PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SD 2 JEPANG MEJOBO KUDUS

RAHMAWATI, ELYANA (2014) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA MATERI PERISTIWA ALAM PADA SISWA KELAS V SD 2 JEPANG MEJOBO KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1217Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (184Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (590Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (600Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (633Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (202Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (263Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (164Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (14Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Proses pembelajaran yang masih menggunakan metode ceramah dan mencatat dapat menyebabkan rendahnya hasil belajar siswa.Berdasarkan hasil observasi, masalah tersebut terjadi pada Kelas V SD 2 Jepang yang hasil belajarnya rendah. Hal ini dapat dilihat dari hasil belajar siswa pada kondisi awal yang masih banyak siswa belum mencapai KKM yang telah ditetapkan yakni 70. Hasil belajar yang diperoleh dari 29 siswa yakni, terdapat 11 siswa (37,93%) yang mencapai KKM dan 18 siswa (63,07%) belum mencapai KKM. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar, meningkatkan aktivitas belajar, dan meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPA materi peristiwa alam pada siswa kelas V SD 2 Jepang mejobo Kudus. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian tindakan kelas. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 2 Jepang Mejobo Kudus dengan subjek penelitian adalah 29 siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri atas empat tahap yaitu perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini yaknimodel problem based learning, sedangkan variabel terikat dalam penelitian ini yakni hasil belajar IPA siswa kelas V SD 2 Jepang Mejobo Kudus. Hasil penelitian terjadi peningkatan ketuntasan belajar klasikal yang cukup signifikan antara kondisi awal (37,93%), siklus I (72,41%), dan siklus II (93,10%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. Perolehan persentase skor rata-rata aktivitas belajar afektif siswa siklus I sebesar 61,64% (baik) meningkat pada siklus II menjadi 82,89% (baik). Adapun aktivitas belajar psikomotorik siswa mengalami peningkatan, pada siklus I memperoleh persentase skor rata-rata sebesar 61,64 % (cukup) meningkat pada siklus II menjadi 80,39% (baik).Keterampilan guru dalam megelola pembelajaran mengalami peningkatan dari siklus I diperoleh persentase skor rata-rata sebesar 76,14% (baik), meningkat pada siklus II menjadi 82,39% (baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa penerapan model problem based learnig dapat meningkatkan hasil belajar IPA materi peristiwa alam pada siswa kelas V SD 2 JepangMejobo Kudus. Saran yang dapat disampaikan yakni (1) guru dapat menerapkan model problem based learning sebagai salah satu alternatif model pembelajaran dalam meningkatkan hasil belajar dan aktivitas belajar siswa yang optimal, (2) siswa aktif dalam kegiatan pembelajaran dengan menggunakan model problem based learning, (3) hendaknya sekolah memberikan kebebasan dan fasilitator guru dalam mengembangkan model pembelajaran, (4) peneliti selanjutnya harus melakukan persiapan yang matang.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Model Problem Based Learnig, Hasil Belajar IPA, Peristiwa Alam
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 08 Jan 2015 12:33
                    Last Modified: 08 Jan 2015 12:33
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3867

                    Actions (login required)

                    View Item