THE USE OF PICTURE NARRATING IN TEACHING SPEAKING TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N 3 JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2013/2014

TAKRIM, MUHAMMAD (2014) THE USE OF PICTURE NARRATING IN TEACHING SPEAKING TO THE EIGHTH GRADE STUDENTS OF SMP N 3 JEPARA IN ACADEMIC YEAR 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1122Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (231Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (617Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (446Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (323Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (175Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (203Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (112Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (4Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berbicara adalah kemampuan yang penting dalam mempelajari bahasa inggris. Di SMP N 3 Jepara, khususnya di kelas 8, para siswa terlihat pasif pada kegiatan berbicara. Guru hanya focus pada materi dari buku paket yang hanya berisi beberapa kegiatan berkaitan dengan berbicara. Keadaan seperti ini menjadikan siswa lemah pemahaman dalam berbicara. Hal tersebut dibuktikan dengan nilai siswa yang masih dibawah KKM, yaitu 68 untuk pelajaran Bahasa Inggris. Picture Narrating diharapkan mampu mengatasi masalah tersebut. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetes apakah ada perbedaan signifikan antara kemampuan berbicara dari siswa kelas 8 SMP N 3 Jepara sebelum dan setelah diajar menggunakan picture narrating pada tahun ajaran 2013/ 2014. Desain dari penelitian ini adalah penelitian pre-eksperimental. Penulis menggunakan group tunggal dengan pre – test dan post – test. Populasi diambil dari siswa kelas 8 SMP N 3 Jepara pada tahun ajaran 2013/ 2014. Penulis menggunakan teknik cluster random sampling untuk mengambil sampel. Dan penulis mendapatkan kelas 8A sebagai sampel dengan jumlah siswa 39. Instrumen yang digunakan adalah berupa test lisan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa post –test tergolong “bagus” dengan nilai rata-rata 74.75 dan standar deviasi 9.39. Lebih tinggi dari pada pre – test dengan nilai rata-rata 53.19 dan standar deviasi 7.95 yang dapat diklasifikasikan “rendah”. Hipotesis penelitian menyatakan ada perbedaan signifikan antara kemampuan berbicara siswa kelas 8 SMP N 3 sebelum dan sesudah diajar menggunakan picture narrating pada tahun ajaran 2013/ 2014. Dari perhitungan t – test, t-obtained diketahui 19.7 dan t-critical ±2.021 dengan level signifikan(α) .05 dan degree of freedom 38. T-obtained lebih besar dari t-critical. Jadi, penulis menolak H0(null hypothesis) dan menerima H1(alternative hypothesis) karena t-obtained jatuh di wilayah kritis. Sehingga penulis menyimpulkan bahwa ada perbedaan signifikan antara kemampuan berbicara kelas 8 SMP N 3 Jepara sebelum dan sesudah diajar menggunakan picture narrating pada tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil diatas, penulis menyarankan bahwa picture narrating efektif digunakan dalam kegiatan berbicara. Dan juga bisa dijadikan solusi bagi guru bahasa inggris sebagai teknik alternative dalam pengajaran berbicara untuk membuat siswa lebih senang pada pelajaran bahasa inggris.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Picture Narrating dan Berbicara
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 18 Dec 2014 13:50
                    Last Modified: 18 Dec 2014 13:50
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3759

                    Actions (login required)

                    View Item