UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG NORMA AGAMA ISLAM MELALUI LAYANAN ORIENTASI DENGAN MEDIA MIND MAP SISWA KELAS VII-H SMP 2 BAE KUDUS

EVI IRAWATI, NADIA (2014) UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN TENTANG NORMA AGAMA ISLAM MELALUI LAYANAN ORIENTASI DENGAN MEDIA MIND MAP SISWA KELAS VII-H SMP 2 BAE KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (559Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (185Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (583Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (708Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (957Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (237Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (96Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (216Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Download (10Mb)

                    Abstrak

                    Berdasarkan hasil observasi peneliti terhadap guru BK dan pengamatan dengan siswa pada hari rabu tanggal 15 januari 2014 ketika jam istirahat, dan wawancara dengan koordinator guru BK pada hari rabu tanggal 16 April 2014 pada jam 10.30-12.00 di SMP 2 Bae Kudus, peneliti menemukan ada beberapa siswa yang belum menerapkan norma agama islam di sekolah maupun dalam kehidupan sehari-hari yang mempengaruhi sikap, tingkah laku dan siswa juga belum bisa membeda-bedakan mana perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan. Misalnya banyak siswa yang tidak memiliki sopan santun terhadap bapak dan ibu guru, belum bisa menerapkan sikap kejujuran, ketika pulang sekolah banyak siswa yang berboncengan dengan lawan jenis dilingkungan sekolah, berpacaran pojok kantin sekolah, berpakaian tidak sesuai aturan yang ada disekolah. Adapun rumusan masalahnya’’Apakah layanan orientasi dengan media mind map dapat meningkakan pemahaman tentang norma agama islam siswa kelas VII-H di SMP 2 Bae Kudus pada tahun 2013/2014. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan norma agama islam adalah peraturan hidup yang harus diterima manusia untuk menjalankan perintah-perintah-Nya, aturan tersebut mengenai perilaku dan sikap, perbuatan yang boleh dilakukan dan tidak boleh dilakukan yang bersumber pada Tuhan yang Maha Esa. Faktor-faktor yang mempengaruhi norma agama islam: 1. Memiliki sikap respek terhadap orang lain. 2. Kepedulian terhadap orang lain. 3. Berpartisipasi aktif dalam kegiatan sosial. 4. Memiliki konsep diri. Layanan orientasi adalah suatu layanan pemberian bantuan kepada siswa untuk beradaptasi degan lingkungan yang baru agar siswa dapat mengenal lingkungan tersebut dengan baik sehingga dapat mempermudah dan berperannya siswa dilingkungan sekolah yang baru tersebut. Sedangkan media mind map adalah peta pikir untuk mengasah kreatifitas dan menuangkan imajinasi yang ada di otak agar lebih mudah dan berdaya guna untuk menerima pelajaran dan menghafal. Penelitian ini dengan didesain menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling (PTK-BK) dengan jumlah siswa yang terdiri dari 13 siswa perempuan dan 16 siswa laki-laki. Pengumpulan data pada penelitian layanan orientasi dengan media mind map. Dengan dilakukan beberapa metode pengumpulan data meliputi observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian dilakukan dengan data hasil observasi terhadap 10 aspek penilaian. Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan, pemahaman tentang norma agama islammengalamipeningkatandarisiklus I kesiklus II. Hal initerbuktibahwapemahaman tentang norma agama islam mengalamipeningkatandengannilai rata-rata padaprasiklusmendapatskor20,86(K), padasiklus I mendapatnilai rata-rata 28,13 (C), danpadasiklus II mendapatnilai rata-rata35,82 (B). Simpulan hasil penelitian layanan orientasi dengan media mind map dapat meningkatkan pemahaman tentang norma agama islam siswa kelas VII-H SMP 2 Bae Kudus. Hal ini ditunjukkan dari observasi siswa bahwa aktivitas atau perilaku siswa dari pra siklus sampai siklus I dan II mengalami kenaikan dari hasil kurang menjadi baik. Saran: 1. BagiKepalaSekolah, diharapkan dapat memberikan fasilitas kepada guru BK agar dapat berjalan secara optmal. 2. Guru Pembimbing diharapkandapat menggunakan layanan orientasi untuk meningkatkan pemahaman tentang norma agama islam dengan media mind map atau hal lain sesuai kebutuhan siswa. 3. Siswa diharapkanpentingnya pemahaman tentang norma agama islam serta mampu menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. 4. Peneliti berikutnya diharapkan peneliti yang berkenan melanjutkan layananorientasidenganmedia mind map agar lebih kreatif dan inovatif untuk digunakan pada kegiatan layanan orientasi dengan mediamind map selanjutnya. 5. Bagi Orang tua diharapkan memperhatikan sikap anaknya di lingkungan sekolah serta tidak lepas tangan untuk membina dan memantau anak dalam kegiatan sekolah.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing; Dra. Sumarwiyah, M.Pd, kons
                    Uncontrolled Keywords: Pemahaman Tentang Norma Agama Islam, Layanan Orientasi, Media MindMap
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: Unnamed user with username librarianumk1
                    Tanggal Deposit: 26 Jan 2015 11:23
                    Last Modified: 26 Jan 2015 11:23
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/3972

                    Actions (login required)

                    View Item