PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SEMESTER II MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DI SDN 3 BULUNG CANGKRING

AYU CAHYATI HASANAH, AYU CAHYATI (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI PECAHAN KELAS IV SEMESTER II MENGGUNAKAN MODEL TEAMS GAMES TOURNAMENT DI SDN 3 BULUNG CANGKRING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1332Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (47Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (660Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (696Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1879Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (73Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (26Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (30Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latar belakang penelitian ini adalah hasil belajar matematika siswa kelas IV di SDN 3 Bulung Cangkring dalam materi pecahan yang masih rendah. Aktivitas siswa dalam pembelajaran juga masih rendah karena dalam pembelajaran masih didominasi oleh guru. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam mata pelajaran matematika materi pecahan di SDN 3 Bulung Cangkring pada kelas IV semester II melalui model teams games tournament? Tujuan dari penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru dalam mata pelajaran matematika materi pecahan di SDN 3 Bulung Cangkring pada kelas IV semester II melalui model Teams Games Tournament. Teams Games Tournament merupakan pembelajaran kooperatif yang dalam pelaksanaannya terdapat games dan turnamen akademik. Pada penelitian ini, model teams games tournament digunakan dalam mata pelajaran matematika kelas IV semester II materi pecahan. Adapun keuntungan menggunakan model Teams Games Tournament ini adalah siswa lebih banyak memperdalam materi yang dipelajari. Pembelajaran yang menggunakan games maupun tournament ini dapat memberikan pembelajaran yang menyenangkan bagi siswa sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Penelitian ini didesain menggunakan penelitian tindakan kelas. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek dalam penelitan ini adalah siswa kelas IV di SDN 3 Bulung Cangkring tahun ajaran 2013/2014. Dalam pengumpulan data, peneliti menggunakan tes, observasi, wawancara, dan dokumentasi. Bentuk instrumen penelitian ini yaitu soal tes, lembar observasi aktivitas siswa dan lembar observasi keterampilan guru, pedoman wawancara, dan dokumentasi. Untuk menganalisis data, peneliti menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) hasil belajar matematika mengalami peningkatan dari 52,38% pada prasiklus menjadi 71,43% pada siklus I dan 90,48% pada siklus II, (2) pada siklus I rata-rata aktivitas siswa adalah 22,47 (baik) dan pada siklus II meningkat menjadi 28,74 (sangat baik), (3) pada siklus I rata-rata skor keterampilan guru adalah 41 (baik) sedangkan pada siklus II meningkat sebesar 11,5 menjadi 52,5 (baik). Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model teams games tournament dapat meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa dan keterampilan guru. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, peneliti dapat memberikan saran bahwa model teams games tournament dapat dijadikan alternatif model pembelajaran matematika karena dapat meningkatkan hasil belajar matematika, aktivitas siswa dan juga keterampilan guru. Selain itu, dengan menggunakan model teams games tournament siswa juga lebih dapat memperdalam materi.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Pecahan, Teams Games Tournament
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 18 Dec 2014 11:53
                    Last Modified: 18 Dec 2014 11:53
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3753

                    Actions (login required)

                    View Item