UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SIMULASI

ABDUL WAHID, MUHAMMAD (2014) UPAYA MENINGKATKAN KETERAMPILAN PUBLIC SPEAKING MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DENGAN TEKNIK SIMULASI. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. judul) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (619Kb) | Request a copy
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (190Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (369Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (264Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1117Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (218Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (170Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (189Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (3031Kb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kenyataan yang ada di SMA NU AL Ma’ruf Kudus berdasarkan hasil observasi dan wawancara dengan konselor diperoleh bahwa keterampilan public speaking siswa masih rendah. Gejala rendahnya keterampilan public speaking di tunjukan dengan sebagian besar siswa terlihat masih takut untuk mengemukakan pendapat, tidak terbiasa berbicara di depan kelas, malu bertanya, kurang percaya diri dalam berkomunikasi. Sehingga peneliti mengambil masalah tentang keterampilan public speaking siswa kelas X-9 SMA NU AL Ma’ruf Kudus. Rumusan Masalah: Apakah layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi dapat meningkatkan keterampilan public speaking siswa kelas X-9 SMA NU AL Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan dari penelitian ini diperoleh peningkatan keterampilan public speaking pada siswa kelas X-9 SMA NU AL Ma’ruf Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori keterampilan public speaking dan teori layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi. Keterampilan public speaking adalah kecapakan dalam berbicara di depan umum/public dalam menyampaikan dan memberikan informasi tentang suatu hal atau topik tertentu dengan lisan, dengan tujuan mempengaruhi, mengajak, mendidik, mengubah opini. Penguasaan konten dengan teknik simulasi adalah layanan yang terdapat di dalam bimbingan dan konseling yang diberikan peserta didik dalam mengembangkan diri berkenaan dengan sikap dan kebiasaan belajar yang baik, dengan memberi konten tertentu dan memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “layanan penguasaan konten teknik simulasi dapat meningkatkan keterampilan public speaking pada siswa kelas X-9 SMA NU AL Ma’ruf Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Metode penelitian ini menggunakan Penelitian Tindakan Bimbingan dan Konseling. Subyek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X-9 SMA NU AL Ma’ruf Kudus, sebanyak 31 siswa. Variable penelitian: Layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi (variable bebas) dan keterampilan public speaking (variabel terikat). Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Rancangan penelitan dilakukan meliputi perencanaan tindakan, pelaksanaan tindakan, pengamatan tindakan, refleksi terhadap tindakan. Berdasarkan hasil penelitian disimpulkan bahwa pada tahap pra siklus keterampilan public speaking siswa dari 31 siswa kelas X-9 SMA NU Al Ma’ruf Kudus sebelum diberikan layanan penguasaan konten teknik simulasi diperoleh hasil observasi siswa dengan nilai rata-rata 21,5 (kurang) terdiri dari 8 siswa dalam kategori sangat kurang, 18 siswa dalam kategori kurang dan 5 siswa dalam kategori cukup, rendahnya keterampilan public speaking siswa karena takut untuk mengemukakan pendapat, tidak terbiasa berbicara di depan kelas, kurang percaya diri dalam berkomunikasi, Setelah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi pada siklus I dari ketiga pertemuan diperoleh rata-rata 27,5 (kurang) yang terdiri dari 23 dalam kategori cukup dan 8 dalam kategori baik. terjadi peningkatan 6 dari 21,5 (kurang) menjadi 27,5 (cukup) ini dikarenakan siswa sudah mulai antusias untuk bertanya dan mengemukakan pendapat meskipun baru sebagian siswa saja yang antuasi bertanya dan berpendapat, kemudian pada siklus II terdapat peningkatan dari siklus I, pada siklus II dari ketiga pertemuan mendapat hasil rata-rata 39,5 (baik) terdiri dari 19 siswa dalam kategori baik dan 12 siswa dalam kategori sangat baik. terjadi peningkatan 12 dari 27,5 (cukup) menjadi 39,5 (baik). Indikator keberhasilan yang diterapkan pada penelitian ini adalah apabila ada peningkatan dari aspek keterampilan public speaking siswa minimal dalam kategori baik (34-41). Berdasarkan kesimpulan dan kegunaan peneliti di atas maka dapat disarankan kepada: 1. Kepada sekolah memberikan fasilitas sarana dan prasarana yang mendukung agar program layanan bimbingan dan konseling dapat berjalan dengan dengan baik.2. konselor hendaknya memberikan layanan penguasaan konten dengan teknik simulasi secara intensif sesuai dengan kebutuhan siswa agar dapat mengembangkan potensi belajar secara maksimal khususnya keterampilan public speaking. Wali kelas: dalam mengajar menggunakan metode yang lebih kreatif agar siswa lebih antusias dalam mengikuti proses pembelajaran di kelas.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Dra. Sumarwiyah, M.Pd.,Kons
                    Uncontrolled Keywords: public speaking, penguasaan konten, simulasi.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 20 Jan 2015 09:17
                    Last Modified: 20 Jan 2015 09:17
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3932

                    Actions (login required)

                    View Item