PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI SD 8 CENDONO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

SAPUTRO, DIYAN MONIQ (2014) PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS V MATERI PERISTIWA SEKITAR PROKLAMASI KEMERDEKAAN DI SD 8 CENDONO TAHUN PELAJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (540Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (205Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (459Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (563Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1344Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (220Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (206Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (207Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilaksanakan karena rendahnya hasil belajar ilmu pengetahuan sosial siswa kelas V SD 8 Cendono yang diperoleh dari data dokumentasi. Rumusan masalah dalam penelitian ini yakni apakah penerapan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar, keterampilan guru dan aktivitas siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan? Tujuan penelitian tindakan kelas ini yakni untuk meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa pada materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan di SD 8 Cendono. Model pembelajaran Think Pair Share yakni jenis pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa. Langkah-langkah dalam pembelajaran Think Pair Share yakni (1) siswa ditempatkan dalam kelompok-kelompok, (2) guru memberikan tugas pada setiap kelompok, (3) masing-masing anggota memikirkan dan mengerjakan tugas tersebut sendiri-sendiri terlebih dahulu, (4) kelompok membentuk anggota-anggota secara berpasangan. Setiap pasangan mendiskusikan hasil pengerjaan individunya, (5) kedua pasangan lalu bertemu kembali dalam kelompoknya masing-masing untuk menshare hasil diskusinya. Desain dalam penelitian tindakan kelas ini terdiri atas dua siklus dan setiap siklus mempunyai empat tahap, yakni perencanaan (planning), tindakan (acting), pengamatan (observing) dan refleksi (reflecting). Dalam kegiatan penelitian ini instrumen penelitian yang digunakan peneliti berupa silabus, RPP, lember pengamatan keterampilan guru, lembar pengamatan aktivitas siswa dan soal evaluasi. Hasil penelitian ini yakni hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan dari siklus I ke siklus II, hal ini ditunjukkan dari kegiatan pengamatan hasil belajar siswa yang mengalami peningkatan dari prasiklus hingga siklus II dengan pesentase keberhasilan pada prasiklus sebesar 40%, pada siklus I meningkat menjadi 60%, dan pada siklus II meningkat menjadi 86,7%. Kegiatan pengamatan keterampilan guru pada siklus I memperoleh persentase rata-rata 71,67% dengan kriteria tinggi, pada siklus II persentase rata-rata meningkat menjadi 78,33%. Demikian juga dengan kegiatan pengamatan aktivitas siswa yang mengalami peningkatan, hal ini ditunjukkan pada persentase rata-rata siklus I sebesar 67,77% dan perssentase rata-rata meningkat pada siklus II menjadi 75,13%. Simpulan penelitian ini yakni model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar siswa, keterampilan guru dan aktivitas siswa pada mata pelajaran IPS materi peristiwa sekitar proklamasi kemerdekaan siswa kelas V SD 8 Cendono tahun pelajaran 2013/2014. Hal ini ditunjukkan dengan adanya peningkatan persentase keberhasilan hasil belajar siswa, peningkatan persentase keberhasilan keterampilan guru dalam mengelola kegiatan pembelajaran dan peningkatan persentase keberhasilan aktivitas siswa dalam kegiatan pembelajaran. Peneliti memberi saran kepada guru hendaknya memberikan penjelasan kepada siswa mengenai mekanisme pembelajaran yang akan berlangsung, untuk siswa hendaknya mengikuti pembelajaran dengan baik dan lebih aktif, agar hasil belajar siswa meningkat.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: hasil belajar, model pembelajaran TPS, ilmu pengetahuan sosial.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 08 Jan 2015 12:56
                    Last Modified: 08 Jan 2015 12:56
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3868

                    Actions (login required)

                    View Item