ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT ASURANSI JIWA BUMIPUTERA KUDUS

Priyo Nugroho, Kukuh (2015) ANALISIS STRATEGI PEMASARAN PADA PT ASURANSI JIWA BUMIPUTERA KUDUS. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (187Kb)
    [img] PDF (BAB 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (168Kb)
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (231Kb)
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (264Kb)
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (417Kb)
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (102Kb)

              Abstrak

              Strategi pemasaran yang jitu sangat dibutuhkan oleh suatu perusahaan Asuransi dalam menghadapi persaingan. Dalam pemasaran strategi yang ditempuh oleh perusahaan terdiri dari tiga tahap, yaitu : memilih konsumen, mengidentifikasikan keinginan mereka dan menentukan pemasarannya. Perumusan masalah dalam penelitian ini adalah dimana posisi strategi pemasaran dari PT AJB KUDUS ?; bagaimana strategi pemasaran yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis posisi strategi pemasaran ; untuk merumuskan strategi pemasaran yang dilakukan PT AJB KUDUS. Variabel dalam penelitian ini adalah variabel internal meliputi modal, kualitas produk, kebijakan harga, keterbatasan produk, pelayanan, kegiatan distribusi dan promosi, sedangkan variabel eksternal peluang meliputi luas pasar, citra perusahaan, teknologi perusahaan, pertumbuhan pasar daya beli, dan pemasok; variabel eksternal ancaman meliputi pesaing, pendatang baru, barang pengganti, peraturan pemerintah, kemajuan teknologi, dan pembajakan. Metode pengumpulan data yaitu wawancara, kuesioner, dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunaka analisis SWOT. Dengan menggunakan analisis tersebut di atas diperoleh hasil temuan penelitian sebagai berikut : 1. Berdasarkan analisis SAP (Strategic Advantage Profile) dapat diketahui bahwa PT AJB Kudus terletak pada posisi kuat yang berarti bahwa perusahaan tersebut memiliki peluang yang besar dari sesuatu yang dapat ditawarkan kepada konsumen dan telah dapat menguasiao sebagian pasar, dalam hal ini berarti perusahaan masih tetap aman bersaing dengan produk sejenis. Sedangkan berdasarkan analisis ETOP (Environment Threat Opportunity Profile) perusahaan roti dadi semarang berada pada posisi usaha ideal yang artinya bahwa perusahaan dapat melakukan pengembangan atau investasi pada jenis usaha yang sama dan harus mampu menggunakan kekuatan untuk menghadapi ancaman dari lingkungan eksternal. 2. Dengan melihat posisi strategic perusahaan yang berada pada usaha aman dan ideal, maka strategi pemasaran yang tepat digunakan oleh PT AJB Kudus yaitu investasi. Hal ini berarti bahwa perusahaan perlu untuk mempertahankan faktor yang berhubungan dengan kekuatan dan peluang yang selama ini dimiliki oleh perusahaan, diantaranya seperti factor harga yang cukup bersaing, dukungan kondisi keuangan atau modal usaha, pengelolaan tenaga kerja yang baik, meningkatkan pelayanan promosi. Sedangkan faktor eksternal yang perlu dipertahankan oleh perusahaan roti dadi semarang adalah pertumbuhan pasar dan penjualanya, luas pasar yang cukup besar serta peluang untuk bersaing dengan pendatang baru dari perusahaan lain yang sejenis. Strategi pemasaran lain yang sebaiknya digunakan oleh AJB. Bumi Putra Kudus adalah dengan menggunakan strategi investasi, yaitu dengan melakukan peningkatan jumlah modal serta menambah jenis dan variasi produk, serta layanan dari keseluruhan produk yang ditawarkan oleh perusahaan kepada konsumen. E. Daftar Buku yang digunakan : 14 (tahun 1994 – 2007).

              Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
              Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Keuangan Publik
              Divisions: Fakultas Ekonomi > Akuntansi (S1)
              Depositing User: pustakawan umk
              Tanggal Deposit: 02 Mar 2015 14:15
              Last Modified: 02 Mar 2015 14:15
              URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4135

              Actions (login required)

              View Item