Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Smk Nu Ma’arif Kudus

HUDA, SYAIFUL (2015) Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa Di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Pada Siswa Smk Nu Ma’arif Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (530Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (209Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (339Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (439Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (775Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (257Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (236Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (135Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2465Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatar belakangi masih ada sebagian siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus mempunyai kedisiplinan rendah seperti, masih ditemukan adanya beberapa siswa yang masih datang terlambat masuk sekolah, banyak siswa yang masih terlambat masuk kelas saat jam istirahat, pemakaian seragam/ atribut secara tidak lengkap seperti tidak memakai papan nama, tidak memakai dasi, tidak memakai sepatu dan ikat pingang sesuai aturan sekolah. Permasalahan yang akan diteliti: Upaya Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di Sekolah Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Problem Solving Siswa Kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014? Tujuan penelitian ini adalah: 1. Mendiskripsikan kondisi siswa tentang kedisiplinan di sekolah sebelum dan sesudah dilakukan layanan bimbingan kelompok teknik problem solving. 2. diperolehnya peningkatan kedisiplinan siswa di sekolah melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving pada siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Kegunaan penelitian ini adalah : 1. Kegunaan teoritis, 2. Kegunaan praktis:1) Bagi Kepala Sekolah, 2) Bagi Konselor, 3) Bagi Siswa, dan 4) bagi peneliti. Hipotesis penelitian ini adalah :“Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah pada siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini dilakukan di SMK NU Ma’arif Kudus yang beralamat di Jl. Perambatan Lor 679 Kaliwungu Kudus, sedangkan subjek penelitian ini adalah 8 siswa kelas X TM 2 yang memiliki kedisiplinan rendah. Variabel penelitian: Layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving (variabel bebas) dan kedisiplinan siswa di sekolah (variabel terikat). Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Berdasarkan hasil observasi dan wawancara pra layanan bimbingan kelompok kedisiplinan siswa di sekolah termasuk dalam kategori kurang (38%). Setelah diberi treatment layanan bimbingan kelompok pada sikus I, kedisiplinan siswa di sekolah meningkat menjadi kategori cukup (60%) dan setelah siklus II kedisiplinan siswa di sekolah meningkat menjadi kategori baik (77%). Hal ini menunjukan bahwa layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kedisiplinan siwa di sekolah pada siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/ 2014. Kesimpulan yang dapat diambil dalam penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik problem solving dapat meningkatkan kedisiplinan siswa di sekolah siswa kelas X TM 2 SMK NU Ma’arif Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Sekolah, hendaknya mendukung dan memfasilitasi penyelenggaraan kegiatan bimbingan kelompok untuk kebutuhan siswa. 2. Kepada Konselor, hendaknya lebih mengefektifkan berbagai macam layanan bimbingan dan konseling untuk membantu menyelesaikan permasalahan siswa. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam mengikuti kegiatan bimbingan kelompok teknik problem solving. 4. Peneliti mampu menyiapkan segala kebutuhan yang akan digunahkan dalam layanan bimbingan kelompok.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs. Sucipto, M.Pd, Kons
                    Uncontrolled Keywords: Kedisiplinan Siswa di Sekolah, Bimbingan Kelompok dengan Teknik problem solving.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 09:24
                    Last Modified: 28 Feb 2015 09:24
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4086

                    Actions (login required)

                    View Item