PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SD 1 PRAMBATAN LOR KUDUS

SEDIYATI, SUKRISMI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI SIFAT- SIFAT BANGUN DATAR PADA SISWA KELAS V SEMESTER 2 DENGAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT (TGT) SD 1 PRAMBATAN LOR KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (630kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (88kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (245kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (351kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (143kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (115kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (129kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (5MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika kelas V SD 1 Prambatan Lor Kaliwungu Kudus. Ini disebabkan guru masih menggunakan model pembelajaran langsung dan belum pernah mengajak siswa belajar dengan permainan dan turnamen akademik bersam teman-temannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu mendeskripsikan peningkatan aktivitas belajar siswa, keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran, dan hasil belajar siswa kelas V pada materi sifat-sifat bangun datar. Teams Games Tournament (TGT) merupakan pembelajaran kooperatif yang terdiri dari beberapa siswa heterogen yang di dalamnya ada kerja kelompok, permainan dan turnamen akademik yang memungkinkan siswa dapat belajar lebih santai dan rileks tetapi tidak meninggalkan tanggungjawab, kerjasama dan persaingan dalam pembelajaran. Sedangkan sifat-sifat bangun datar merupakan sifat-sifat yang dimiliki oleh bangun yang berdimensi dua Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas V SD 1 Prambatan Lor tahun pelajaran 2013/2014 yang berjumlah 20 orang, terdiri dari 13 siswa laki-laki dan 6 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah model Teams Games Tournament ( TGT) dan hasil belajar matematika siswa pada materi bilangan bulat. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari 2 pertemuan, setiap pertemuan melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitian menggunakan instrumen tes dan nontes, untuk teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan yaitu aktivitas belajar siswa siklus I memperoleh skor rata-rata 47,35 (baik) dan meningkat di siklus II menjadi 52,2 (sangat baik). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran siklus I memperoleh skor rata-rata 47,5 dan meningkat di siklus II menjadi 57,5 (sangat baik). Hasil belajar siswa pada materi bilangan bulat siklus I dengan jumlah siswa tuntas sebanyak 14 (70%) meningkat di siklus II menjadi 17 siswa (85%) dari 20 siswa (sangat tinggi). Kesimpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan model Teams Games Tournament ( TGT) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pembelajaran matematika materi sifat-sifat bangun datar kelas V SD 1 Prambatan lor. Saran dalam penelitian ini yaitu siswa hendaknya mengikuti pembelajaran dengan baik dan lebih aktif, agar hasil belajar meningkat, guru hendaknya menerapkan model Teams Games Tournament ( TGT) pada pembelajaran matematika ataupun model pembelajaran lain yang lebih kreatif, sekolah dapat memotivasi guru untuk melakukan perbaikan pendidikan dan pengajaran, peneliti lain dapat meningkatkan pelaksanaan pembelajaran dengan lebih maksimal.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Teams Games Tournament, Sifat-sifat Bangun Datar
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 18 Dec 2014 04:23
Last Modified: 18 Dec 2014 04:23
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3751

Actions (login required)

View Item View Item