Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Efektif Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas X D Ma Darul Ulum Kalinyamatan Jepara

YUDHA AJI, RIDO (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Efektif Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Simulasi Pada Siswa Kelas X D Ma Darul Ulum Kalinyamatan Jepara. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (527Kb)
    [img] PDF (Bab I) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (81Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab II) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (182Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab III) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (325Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab IV) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (735Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab V) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (122Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab VI) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (64Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (58Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (7Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Aji, Yudha Rido. 2014. Upaya Meningkatkan Kemampuan Belajar Efektif Siswa Melalui Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Simulasi pada Siswa Kelas X D MA Darul Ulum Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi. Program Studi Bimbingan dan Konseling. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Muria Kudus. Pembimbing: (1) Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons., (2) Drs. Masturi, MM. Kata-kata kunci: Kemampuan belajar efektif, layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi Latar belakang berdasarkan wawancara terhadap guru pembimbing dan observasi terhadap siswa kelas X D MA Darul Ulum Kalainyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Bahwa diketahui sebelumnya siswa masih kurang memahami dan mengerti tentang kemampuan belajar efektif. Kebanyakan siswa masih mengabaikan tentang belajar secara efektif, karena masih ditemukan beberapa siswa yang mengalami nilai ulangan siswa rendah, siswa tidak memiliki jadwal belajar yang efektif, siswa jarang membuat ringkasan, siswa malas belajar untuk mengulang pelajaran keesokan harinya, siswa tidak bisa membagi waktu belajar. Rumusan masalah : Bagaimanakah penerapan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kemampuan belajar efektif pada siswa kelas X D MA Darul Ulum Kalinyamatan Jepara. Tujuan penelitian : Diperolehnya peningkatan kemampuan belajar efektif melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siswa kelas X D MA Darul Ulum Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014 yang kondisi awal rendah menjadi tinggi. Kegunaan penelitian : kegunaan secara teoritis dan secara praktis. Dan yang menjadi ruang lingkup dalam penelitian ini fokus membahas layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dan kemampuan belajar efektif. Kemampuan belajar efektif adalah proses belajar yang bukan saja terfokus kepada hasil yang dicapai peserta didik, namun bagaiman proses pembelajaran yang efektif mampu memberikan pemahaman yang baik, kecerdasan, ketekunan, kesempatan dan mutu serta dapat memberikan perubahan perilaku dan mengaplikasikannya dalam kehidupan mereka. Layanan bimbingan kelompok adalah pelayanan bimbingan yang diberikan kepada lebih dari satu orang pada waktu bersamaan. Serta, teknik simulasi adalah satu metode pelatihan yang memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya, simulasi penggambaran suatu sistem atau proses dengan peragaan memakai model atau pemeran. Hipotesis dalam penelitian ini berbunyi “melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat meningkatkan kemampuan belajar efektif pada siswa kelas X D MA Darul Ulum Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2013”. Subyek penelitian ini adalah 8 siswa yang memiliki kemampuan belajar efektif yang rendah pada siswa kelas X D MA Darul Ulum Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Variabel dalam penelitian ini yaitu variabel bebas layanan bimbingan kelompok dan variabel terikatnya kemampuan belajar efektif. Penelitian ini menggunakan rancangan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling (PTBK). Dalam penelitian tindakan kelas ini analisis data menggunakan kualitatif. Datanya berbentuk kategori kualitatif yang dianalisis dengan deskriptif kualitatif berdasarkan hasil observasi, wawancara dan refleksi dari kondisi awal, siklus I dan siklus II. Berdasarkan pembahasan hasil penelitian dan analisis data terhadap 8 siswa kelas X D MA Darul Ulul Kalinyamatan Jepara, pada kondisi awal siswa memiliki kemampuan belajar efektif dalam kategori rendah. Pra layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi untuk meningkatkan kemampuan belajar efektif siswa yaitu memperoleh hasil rata-rata dengan skor 21,1 dalam kategori kurang. Setelah diberikan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siklus I memperoleh hasil rata-rata dengan skor 31 dalam kategori sedang. Pada siklus II memperoleh hasil rata-rata dengan skor 41 dalam kategori baik. Dari hasil layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi pada siklus I sampai siklus II ada peningkatan 10 skor. Keberhasilan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi untuk meningkatkan kemampuan belajar efektif mencapai 10 skor pada siklus I dan 10 skor pada siklus II. Berdasarkan simpulan menunjukkan bahwa dengan layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dapat membantu dalam meningkatkan kemampuan belajar efektif siswa kelas X D MA Darul Ulum Kalinyamatan Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji kebenarannya. Saran kepada kepala sekolah terus mendorong guru pembimbing untuk terus menyelenggarakan layanan bimbingan kelompok, diharapkan untuk membantu dan bekerjasama dengan personil sekolah lainnya dalam meningkatkan kemampuan belajar efektif siswa, sehingga siswa dapat lebih meningkatkan prestasi dalam pembelajaran. Kepada konselor, mengupayakan secara lebih maksimal untuk memberikan layanan bimbingan kelompok dengan baik yang bersifat individu maupun kelompok untuk meningkatkan kemampuan belajar efektif siswa. Kepada siswa, diharapkan siswa dapat lebih baik lagi dalam meningkatkan kemampuan belajar efektifnya sehingga mempunyai dampak atau pengaruh yang sangat besar terhadap perkembanagan prestasi pembelajarannya. Kepada peneliti selanjutnya diharapkan bagi para peneliti yang berkenan melanjutkan pengembangan pemberian tindakan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi dalam upaya meningkatkan keamampuan belajar efektif siswa agar lebih selektif dan lebih sempurna untuk diberikan pada siswa

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Dosen Pembimbing: Dra.Sumarwiyah,M.Pd,Kons
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan belajar efektif, layanan bimbingan kelompok dengan teknik simulasi
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 17 Feb 2015 08:58
                    Last Modified: 17 Feb 2015 09:53
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4018

                    Actions (login required)

                    View Item