PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS

RAHMAWATI, SITI NURLAILI (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN NUMBERED HEAD TOGETHER BERBANTUAN MEDIA GAMBAR UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS V MATA PELAJARAN IPS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1632Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (194Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (413Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (411Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1813Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (276Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (112Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (110Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (8Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Latarbelakangmasalahdalampenelitianiniadalahrendahnyamotivasidanhasilbelajar IPS siswakelas V SDN 1 Karangbener Kudus, diketahuibahwapadasaatpembelajaranIPS aktivitasbelajarmengajarmasihdidominasi guru (teacher centered), guru hanyamenggunakanmetodeceramahdalammenyampaikanmateripelajaran. Tujuanpenelitianiniadalah 1) UntukmeningkatkanmotivasibelajarIPS siswakelas V SDN 1 KarangbenerKecamatanBaeKabupaten Kudus denganmenerapkan model pembelajarannumbered head togetherberbantuan media gambar.2) Untukmeningkatkanhasilbelajar IPS siswakelas V SDN 1 KarangbenerKecamatanBaeKabupaten Kudus denganmenerapkan model pembelajarannumbered head togetherberbantuan media. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelasdengansubjekpenelitiansiswakelas V SDN 1 Karangbener Kudus denganjumlah 14 siswa.Penelitianinidilaksanakandalam 2 siklus, dengandua kali pertemuansetiapsiklusnya.Teknikpengumpulan data yang digunakanberupawawancara, observasi, tes, dandokumentasi.Instrumen yang digunakanberupapedomanwawancara, pedomanobservasi, dantes.Teknikanalisis data dalampenelitianiniyaituteknikanalisis data kuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitiantindakankelasmenggunakan modelpembelajarannumbered head together berbantuan media gambarpadapembelajaran IPS kelas V menunjukkanpeningkatanmotivasibelajarsiswa, hasilbelajarkognitif, afektif, psikomotorikdanketerampilan guru setiapsiklusnya.Motivasibelajarsiklus I memperolehskor rata-rata 23,1 denganpersentase 72,15 dengankriteriabaik, danpadasiklus II meningkatdenganmemperoleh rata-rata 27,6 denganpersentase 86,2% kriteriasangatbaik. Ketuntasanhasilbelajarkognitifsiswaprasiklussebesar 28,57% dengan rata-rata 70,43, meningkatpadasiklus I menjadi64,3% dengan rata-rata 75,7, danpadasiklus II meningkatmenjadi85,7% dengan rata-rata 83,2. Hasilbelajarsiswaranahafektifsiklus I memperolehskor rata-rata 66,7%dengankriteriacukupbaik, meningkatpadasiklus II menjadi83,9% dengankriteriabaik. Hasilbelajarsiswaranahpsikomotoriksiklus I memperolehskor rata-rata 64,4%dengankriteriacukupbaik, meningkatpadasiklus II menjadi82,3% dengankriteriabaik. Keterampilan guru padasiklus I memperolehskorrata-rata 77,1% dengankriteriabaik, meningkatpadasiklus II menjadi 88,5%dengankriteriasangatbaik. Simpulanpadapenelitianiniadalahsetelahmenerapkan modelpembelajarannumbered head togetherberbantuan media gambarmotivasidanhasilbelajarsiswaranahkognitif, afektif, psikomotoriksertaketerampilangurumengalamipeningkatan. Saran dalampenelitianhendaknyasiswamengikutikegiatanpembelajarandenganbaikdanaktifdalampembelajaran.Sedangkan saran bagi guru adalahguru hendaknya menggunakan model pembelajaran numbered head together sebagai salah satu alternatif solusi dalammengatasipermasalahan-permasalahanpembelajaran IPS.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together, Motivasibelajar, HasilBelajar IPS
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 08 Jan 2015 11:46
                    Last Modified: 08 Jan 2015 11:46
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3866

                    Actions (login required)

                    View Item