UPAYA MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE OUTBOUND KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014

AINUN NISSA, MONA (2014) UPAYA MENINGKATKAN TOLERANSI ANTAR SISWA MELALUI LAYANAN INFORMASI DENGAN METODE OUTBOUND KELAS VII SMP MUHAMMADIYAH 1 KUDUS TAHUN AJARAN 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (732Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (179Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (265Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (602Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (718Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (234Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (93Kb) | Request a copy
                [img] PDF (daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (102Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (6Mb)

                    Abstrak

                    Penelitian ini di latar belakangi adanya tingkah laku kurang menghargai teman, kurang kerjasama antar siswa, kurang saling tolong menolong antar siswa, sering mencemooh antar teman, kurang sopan santun dalam berbicara. Semua hasil observasi dan wawancara yang telah dilakukan bahwa siswa kurang bertoleransi antar siswa. Adapun rumusam masalahnya “Apakah toleransi antar siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun 2013/2014, dapat ditingkatkan melalui layanan informasi dengan metode outbound?”.Tujuan penelitian ini diperolehnya peningkatan toleransi antar siswa melalui layanan informasi dengan metode outbound pada siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus tahun 2013/2014. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan toleransi melalui layanan informasi dengan metode outbound untuk meningkatkan toleransi antar siswa. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan toleransi yaitu adanya sikap tenggang rasa yang bertujuan memberikan kebebasan orang lain untuk menjalankan haknya. Layanan Informasi yaitu layanan pemberian informasi yang dibutuhkan oleh individu. Dan metode outbound yaitu kegiatan outdoor yang menyenangkan, karena didalamnya terdapat konsep permainan yang bertujuan membangun kebersamaan, dan rasa percaya diri. Penelitian ini dengan didesain menggunakan penelitian tindakkan kelas bimbingan dan konseling (PTK-BK) dengan jumlah subyek 22 siswa yang terdiri dari 10 siswa perempuan dan 12 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada Penelitian Tindakan Kelas (PTK) ini berjudul upaya meningkatkan toleransi antar siswa melalui layanan informasi dengan metode outbound. Dengan dilakukan beberapa metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian layanan informasi dengan metode outbound pada siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus dalam menerapan toleransi antar siswa mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum obsevasi dan siklus yang memperlihatkan bahwa toleransi antar siswa mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata pada pra siklus mendapat rata-rata 24,13% kategori kurang, pada siklus I pertemuan pertama diperoleh hasil tentang aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 25,13% kategori kurang, sedangkan siklus I pertemuan kedua diperoleh hasil tentang aktivitas siswa yang mendapat 25,59%kategori kurang, dan siklus I pertemuan ketiga diperoleh hasil aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 26,27% kategori cukup. Setelah diberikan layanan kembali pada siklus II terdapat peningkatan dan perubahan yang membaik pada siswa. Pada siklus II pertemuan pertama diperoleh tentang aktivitas siswa yang mendapat 31,22% kategori cukup, sedangkan siklus II pertemuan kedua diperoleh tentang aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 33% kategori cukup, dan siklus II pertemuan ketiga diperoleh tentang aktivitas siswa yang mendapat rata-rata 35,6% kategori baik. Dengan demikian layanan informasi dengan metode outbound dapat meningkat. Simpulan hasil penelitian layanan informasi dengan metode outbound dapat meningkatkan toleransi antar siswa kelas VII-B SMP Muhammadiyah 1 Kudus. Hal ini ditunjukkan dari observasi siswa bahwa aktivitas atau prilaku siswa dari pra siklus sampai siklus I dan II mengalami kenaikan dari hasil kurang menjadi baik. Saran yang diberikan 1) Bagi Kepala Sekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas agar guru pembimbing dalam memberikan layanan secara optimal. 2) Bagi guru, guru dapat menerapkan layanan informasi dengan metode outbound dalam meningkatkan toleransi antar siswa dan menerapkan layanan bimbingan dan konseling lainnya. 3) Bagi siswa, diharapkan dapat menumbuhkan semangat belajarnya, serta dapat meningkatkan dan menerapkan toleransi antar siswa dalam kehidupan sehari-harinya dengan baik selalu menjaga hubungan baik antar sesama. 4) Bagi peneliti, diharapkan peneliti harus lebih kreatif mampu menguasai materi, situasi dan kondisi di sekitar saat memberikan layanan informasi dengan metode outbound agar penelitian berjalan dengan lancar dan hasilnya maksimal.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing: Drs. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
                    Uncontrolled Keywords: Toleransi, Layanan Informasi dengan metode Outbound
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 20 Jan 2015 09:25
                    Last Modified: 20 Jan 2015 09:25
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3933

                    Actions (login required)

                    View Item