Peningkatan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Iv Melalui Model Nht (Numbered Heads Together) Di Sd 1 Undaan Tengah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014

ASNAWI, AHMAD ZUHRI (2015) Peningkatan Hasil Belajar Pkn Pada Siswa Kelas Iv Melalui Model Nht (Numbered Heads Together) Di Sd 1 Undaan Tengah Kudus Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (2067Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (983Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (1046Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (1038Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (2213Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (980Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (966Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (966Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangi rendahnya hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas IV SD 1 Undaan TengahKudus, yang disebabkanguru masih menggunakan model pembelajaran langsung dan pembelajaran hanya berpusat pada guru sehingga keaktifan siswa masih kurang. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk meningkatkan hasil belajar PKn siswa kelas IV dan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran. ModelNHT (Numbered Heads Together)merupakan salah satu bentuk metode pembelajaran kooperatif. Dalam model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) terdapat 4 fase, diantaranya: (1) Penomoran, (2) Mengajukan pertanyaan, (3) Berfikir bersama, (4) Menjawab.Hipotesis penelitian ini dengan menggunakan model pembelajaran NHT (Numbered Heads Together) dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn siswa kelas IV SD 1 Undaan Tengah yang didukung oleh ranah afektif, kognitif dan psikomotorik. Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan pada siswa kelas IV SD 1Undaan Tengah tahun pelajaran 2013/2014. Jumlah siswa sebanyak 26 orang, terdiri dari 15 siswa laki-laki dan 11 siswa perempuan. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, tes dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan berupa pedoman wawancara, soal evaluasi, dan lembar observasi Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini terbagi menjadi dua yaitu teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menggunakan modelNHT (Numbered Heads Together) menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar siswa (ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik) dan keterampilan guru setiap siklusnya. Ketuntasan klasikal siswa pra siklus sebesar 46,15% dengan rata-rata 63,79, meningkat pada siklus I menjadi 61,54% dengan rata-rata 67,11, dan pada siklus II meningkat menjadi 88,46% dengan rata-rata 70,53. Pada hasilbelajar ranah afektif, terjadi peningkatan dari siklus I rata-rata mencapai 70,8% (Baik) menjadi 77,92% (Baik). Sedangkan hasilbelajar ranah psikomotorik pada siklus Irata-rata 72,59% (Baik) naik menjadi 82,05% (Baik). Keterampilan guru pada siklus I memperoleh skor rata-rata 79,16% (Baik), meningkat pada siklus II menjadi 88,54% (Sangat Baik). Simpulan dalam penelitian ini yaitu penerapan modelNHT (Numbered Heads Together)dapat meningkatkan hasil belajar siswa yang mencakup ranah kognitif, afektif, dan psikomotorik, serta meningkatkan keterampilan guru. Saran dalam penelitian ini, siswa hendaknya selalu memperhatikan apa yang disampaikan guru dan aktif dalam pembelajaran. Guru hendaknya menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya yaitu modelNHT (Numbered Heads Together). Bagi kepala sekolah hendaknya memberikan kebijakan agar guru menggunakan model pembelajaran yang variatif, salah satunya yaitu modelNHT (Numbered Heads Together).

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dr.Sri Utaminingsih, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: (Numbered Heads Together), Hasil Belajar, PKn
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 07 Mar 2015 10:19
                    Last Modified: 07 Mar 2015 10:19
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4165

                    Actions (login required)

                    View Item