UPAYA MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE OUTBOUND KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014

AINUN NISSA, MONA (2014) UPAYA MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE OUTBOUND KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
halaman_judul.pdf - Accepted Version

Download (749kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (183kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (272kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (616kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (735kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (240kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (95kB) | Request a copy
[thumbnail of daftar Pustaka]
Preview
PDF (daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (105kB)
[thumbnail of Lampiran]
Preview
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version

Download (6MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini di latar belakangi adanya tingkah laku kurang menghargai teman, kurang kerjasama antar siswa, kurang saling tolong menolong antar siswa, sering mencemooh antar teman, kurang sopan santun dalam berbicara. Semua hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan bahwa siswa kurang bertoleransi antar siswa. Adapun rumusam masalahnya “Apakah toleransi antar siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun 2013/2014, dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan metode outbound?”.Tujuan penelitian ini diperolehnya peningkatan toleransi antar siswa melalui layanan informasi dengan metode outbound pada siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun 2013/2014. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan toleransi melalui layanan informasi dengan metode outbound untuk meningkatkan toleransi antar siswa. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan toleransi yaitu adanya sikap tenggang rasa yang bertujuan memberikan kebebasan orang lain untuk menjalankan haknya. Layanan Informasi yaitu layanan pemberian informasi yang dibutuhkan oleh individu. Dan metode outbound yaitu kegiatan outdoor yang menyenangkan, karena didalamnya terdapat konsep permainan yang bertujuan membangun kebersamaan, dan rasa percaya diri. Penelitian ini dengan didesain menggunakan penelitian tindakkan kelas bimbingan dan konseling (PTK-BK) dengan jumlah subyek 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul upaya meningkatkan toleransi antar siswa melalui layanan informasi dengan metode outbound. Dengan dilakukan beberapa metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian layanan informasi dengan metode outbound pada siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus dalam menerapan toleransi antar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum obsevasi dan siklus yang memperlihatkan bahwa toleransi antar siswa mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata pada pra siklus mendapat rata-rata 24,13% kategori kurang, pada siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil tentang aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 25,13% kategori kurang, sedangkan siklus I pertemuan kedua diperoleh hasil tentang aktivitas siswa yang mendapat 25,59%kategori kurang, dan siklus I pertemuan ketiga diperoleh hasil aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 26,27% kategori cukup. Setelah diberikan layanan kembali pada siklus II terdapat peningkatan dan perubahan yang membaik pada siswa. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh tentang aktivitas siswa yang mendapat 31,22% kategori cukup, sedangkan siklus II pertemuan kedua diperoleh tentang aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 33% kategori cukup, dan siklus II pertemuan ketiga diperoleh tentang aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 35,6% kategori baik. Dengan demikian layanan informasi dengan metode outbound dapat meningkat. Simpulan hasil penelitian layanan informasi dengan metode outbound dapat meningkatkan toleransi antar siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Hal ini ditunjukkan dari observasi siswa bahwa aktivitas atau prilaku siswa dari pra siklus sampai siklus I dan II mengalami kenaikan dari hasil kurang menjadi baik. Saran yang diberikan 1) Bagi Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas agar guru pembimbing dalam memberikan layanan secara optimal. 2) Bagi guru, guru dapat menerapkan layanan informasi dengan metode outbound dalam meningkatkan toleransi antar siswa dan menerapkan layanan bimbingan dan konseling lainnya. 3) Bagi siswa, diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajarnya, serta dapat meningkatkan dan menerapkan toleransi antar siswa dalam kehidupan sehari-harinya dengan baik selalu menjaga hubungan baik antar sesama. 4) Bagi peneliti, diharapkan peneliti harus lebih kreatif mampu menguasai materi, situasi dan kondisi di sekitar saat memberikan layanan informasi dengan metode outbound agar penelitian berjalan dengan lancar dan hasilnya maksimal.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Drs. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
Kata Kunci: Toleransi, Layanan Informasi dengan metode Outbound
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 20 Jan 2015 02:25
Last Modified: 20 Jan 2015 02:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3933

Actions (login required)

View Item View Item