PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN SIMETRI SISWA KELAS V SD 7 KLUMPIT

YUNITASARI, DESY (2014) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN THINK PAIR SHARE (TPS) UNTUK PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA PADA MATERI KESEBANGUNAN DAN SIMETRI SISWA KELAS V SD 7 KLUMPIT. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1469Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (126Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (258Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (396Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1545Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (207Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (176Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (136Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3641Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya indikasi hasil belajar Matematika siswa rendah yang terdapat pada siswa kelas V SD 7 Klumpit . Hal ini ditandai dengan beberapa masalah yaitu (1) Pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran langsung yang monoton dan membosankan , (2) Pasifnya siswa di dalam pembelajaran (3) Rendahnya hasil belajar Matematika siswa. Model Think Pair Share (TPS) diharapkan dapat membantu meningkatkan hasil belajar Matematika siswa. Tujuan dilaksanakan penelitian ini ialah (1) untuk mengetahui peningkatan kualitas guru dalam proses pembelajaran model TPS di (2) Umtuk mengetahui keaktivan siswa dalam penerapan pembelajaran model TPS (3) untuk meningkatan hasil belajar Matematika dengan diterapkannya model TPS pada siswa kelas V SD 7 Klumpit. Model pembelajaran Think Pair Share adalah cara penyajian pelajaran dimana siswa diajak untuk berdiskusi secara berpasangan dalam menyelesaikan masalah yang diajukan. Proses pembelajaran dilakukan dengan memberi kesempatan kepada siswa untuk berfikir secara mandiri dan juga secara berkelompok. Hipotesis tindakan yang diajukan adalah penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar matematika kelas V SD 7 Klumpit. Metode penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan dua siklus yang menerapkan model NHT menggunakan desain model PTK Stephen Kemmis dan Robin Mc Taggart dengan langkah PTK: (1) perencanaan, (2) pelaksanaan tindakan, (3) pengamatan dan (4) refleksi. Subjek dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas V SD 7 Klumpit yang berjumlah 23 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa wawancara, observasi, tes. Instrumen penelitian yang digunakan berupa lembar wawancara, lembar observasi, tes hasil belajar. Teknik analisis data ada dua yaitu kualitatif dan kuantitatif. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 7 Klumpit dengan subjek penelitian adalah siswa kelas V yang berjumlah 23 siswa. Hasil penelitian terdapat peningkatan ketuntasan belajar klasikal pada materi kesebangunan dan simetri yang cukup signifikan antara kondisi awal (56,52%), siklus 1(78,26%) dan siklus II (91,3%). Peningkatan hasil belajar juga didukung dengan peningkatan aktivitas belajar siswa dan keterampilan pengengelolaan pembelajaran guru. Aktivitas belajar siswa mengalami peningkatan dari presentase belajar siklus I 77,08% (baik) menjadi 94,89% (sangat baik) pada siklus II, sedangkan keterampilan pengelolaan pembelajaran guru dengan menggunakan model pembelajaran Think Pair Share mengalami peningkatan dari persentase rata-rata siklus I 74,4% (baik) menjadi 91,9% (sanagat baik) pada siklus II. Simpulan pada penelitian ini yakni penggunaan model pembelajaran Think Pair Share dapat meningkatkan hasil belajar Matematika pada materi kesebangunan dan simetri kelas V SD 7 Klumpit. Diharapkan peneliti yang akan datang dapat menerapkan model pembelajaran Think Pair Share (TPS) sebagai salah satu model pembelajaran alternatif untuk meningkatkan hasil belajar.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Uncontrolled Keywords: Model pembelajaran Think Pair Share, Hasil Belajar Matematika, Kesebangunan dan Simetri.
                    Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 13 Jan 2015 11:18
                    Last Modified: 13 Jan 2015 11:18
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3874

                    Actions (login required)

                    View Item