Penerapan Pmri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sdn Sukoharjo Pati

SARI, RIRIN ERVINA (2016) Penerapan Pmri Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas Iv Sdn Sukoharjo Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

Warning
There is a more recent version of this item available.
[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HAL_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (107kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (6MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian Ini Bertujuan Mendeskripsikan Penerapan Model Pembelajaran Pendidikan Matematika Realistik Indonesia Dan Menemukan Peningkatan Hasil Belajar Siswa Dan Keterampilan Guru Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pada Siswa Kelas IV SD Sukoharjo 01 Pati Kecamatan Margorejo Kabupaten Pati. Hasil Belajar Adalah Hasil Belajar Adalah Sesuatu Yang Dihasilkan Setelah Adanya Proses Belajar Yang Dijadikan Sebagai Tolak Ukur Kemampuan Siswa Serta Keberhasilan Pembelajaran Yang Meliputi 3 Aspek Yaitu Sikap, Pengetahuan Dan Keterampilan. Model Pmrimerupakan Model Pembelajaran Yang Memberikan Kesempatan Kepada Guru Untuk Mengelola Pembelajaran Di Kelas Dengan Melibatkan Kerja Proyek Yang Dihasilkan Atau Dibuat Oleh Siswa Dalam Proses Pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas Ini Akan Dilaksanakan Di Kelas IV SDN Sukoharjo 01 Pati Dengan Subjek Penelitian 22 Siswa. Penelitian Ini Berlangsung Selama 2 Siklus Dengan 4 Pertemuan, Setiap Siklus Meliputi Perencanaan, Pelaksanaan, Pengamatan Dan Refleksi. Variabel Bebas Adalah Model PMRI. Sedangkan Variabel Terikat Adalah Hasil Belajar Siswa. Hasil Penelitian Terdapat Peningkatan Hasil Belajar Matematika Yang Cukup Signifikan Antara Siklus I (64%) Dan Siklus II (82%), Didukung Dengan Peningkatan Aktivitas Belajar Pada Siklus I Sebesar 33% Yang Mendapatkan Predikat Baik Menjadi 9% Yang Mendapatkan Predikat Sangat Baik Pada Siklus II. Peningkatan Pembelajaran Model Project Based Learning Juga Mengalami Peningkatan Pada Siklus I 75% Dengan Kategori Sangat Baik Menjadi 82% Pada Siklus II Dengan Kategori Sangat Baik. Hal Itu Membuktikan Bahwa Penggunaan Model PMRI Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Dan Pembelajaran Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas IV SDN Sukoharjo 01 Pati. Berdasarkan Hasil Penelitian Tindakan Kelas Yang Dilakukan Pada Kelas IV SDN Sukoharjo 01 Pati Dapat Disimpulkan Bahwa Penggunaan Model PMRI Dapat Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Matematika Materi Perkalian Dan Pembagian Kelas IV SDN Sukoharjo 01 Pati. Untuk Disarankan Dalam Menerapkan Model PMRI Guru Harus Memberikan Pengarahan Menuju Konsep Siswa Sesuai Dengan Materi Dan Menjelaskan Secara Lengkap Serta Rinci Kepada Siswa Agar Siswa Paham Dan Dapat Berkreativitas Dalam Penemuan Konsep.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Drs. Mohammad Kanzunnudin, M.Pd
Kata Kunci: Pmri, Hasil Belajar, Matematika
Subjects: Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan
Teknologi > Teknologi (umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Date Deposited: 22 Jan 2015 08:26
Last Modified: 02 Jul 2016 04:05
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3952

Available Versions of this Item

Actions (login required)

View Item View Item