Peningkatan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas V Sd 3 Panjang

KUSUMA, SATRIA CANDRA (2015) Peningkatan Keterampilan Berbicara Mengomentari Persoalan Faktual Dengan Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share Pada Siswa Kelas V Sd 3 Panjang. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (482kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (116kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (302kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (146kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (67kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (91kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (7MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi olehketerampilan berbicara siswa kelas V SD 3 Panjang Bae Kudus yang rendah.Guru lebih banyak menjadi sumber belajar dan siswa hanya pasif mendengarkan penjelasan dari guru.Selain itu, siswa tidak berani tampil di depan kelas karena masih malu, takut, dan kurang percaya diri. Hal ini menyebabkan perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran sehingga keterampilan berbicara dapat meningkat lebih baik.Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah 1) Bagaimana keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berbicara mengomentari persoalan faktual dengan diterapkannya model kooperatif tipe TPS?2)Bagaimana aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara mengomentari persoalan faktual dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS? 3) Apakah penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe TPS dapat meningkatkan kemampuan berbicara mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V SD Negeri 3 Panjang Kecamatan Bae Kabupaten Kudus dalam pembelajaran Bahasa Indonesia?Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah 1) Mendeskripsikan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran berbicara mengomentari persoalan faktual dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Panjang2) Mendeskripsikan aktivitas siswa dalam pembelajaran berbicara mengomentari persoalan faktual dengan diterapkannya model pembelajaran kooperatif tipe TPS pada siswa kelas V SD Negeri 3 Panjang 3)Menemukan peningkatan kemampuan berbicara mengomentari persoalan faktual pada siswa kelas V semester 2 SD Negeri 3 Panjang melalui model kooperatif tipe TPS. Think Pair Share merupakan model pembelajaran kooperatif yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa.Ciri-ciri pembelajaranThink Pair Shareadalah adanya kegiatan berpikir, berpasangan, dan berbagi. Materi dalam penelitian ini adalah mengomentari persoalan faktual. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Panjang Bae Kudus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari tahap perencanaan, tindakan, observasi, danrefleksi. Variabel bebas adalah model pembelajaran Think Pair Share. Sedangkan variable terikatnya adalah keterampilan berbicara Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktual siswa kelas V SD 3 Panjang Bae Kudus. Data dianalisis secara deskriptif kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian terbukti menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan keterampilan berbicara siswa materi mengomentari persoalan faktualdengan persentase ketuntasan pra siklus 65,70% (Rendah). Pada siklus I 72,64% (Sedang) danpada siklus II menjadi 79,07% (Tinggi). Aktivitas belajar siswa juga meningkat dengan persentase rata-rata siklus I 65,00% (Rendah) dan meningkat pada siklus II 85,00% (Tinggi). Keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan model Think Pair Share juga mengalami peningkatan dari persentase 74,20% (Tinggi) pada siklus I dan 90,90% (SangatTinggi) pada siklus II. Simpulan dalampenelitianiniyaitu penerapan model Think Pair Share dapat meningkatkan keterampilan mengajar guru, aktivitas siswa, dan keterampilan berbicara Bahasa Indonesia materi mengomentari persoalan faktualpadasiswa kelas V SD 3 Panjang BaeKudus. Saran bagiguru sebaiknya mencoba menerapkkan model Think Pair Share dan mengutamakan peran aktif siswa, saran bagi siswa haruslebih berpartisipasi aktif dan memusatkan perhatian selama kegiatan pembelajaran di kelas. Bagi peneliti lain dapat melakukan kajian yang lebih mendalam tentang penggunaan model Think Pair Share untuk membantu meningkatkan kualitas pembelajaran.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Model Think Pair Share, Keterampilan Berbicara, Persoalan Faktual
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Feb 2015 04:36
Last Modified: 23 Feb 2015 04:36
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4062

Actions (login required)

View Item View Item