Upaya Mengatasi Konflik Dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Padakelas X Jasa Boga Smk N I Kudus

ANGGRAINI, DWI OKTAFIANA (2015) Upaya Mengatasi Konflik Dengan Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Padakelas X Jasa Boga Smk N I Kudus. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal .Judul) - Accepted Version
Download (1203Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (344Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (660Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1077Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1881Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (388Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (264Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (286Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (5Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatar belakangi adanya konflik dengan teman sebaya. Peneliti berupaya mengatasi konflik dengan sebaya melalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama, karena dapat membantu mengembangkan kemampuan sosial siswa. Dengan harapan siswa dapat berinteraksi dan berkomunikasi dengan anggota kelompok sehingga terjalin kekompakan dan kebarsamaan. Tujuan bimbingan kelompok teknik psikodrama adalah mendorong individu yang mengalami konflik dapat bekerja sama dengan teman sebaya. Rumusan masalah penelitian ini adalah 1.“Bagaimanakah kondisi siwa kelas X Jasa Boga 1 sebelum dan sesudah mengikuti treatment layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama?”2. Apakah layanan bimbingan kelompok dengan menggunakan teknik psikodrama dapat mengatasi konflik dengan teman sebaya pada siswa kelas X JB I?”Tujuan Penelitian ini adalah:Mendiskripsikan kondisi siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dan teratasinya konflik dengan teman sebayamelalui layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama pada siswa kelasX JB 1 SMK N 1 KUDUS. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konflik.Konflik adalah suatu pertentangan yang terjadi antar individu, kelompok, atau organisasi yang belum menemukan titik temu yang didalam pertentangan tersebut belum menemukan titik temu.Bimbingan kelompok adalah suatu kegiatan pemberian layanan yang dilakukan peneliti terhadap siswa yang dilakukan secara berkelompok.Psikodrama adalah metode pembelajaran dengan permainan peran yang bertitik tolak dalam permasalahan psikologis. Hipotesis penelitian ini adalah layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dapat mengatasi konflik dengan teman sebaya kelas X jasa boga I. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa kelas X Jasa Boga 1, sebanyak 8 siswa yang mengalami konflik dengan teman sebaya berdasarkan wawancara dan observasi. Variabel penelitian: Bimbingan Kelompok dengan teknik psikodrama (Variabel bebas) dan Konflik dengan teman sebaya(Variabel terikat). Metode pengumpulan data metode pokok observasi, metode pendukung yaitu wawancara.Penelitian dilakukan 2 siklus, setiap siklus 3 pertemuan membahas 3 materi dengan alokasi waktu 45 menit. Berdasarkan hasil observasi sebelum tindakan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama terjadi konflik dengan teman sebaya.skor rata-rata 16,5. Setelah diberi layanan bimbingan kelompok pada siklus I, Keterbukaan diri siswa meningkat menjadi kategori kurang dengan skor rata-rata 24,3 terjadi peningkatan sebesar 7,8. Sedangkan pada siklus II upaya mengatasi konflik dengan teman sebayaterus meningkat menjadi kategori baik dengan perolehan skor rata-rata 34,1 terjadi peningkatan 9,8. Hal ini menunjukkan layanan bimbingan kelompok dapat mengatasi konflik dengan teman sebaya pada kelas X jasa Boga I SMK N 1 Kudus. Hasil penelitian tersebut disimpulkan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama dapat mengatasi konflik dengan teman sebaya pada siswa kelas X Jasa Boga 1 SMK N 1 Kudus. Melihat temuan di lapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala sekolahhendaknya memberikan kebijakan kepada konselor agar memberikan layanan bimbingan kelompok. 2. Konselor hendaknya dapat lebih banyak memprogramkan layanan bimbingan kelompok untuk memotivasi siswa agar memanfaatkan layanan bimbingan kelompok sebagai tempat untuk mengatasi konflik dengan teman sebaya dan dapat menggunakan layanan bimbingan kelompok dengan teknik psikodrama untuk mengatasi masalah yang lain. 3. Siswa hendaknya lebih aktif dalam memanfaatkan fungsi bimbingan kenseling di sekolah. 4. Peneliti hendaknya mampu menjalin keakraban denngan anggota bimbingan kelompok sebelum dilaksanakan layanan bimbingan kelompok teknik psikodrama .

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dra. Masturi, MM.
                    Uncontrolled Keywords: Konflik Dengan Teman Sebaya; Layanan Bimbingan Kelompok Teknik Psikodrama
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 28 Feb 2015 09:42
                    Last Modified: 28 Feb 2015 09:42
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4088

                    Actions (login required)

                    View Item