MULYATI, SUNUR (2014) UPAYA MENINGKATKAN POLA PIKIR POSITIF PADA MASALAH MELALUI LAYANAN BIMBINGAN KELOMPOK DENGAN TEKNIK PROBLEM SOLVING SISWA KELAS X 1 SMA N 1 MEJOBO TAHUN AJARAN 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Bagian_Awal.pdf - Accepted Version Download (614kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (214kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (307kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (319kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (215kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (231kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (135kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (1MB) | Request a copy |
Abstrak
Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya pola pikir positif siswa pada suatu masalah kelas X-1. Hal ini ditunjukkan dengan sikap siswa yang cenderung sulit menerima pendapat orang lain, sulit menerima hal baru, sulit bersosialisasi, dan sering muncul sebagai pribadi yang kurang menarik untuk diajak kerjasama. Oleh karena itu persolan tentang rendahnya pola pikir positif siswa pada suatu masalah kelas X-1 harus segera diatasi, supaya siswa dapat meningkatkan pola pikir positif pada masalah. Kondisi tersebut diatas menurut peneliti dapat diatasi melalui layanan bimbingan kelompok. Permasalahan yang akan diteliti adalah “Bagaimana cara meningkatkan pola pikir positif pada masalah melalui layanan Bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving siswa kelas X-1 SMA N 1 Mejobo-Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Tujuan penelitian ini adalah: Upaya meningkatkan pola pikir positif pada masalah melalui layanan Bimbingan kelompok dengan teknik Problem Solving siswa kelas X-1 SMA N 1 Mejobo-Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis, 2. Kegunaan praktis:1) Bagi Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, dan 3) Bagi Siswa,. Hipotesis penelitian ini adalah : “layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan pola pikir positif siswa Kelas X-1 Pada Siswa SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014”. Penelitian ini dilakukan di SMA 1 Mejobo Kudus yang beralamat di Jl. Pasar Doro Jepang Mejobo Kudus, sedangkan subjek penelitian ini adalah 8 siswa yang pola pikir positif pada masalah rendah. Variabel penelitian: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving (variabel bebas) dan pola pikir positif pada masalah (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pra layanan bimbingan kelompok Pola Pikir Positif Pada Masalah termasuk dalam kategori sangatvkurang (26%). Setelah diberi treatment layanan bimbingan kelompok pada sikus I, Pola Pikir Positif Pada Masalah meningkat menjadi kategori sedang (54%) dan setelah siklus II Pola Pikir Positif Pada Masalah meningkat menjadi kategori baik (77%). Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan pola pikir positif siswa Kelas X-1 Pada Siswa SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan pola pikir positif siswa Kelas X-1 Pada Siswa SMA 1 Mejobo Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Sekolah, hendaknya mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan bimbingan kelompok untuk kebutuhan siswa. 2. Kepada Konselor, hendaknya lebih mengefektifkan berbagai macam layanan bimbingan dan konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan siswa. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok teknik problem solving.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing Dra. Hj. Sutarti, SE, MM |
Kata Kunci: | Pola Pikir Positif Pada Masalah, Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | Unnamed user with username librarianumk1 |
Date Deposited: | 22 Jan 2015 08:32 |
Last Modified: | 22 Jan 2015 08:32 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3953 |
Actions (login required)
View Item |