The Speaking Ability Of The Eighth Grade Students Of Smp Muhammadiyah 2 Kudus In Academic Year 2013/2014 Taught By Using Fishbowl Discussion

NI’MAH, NOVI WAHIDATUN (2015) The Speaking Ability Of The Eighth Grade Students Of Smp Muhammadiyah 2 Kudus In Academic Year 2013/2014 Taught By Using Fishbowl Discussion. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
cover.docx.pdf - Accepted Version

Download (604kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (147kB)
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (175kB)
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (261kB)
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (185kB)
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (96kB)
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (156kB)
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
bibliography.pdf - Accepted Version

Download (63kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Pengajaran bahasa inggris terdiri dari empat kemapuan berbahasa.. Kemampuan berbahasa yaitu mendengarkan, membaca, menulis dan berbicara. Orang-orang harus menguasai bahasa inggris dalam lisan maupun tulisan. Mereka percaya dengan menguasai bahasa inggris dengan baik, mereka akan mampu berkomunikasi dengan orang-orang dari Negara yang berbeda, terutama adalah berbicara. Karena berbicara adalah aktifitas keseharian dalam kehidupan kita. Tapi dalam proses belajar mengajar siswa SMP Muhammadiyah 2 Kudus merasa bosan untuk mengikuti keals berbicara. Alasanya adalah karena guru tidak pernah mengajar berbicara. Hanya memberikan penjelasan tentang materi dan siswa-siswa siminta untuk mengerjakan test. Terkadang guru meminta siswa-siswa untuk praktek berbicara bahasa inggris didepan kelas, tapi siswa-siswa takut berbicara didepan kelas dengan mudah karena siswa-siswa memiliki kosakata yang terbatas dan siswa-siswa takut melakukan kesalahan dalam tatabahasa dan membuat kesalahan dalam kalimat-kalimat dalam berbicara. Pada kondisi ini, peneliti mencoba untuk menggunkan diskusi fishbowl sebagai tekhnik untuk mengajar berbicara. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 2 Kudus sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Diskusi Fishbowl pada tahun ajaran 2013/2014. Desain penelitian ini adalah penelitian dengan pretest dan posttest. Populasi pada penelitian ini adalah siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 2 Kudus pada tahun ajaran 2013/2014. Sample diambil satu kelas dari populasi, yang mana terdiri dua puluh lima siswa. Instrument yang digunakan oleh peneliti adalah test lisan. Berdasarkan data analisis, telah ditemukan bahwa kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 2 Kudus sebelum diajar dengan menggunakan Diskusi Fishbowl pada tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan cukup. Nilai rata-rata adalah 61,04 dan standar deviasi adalah 4,32. Sementara kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 2 Kudus sesudah diajar dengan menggunakan Diskusi Fishbowl pada tahun ajaran 2013/2014 dikategorikan baik. Nilai rata-rata adalah 76 dan standardeviasi adalah 7,75. Perhitungan t-test mendapat hasil 8,50 dan pada level signifikan 0,05 dan tingkat kebebasan 24 yang diperoleh dari N-1, t-table (tt) adalah 2,07. ini disimpulkan bahwa ada perbedaan yang signifikan pada kemampuan kemampuan berbicara pada siswa kelas delapan SMP Muhammadiyah 2 Kudus sebelum dan sesudah diajar dengan menggunakan Diskusi Fishbowl pada tahun ajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil tersebut, guru bahasa inggris disarankan untuk menggunakan diskusi Fishbowl sebagai salah satu teknik alternatif untuk mengajar berbicara. Disamping itu, siswa harus sering mempraktikan dengan teman sekelas mereka untuk mengembangkan kemampuan berbicara bahasa inggris.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing: Dr. H. A. Hilal Madjdi, M.Pd
Kata Kunci: Kemampuan Berbicara, Diskusi Fishbowl
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 23 Feb 2015 04:59
Last Modified: 23 Feb 2015 04:59
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4064

Actions (login required)

View Item View Item