PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN 2 PAYAMAN

AYU RAHMAWATI, LIA (2014) PENERAPAN PENDEKATAN PENDIDIKAN MATEMATIKA REALISTIK (PMR) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI BANGUN DATAR SISWA KELAS V SDN 2 PAYAMAN. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (563Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (172Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (246Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1244Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (729Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (118Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (149Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (82Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (5Mb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 2 Payaman yang diperoleh dari data observasi awal. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah apakah penerapan pendekatan PMR pada materi bangun datar dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 2 Payaman tahun pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian tindakan kelas ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V SD N 2 Payaman tahun pelajaran 2013/2014 pada materi bangun datar dengan menggunakan pendekatan PMR. Pendekatan Pendidikan Matematika Realistik merupakan suatu pendekatan pembelajaran yang cara pembelajaranya harus mengkaitkan dengan dunia nyata atau kehidupan sehari-hari. Siswa diberi kesempatan untuk menemukan kembali ide dan konsep matematika dengan caranya sendiri dan kemudian melakukan refleksi, interprestasi, dan mencari strateginya yang sesuai. Hasil belajar siswa adalah perubahan tingkah laku individu setelah menerima proses belajar. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini dilaksanakan dalam 2 siklus, masing-masing terdiri dari dua pertemuan. Setiap siklus melalui 4 tahapan yaitu perencanaan, perlakuan, pengamatan dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD N 2 Payaman. Jumlah siswa sebanyak 22 orang, terdiri dari 14 siswa laki-laki dan 8 siswa perempuan. Variabel penelitian adalah pendekatan PMR dan hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, tes, dan dokumentasi. Instrumen dalam penelitian ini yaitu lembar observasi aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru, lembar wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan analisis data kuantitatif dan analisis data kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa dengan pendekatan PMR pada proses pembelajaran matematika, dapat: (1) meningkatkan hasil belajar siswa, pada siklus I menunjukkan rata-rata nilai sebesar 72,73 dengan ketuntasan klasikal 72,73%, pada siklus II hasil belajar matematika siswa meningkat dengan rata-rata nilai sebesar 82,73 dan ketuntasan klasikal 86,36%, (2) hasil pengamatan aktivitas belajar siswa pada pembelajaran matematika menggunakan pendekatan PMR mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, pada siklus I diperoleh presentase rata-rata 50,23% dengan kriteria ”baik” meningkat pada siklus II menjadi 78,30% dengan kriteria “sangat baik”, (3) hasil pengamatan pengelolaan pembelajaran guru pada siklus I mendapat presentase rata-rata 67,5% dengan kriteria “baik” meningkat pada siklus II menjadi 95% dengan kriteria “sangat baik.” Berdasarkan hasil penelitian tersebut, maka dapat disimpulkan bahwa hasil belajar siswa kelas V SD N 2 Payaman dapat meningkat setelah diterapkannya pendekatan PMR karena dengan pengaplikasian pendekatan PMR siswa diberikan masalah kontekstual, kemudian siswa mencari dan menemukan konsep matematika dengan caranya sendiri. Pembelajaran matematika di kelas berpusat pada siswa, dan siswa terlibat aktif dalam pembelajaran sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat. Peneliti menyarankan agar dalam pembelajaran matematika digunakan pendekatan Pendidikan Matematika Realistik (PMR) dengan memperkenalkan dan mengembangkan media dan alat peraga agar tercipta suasana pembelajaran yang menyenangkan dan lebih bermakna.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Pendekatan PMR, hasil belajar matematika, bangun datar
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 22 Dec 2014 14:41
                    Last Modified: 22 Dec 2014 14:41
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3780

                    Actions (login required)

                    View Item