PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 MIJEN KUDUS

ASWAR, ALFIN MIFTAKHUSSA’ADAH (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEADS TOGETHER UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS IV SDN 3 MIJEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (585Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (180Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (376Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (598Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1292Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (210Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (110Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (201Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (6Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Matematika merupakan salah satu ilmu pengetahuan yang penting sebagai pengantar ilmu pengetahuan yang lain dan banyak digunakan dalam kehidupan sehari-hari. Namun, sebagian besar siswa menganggap matematika merupakan salah satu mata pelajaran yang sulit dan menakutkan, hal ini diperkuat dari hasil wawancara dengan siswa. Hal ini dikarenakan pembelajaran terpusat pada guru tanpa adanya variasi pembelajaran. Hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 3 Mijen rendah. Meskipun nilai KKM matematika tidak terlalu tinggi yaitu 60, namun masih banyak siswa yang mendapat nilai di bawah KKM dengan nilai rata-rata 50,2. Hal ini ditunjukkan dengan hasil ulangan akhir semester 1, dari 25 siswa sebanyak 20 siswa (80%) mengalami ketidaktuntasan dan yang mencapai ketuntasan hanya 5 siswa (20%). Mengajarkan matematika tanpa variasi pembelajaran cenderung terkesan membosankan bagi siswa untuk belajar. Oleh karena itu, peneliti menawarkan solusi dengan menerapkan model pembelajaran Numbered Heads Together pada mata pelajaran matematika siswa kelas IV SDN 3 Mijen Kudus. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SDN 3 Mijen Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Peningkatan hasil belajar siswa dapat dilakukan dengan model pembelajaran yang inovatif dan cocok bagi penelitian ini adalah model pembelajaran Numbered Heads Together yang mengutamakan adanya kerjasama antar siswa dalam kelompok dengan langkah-langkah 1) penomoran, 2) mengajukan pertanyaan, 3) berfikir bersama, dan 4) menjawab. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas model Kemmis dan Taggart dengan 4 tahap tindakan antara lain: perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV SDN 3 Mijen Kudus berjumlah 25 siswa diantaranya 11 siswa laki-laki dan 14 siswa perempuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu wawancara, observasi, tes dan dokumentasi. Instrumen penelitian yang digunakan yaitu pedoman wawancara, lembar observasi atau pengamatan, dan tes hasil belajar. Analisis data yang digunakan adalah kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa kelas IV mata pelajaran matematika. Pada pra siklus nilai rata-rata siswa mencapai 50,2 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 20%. Pada siklus I nilai rata-rata 72,8 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 64%. Pada siklus II nilai rata-rata 82,4 dengan ketuntasan belajar siswa mencapai 84%. Keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran Numbered Heads Together siklus I diperoleh rata-rata sebesar 70,46% dan pada siklus II 79,55%. Rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus I denganpersentaseyaitu 63,36% dan rata-rata aktivitas belajar siswa pada siklus II persentasenya yaitu 73,8%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran Numbered Heads Together dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran, dan aktivitas belajar siswa. Saran yang diajukan dalam penelitian ini apabila mengalami permasalahan pembelajaran seperti yang peneliti hadapi, guru dapat menerapkan model pembelajaran yang variatif misalnya model pembelajaran Numbered Heads Together.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together, Hasil Belajar, Matematika
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 18 Dec 2014 11:11
                    Last Modified: 18 Dec 2014 11:11
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3750

                    Actions (login required)

                    View Item