PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI PECAHAN KELAS IV SEMESTER 2 SDN 1 BULUNGCANGKRING

ARISTYANINGRUM, - (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADAMATERI PECAHAN KELAS IV SEMESTER 2 SDN 1 BULUNGCANGKRING. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (505kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (89kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (283kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (364kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (99kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (62kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (314kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Hasil wawancara antara peneliti dengan guru kelas IV SDN 1 Bulungcangkring dan dokumentasi dari nilai ulangan prasiklus diperoleh informasi bahwa hasil belajar matematika siswa masih rendah. Hal ini disebabkan dalam pelaksanaan pembelajaran, guru menggunakan teknik ceramah dan pemberian tugas sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran, yang mengakibatkan kegiatan belajar membosankan. Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan hasil belajar, aktivitas siswa, dan keterampilan guru dalam pembelajaran matematika materi pecahan dengan menerapkan model talking stick. Hasil belajar matematika merupakan tingkah laku yang dimiliki siswa sebagai akibat dari proses belajarnya, meliputi aspek kognitif, afektif, dan psikomotor. Talking stick merupakan model pembelajaran kelompok dengan bantuan tongkat. Penerapan model talking stick dilaksanakan dengan 5 tahap, yaitu (1) mempersiapkan tongkat, (2) penyampaian materi pokok dan memberikan kesempatan kelompok untuk mempelajari materi, (3) guru mengambil tongkat dan memberikan kepada siswa, (4) kesimpulan, (5) evaluasi. Materi yang dibahas peneliti adalah pecahan. Pecahan merupakan bagian dari keseluruhan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam dua siklus, terdiri atas tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Subjek penelitian adalah 30 siswa kelas IV SDN 1 Bulungcangkring. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah model talking stick, sedangkan variabel terikatnya hasil belajar matematika materi pecahan. Teknik pengumpulan data berupa wawancara, observasi, tes, dan dokumentasi. Instrumen penelitian berupa pedoman wawancara, lembar observasi, soal tes, serta dokumentasi foto dan video. Analisis data menggunakan teknik kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan (1) hasil belajar matematika pada prasiklus memperoleh rata-rata 63,9 (53%), meningkat menjadi 74,7 dengan persentase 83% pada siklus I dan siklus II menjadi 77,9 dengan persentase 90%, (2) aktivitas siswa pada siklus I memperoleh skor rata-rata 21,5 dan meningkat pada siklus II menjadi 25 dengan kriteria baik, (3) keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran di siklus I memperoleh skor rata-rata 65 dan meningkat menjadi 75 pada siklus II dengan kriteria baik. Berdasarkan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa model talking stick dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa, aktivitas siswa, dan keterampilan guru pada pembelajaran materi pecahan kelas IV semester 2 di SDN 1 Bulungcangkring tahun pelajaran 2013/2014. Peneliti memberikan saran kepada (1) siswa, agar lebih aktif dalam pembelajaran dan sering berlatih mengerjakan soal agar hasil belajarnya dapat meningkat, (2) guru, agar menerapkan model talking stick sebagai inovasi pembelajaran matematika dengan mempertimbangkan waktu yang tersedia, (3) sekolah, agar memberikan dukungan, kesempatan, dan sarana prasarana kepada guru untuk meningkatkan pengetahuan tentang inovasi model pembelajaran, dan (4) peneliti selanjutnya, sebaiknya dapat menerapkan model pembelajaran talking stick dengan memperhatikan berbagai kelemahan dan kelebihannya.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Uncontrolled Keywords: Hasil Belajar Matematika, Talking Stick, Pecahan
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 09 Jan 2015 02:43
Last Modified: 09 Jan 2015 02:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3870

Actions (login required)

View Item View Item