PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN DISIPLIN MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 PLADEN KUDUS

PUJI RAHAYU, RINDAH (2014) PENERAPAN MODEL ROLE PLAYING BERBASIS KARAKTER CINTA TANAH AIR DAN DISIPLIN MATA PELAJARAN PKn UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS IV SDN 1 PLADEN KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (790kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (248kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (325kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (135kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (110kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (114kB) | Tinjau ulang
[img]
Tinjau ulang
PDF (Lampiran) - Accepted Version
Download (6MB) | Tinjau ulang
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Latar belakang yang mendasari dilaksanakannya penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar PKn siswa kelas IV SDN 1 Pladen Kudus. Rendahnya hasil belajar siswa dapat dilihat dari pencapaian nilai UTS PKn siswa kelas IV tahun ajaran 2013/ 2014 masih dibawah nilai KKM yang ditentukan. Rendahnya hasil belajar siswa dikarenakan karakter siswa yang belum sesuai konsep pembelajaran PKn. Dalam pembelajaran guru masih menggunakan model pembelajaran yang bersifat konvensional. Pembelajaran yang demikian menyebabkan kurangnya minat siswa pada mata pelajaran PKn dan siswa cenderung bersikap pasif selama kegiatan pembelajaran berlangsung. Langkah yang dilakukan untuk meningkatkan hasil belajar siswa adalah dengan menerapan model role playing berbasis karakter cinta tanah air dan disiplin materi globalisasi. Rumusan masalah pada penelitian ini adalah Bagaimana penerapan model role playing berbasis karakter cinta tanah air dan disiplin dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi globalisasi kelas IV SDN 1 Pladen kecamatan Jekulo kabupaten Kudus. Tujuan penelitian ini adalah Mendeskripsikan penerapan model role playing berbasis karakter cinta tanah air dan disiplin dalam mata pelajaran PKn yang menunjukkan peningkatan pada hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pladen Kudus pada materi globalisasi. Penelitian ini memiliki dua variabel yaitu hasil belajar dan model role playing. Hasil belajar adalah peningkatan keberhasilan siswa dalam mencapai tujuan pembelajaran yang diterapkan guru. Sedangkan role playing adalah suatu model pembelajaran untuk individu maupun sosial yang dilakukan secara berkelompok dengan cara memerankan suatu masalah yang akan dipecahkan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus melalui empat tahapan yaitu perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dilakukan adalah wawancara, tes, observasi, dan dokumentasi. Data yang diperoleh meliputi data hasil belajar kognitif, pengamatan karakter, aktivitas siswa yang mencakup afektif dan psikomotorik, serta keterampilan mengajar guru. Data penelitian dianalisis dengan teknik analisis data secara kuantitatif dan kualitatif. Data yang dianalisis secara kuantitatif yaitu tes hasil belajar siswa. Data yang dianalisis secara kualitatif yaitu data non tes hasil pengamatan karakter, pengamatan aktivitas belajar siswa, dan keterampilan mengajar guru. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penerapan model role playing berbasis karakter cinta tanah air dan disiplin dapat meningkatkan hasil belajar PKn materi globalisasi pada siswa kelas IV SDN 1 Pladen Kudus. Hasil belajar kognitif siswa pada siklus I rata-rata nilai tes klasikal yaitu 68 dengan persentase 63,33% (tinggi). Pada siklus II rata-rata nilai tes klasikal meningkat menjadi 76 dengan persentase 77% (tinggi). Untuk peningkatan pengamatan karakter siswa pada siklus I sebesar 42,16 dengan persentase 58,5% (cukup). Pada siklus II meningkat menjadi 58,83 dengan persentase 77,5% (baik). Kemudian pada hasil belajar afektif siswa ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa dari siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 63,7% (cukup), meningkat menjadi 81,5% (baik) pada siklus II. Sedangkan untuk hasil belajar psikomotorik siswa ditunjukkan dengan meningkatnya aktivitas belajar siswa dari siklus I mendapatkan rata-rata sebesar 62,5% (cukup), meningkat menjadi 80,5% (baik) pada siklus II. Peningkatan pengelolaan pembelajaran oleh guru ditunjukan dari hasil penilaian aktivitas guru selama proses pembelajaran. Pada siklus I perolehan aktivitas guru mencapai 66,96% masuk dalam kategori baik dan pada siklus II meningkat menjadi 86,6% masuk dalam kategori sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah pembelajaran menggunakan model role playing berbasis karakter cinta tanah air dan disiplin dapat meningkatan hasil belajar siswa kelas IV SDN 1 Pladen pada mata pelajaran PKn materi globalisasi. Penelitian ini diharapkan agar peneliti lain dapat mengembangkan pembelajaran menggunakan model role playing menjadi lebih efektif dengan memperhatikan sintak pembelajaran dan memperhatikan karakteristik mata pelajaran dan materi yang akan digunakan.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing: Dr. Sri Utaminingsih, M. Pd.
Uncontrolled Keywords: Model Role Playing, Hasil Belajar PKn
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
Tanggal Deposit: 26 Jan 2015 03:44
Last Modified: 26 Jan 2015 03:44
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3968

Actions (login required)

View Item View Item