Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Mengidentifikasi Unsur Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 3 Panjang

NIKHAYAH, SITI DZURRIYYATUN (2015) Penggunaan Media Gambar Seri Dalam Mengidentifikasi Unsur Cerita Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd 3 Panjang. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (7MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (764kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (5MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (22MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (2MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (327kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (543kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (79MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar siswa kelas V SD 3 Panjang yang rendah. Berdasarkan hasil wawancara dan observasi antara peneliti dengan guru kelas V SD 3 Panjang diperoleh informasi bahwa hasil belajar siswa dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita masih rendah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan media tidak ada, guru hanya membaca dari buku teks dari sekolah dan siswa mendengarkan dengan seksama, dan kurangnya pemahaman siswa terhadap isi cerita. Oleh karena itu, proses pembelajaran dan penilaian masih kurang maksimal. Berdasarkan latar belakang yang telah diuraikan, maka rumusan masalah penelitian ini adalah apakah terjadi peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Panjang dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita? Maka tujuan penelitian ini adalah terjadi peningkatan aktivitas siswa, keterampilan guru, dan hasil belajar siswa kelas V SD 3 Panjang dalam mengidentifikasi unsur intrinsik cerita. Media gambar seri merupakan rangkaian dari beberapa gambar yang menceritakan sebuah cerita dengan urutan yang jelas. Media gambar seri ini digunakan dalam mengidentifikasi unsur intrinsik yang ada di dalam cerita. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di kelas V SD 3 Panjang Bae Kudus dengan subjek penelitian ini adalah guru dan siswa kelas V. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri 2 pertemuan yang meliputi tahap perencanaan, tindakan, observasi, dan refleksi. Variabel bebas dalam penelitian ini adalah media gambar seri, sedangkan variabel terikatnya adalah hasil belajar siswa. Data dianalisis secara kuantitatif dan deskriptif kualitatif. Kondisi awal siswa sebelum melakukan tindakan mendapat ketuntasan klasikal sebesar 21,43% dengan rata-rata 64,07 meningkat pada siklus I menjadi 71,43% dengan rata-rata 75,71 dan pada siklus II meningkat menjadi 100% dengan rata-rata 86,79. Aktivitas belajar siswa secara klasikal pada siklus I mendapat rata-rata 7,25 dengan kategori baik meningkat pada siklus II menjadi 11,6 dengan kategori sangat baik. Keterampilan guru juga mengalami peningkatan, siklus I mendapatkan rata-rata 31,5 dengan kategori baik, pada siklus II meningkat menjadi 39,5 dengan kriteria sangat baik. Simpulan pada penelitian ini adalah dengan menggunakan media gambar seri dapat meningkatkan hasil belajar siswa, aktivitas belajar siswa, serta keterampilan guru dalam pembelajaran. Saran dalam penelitian ini diharapkan para siswa lebih aktif dan memperhatikan dalam pembelajaran. Saran bagi guru sebaiknya meningkatkan inovasi dan kreasi dalam pembelajaran terutama penggunaan media. Saran untuk sekolah agar hasil belajar menjadi tolok ukur agar dapat digunakan untuk peningkatan kualitas pembelajaran. Bagi peneliti yang lain dapat mengembangkan penelitian untuk menggunakan media gambar seri maupun media yang lain sehingga hasil belajar siswa dapat meningkat.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Media Gambar Seri, Unsur Cerita, Hasil Belajar
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 02 Mar 2015 04:51
Last Modified: 02 Mar 2015 04:51
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4124

Actions (login required)

View Item View Item