Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Smk Nu Ma’arif Kudus

HUDA, SYAIFUL (2015) Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Smk Nu Ma’arif Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (543kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (214kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (348kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (449kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (793kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (264kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (241kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (138kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus mempunyai kedisiplinan rendah seperti, masih ditemukan adanya beberapa siswa yang masih datang terlambat masuk sekolah, banyak siswa yang masih terlambat masuk kelas saat jam istirahat, pemakaian seragam/ atribut secara tidak lengkap seperti tidak memakai papan nama, tidak memakai dasi, tidak memakai sepatu dan ikat pingang sesuai aturan sekolah. Permasalahan yang akan diteliti: Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Siswa Kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan kondisi siswa tentang kedisiplinan di sekolah sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. 2. diperolehnya peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis, 2. Kegunaan praktis:1) Bagi Kepala Sekolah, 2) Bagi Konselor, 3) Bagi Siswa, dan 4) bagi peneliti. Hipotesis penelitian ini adalah :“Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah pada siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini dilakukan di SMK NU Ma’arif Kudus yang beralamat di Jl. Perambatan Lor 679 Kaliwungu Kudus, sedangkan subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas X TM 2 yang memiliki kedisiplinan rendah. Variabel penelitian: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving (variabel bebas) dan kedisiplinan siswa di sekolah (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pra layanan bimbingan kelompok kedisiplinan siswa di sekolah termasuk dalam kategori kurang (38%). Setelah diberi treatment layanan bimbingan kelompok pada sikus I, kedisiplinan siswa di sekolah meningkat menjadi kategori cukup (60%) dan setelah siklus II kedisiplinan siswa di sekolah meningkat menjadi kategori baik (77%). Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kedisiplinan siwa di sekolah pada siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Sekolah, hendaknya mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan bimbingan kelompok untuk kebutuhan siswa. 2. Kepada Konselor, hendaknya lebih mengefektifkan berbagai macam layanan bimbingan dan konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan siswa. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok teknik problem solving. 4. Peneliti mampu menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunahkan dalam layanan bimbingan kelompok.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa di Sekolah, Bimbingan Kelompok dengan Teknik problem solving.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 02:24
Last Modified: 28 Feb 2015 02:24
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4086

Actions (login required)

View Item View Item