPA melalui penerapan metode eksperimen pada siswa kelas 5 SD Mintobasuki 02. Metode eksperimen merupakan suatu cara mengajar yang memberikan kesempatan pada siswa untuk melakukan suatu percobaan tentang suatu hal, mengamati prosesnya serta menuliskan hasil percobaannya, kemudian hasil pengamatan itu disampaikan ke kelas dan dievaluasi oleh guru. Pengalaman yang dialami secara langsung dapat tertanam dalam ingatan siswa. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Masing-masing siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan meliputi wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data non tes hasil pengamatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi sifat-sifat cahaya pada siswa kelas V SD Mintobasuki 02. Hal ini dibuktikan adanya peningkatan dari tahap siklus I sampai siklus II. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I memperoleh nilai rata-rata kelas sebesar 72,42 dengan ketuntasan klasikal mencapai 64,52%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 82,90 dengan ketuntasan klasikal mencapai 87,10 %. Untuk peningkatan pada hasil belajar afektif dan psikomotorik siswa ditunjukan dengan semakin baiknya aktivitas belajar siswa dari siklus I sampai siklus II. Rata-rata aktivitas siswa pada siklus I sebesar 2,5 dengan kriteria baik, dan pada siklus II meningkat menjadi 2,95 dengan kriteria baik. Sedangkan untuk peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran ditunjukan dari hasil penilaian keterampilan guru selama proses pembelajaran. pada siklus I diperoleh rata-rata sebesar 2,9 dengan kriteria baik dan pada siklus II meningkat menjadi 3,3 dengan kriteria sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran dengan menggunakan metode eksperimen dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Mintobasuki 02 pada mata pelajaran IPA materi sifat-sifat cahaya. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peneliti yang lain dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan metode ekaperimen sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Metode Eksperimen, Hasil Belajar, IPA.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 18 Dec 2014 10:19
                    Last Modified: 18 Dec 2014 10:19
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3749

                    Actions (login required)

                    View Item