PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BALOK DAN KUBUS SISWA KELAS IV SD 1 PASURUHAN KUDUS

NOOR JANAH, ANIES (2014) PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MATERI BALOK DAN KUBUS SISWA KELAS IV SD 1 PASURUHAN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (420Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (93Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (432Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (324Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1549Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (166Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (102Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (148Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (9Mb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar Matematika siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Kidul Kudus. Hal ini disebabkan karena guru masih menggunakan model pembelajaran langsung, belum melaksanakan pembelajaran secara berkelompok, belum memberikan kesempatan kepada siswa untuk bertanya dan menemukan konsep sendiri, dan guru menjadi satu-satunya sumber belajar bagi siswa. Model CTL diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini yaitu apakah melalui model CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika materi balok dan kubus pada siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Kidul Kecamatan Jati Kabupaten Kudus tahun ajaran 2013/2014?. Tujuan dilaksanakan penelitian ini ialah untuk mengetahui peningkatan hasil belajar matematika materi balok dan kubus melalui model CTL pada siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Kidul Kecamatan Jati Kabupaten Kudus tahun ajaran 2013/2014. Contextual Teaching and Learning (CTL) merupakan salah satu model yang dapat membuat siswa belajar lebih aktif, kreatif dan bermakna. CTL membantu guru mengkaitkan materi yang diajarkan dengan situasi dunia nyata siswa dan mendorong siswa membuat hubungan antara pengetahuan yang dimilikinya dengan penerapannya dalam kehidupan mereka sebagai anggota keluarga dan masyarakat. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang menerapkan model CTL dengan menggunakan desain model PTK Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dengan langkah PTK: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) observasi dan (4) refleksi. Teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Instrumen pengumpulan data yang digunakan berupa observasi, tes, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukan hasil belajar matematika siswa mengalami peningkatan yaitu siklus I mencapai persentase 72,22% dengan kriteria “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 94,44% dengan kriteria “sangat baik”. Hasil aktivitas belajar matematka siswa terjadi peningkatan dari siklus I 74,79% dengan kriteria “baik” dan pada siklus II meningkat menjadi 88,12% dengan “sangat baik”. Hasil keterampilan guru dalam pengelolaan pembelajaran pada siklus I mencapai persentase ketuntasan 80% dengan kriteria “baik” dan mengalami peningkatan siklus II menjadi 88,5% dengan kriteria “sangat baik”. Simpulan pada penelitian ini yakni dengan menggunakan model CTL dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas IV SD 1 Pasuruhan Kidul Kudus tahun 2013/2014. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya menanamkan rasa senang pada mata pelajaran matematika, mengaplikasikan hasil belajar kedalam kehidupan sehari-hari sehingga materi yang dipelajari menjadi bermakna, guru hendaknya menggunakan berbagi model pembelajaran yang inovatif dan sesuai dengan karakteristik siswa, salah satunya adalah model Contextual Teaching and Learning (CTL) dan penelitian ini diharapkan dapat dijadikan referensi untuk mengembangkan penelitian lebih lanjut.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Contextual Teaching and Learning (CTL), Balok dan Kubus
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 22 Dec 2014 14:46
                    Last Modified: 22 Dec 2014 14:46
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3781

                    Actions (login required)

                    View Item