Upaya Meningkatkan Kemampuan Leadership Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Live Modeling Pada Siswa Kelas Viiid Mts N 1 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015

AINI, UMI NUR (2015) Upaya Meningkatkan Kemampuan Leadership Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Live Modeling Pada Siswa Kelas Viiid Mts N 1 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (423Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (82Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (233Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (256Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (531Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (144Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (33Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (25Kb)

                  Abstrak

                  Berdasarkan hasil wawancara yang dilakukan peneliti pada tanggal 17 Maret 2014 dan observasi pada tanggal tanggal 20 Maret 2014, diperoleh hasil bahwa sikap kepemimpinan siswa rendah. Siswa belum berani mempresentasikan hasil kerjanya. Siswa juga belum bisa mengorganisir kelompoknya dengan baik. Sikap kepemimpinan siswa belum tercermin dari perilaku siswa sehari-hari. Siswa belum bisa mengambil keputusan sendiri dalam menghadapi masalah. hal ini dibuktikan dengan hasil observasi yang dilakukan peneliti. Rumusan Masalah: 1. Apakah penerapan layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling dapat meningkatkan kemampuan leadership (kepemimpinan) pada siswa kelas VIIID MTs N 1 Kudus tahun Ajaran 2014/2015? 2. Bagaimana peningkatan kemampuan leadership (kepemimpinan) melalui layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling pada siswa kelas VIIID MTs N 1 Kudus? Tujuan Penelitan: 1. Mendiskripsikan peningkatan kemampuan leadership (kepemimpinan) siswa sebelum dan sesudah diberikan treatment melalui layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling pada siswa kelas VIIID MTs N 1 Kudus. 2. Memperoleh peningkatan kemampuan leadership (kepemimpinan) melalui layanan penguasaan konten dengan teknik live modeling pada siswa kelas VIIID MTs N 1 Kudus. Leadership adalah suatu tindakan yang membimbing terhadap suatu objek, memihak atau tidak memihak yang merupakan keteraturan tertentu seseorang terhadap suatu aspek lingkungan yang dapat mempengaruhi orang lain agar memiliki suatu keinginan untuk mencapai tujuan yang diharapkan. Layanan penguasaan konten merupakan layanan bantuan kepada individu untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan belajar. Live modeling adalah model hidup yang dapat mengajarkan klien tingkah laku yang sesuai. Dalam proses konseling para konselor dapat mengajarkan berbagai hal dengan cara menjadikan diri model bagi klien. Hipotesis tindakan kelas ini adalah “Penggunaan layanan pengusaan konten dengan teknik live modeling dapat meningkatkan kemampuan leadership pada siswa kelas VIIID MTs N 1 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIID MTs N 1 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015 yang mengalami masalah dalam leadership. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Pra Siklus diperoleh data bahwa ada 1 siswa dengan kategori baik dengan skor rata-rata 72%, siswa dengan kategori cukup ada 7 siswa, dan siswa dengan kategori kurang ada 22 siswa sedangkan sisanya siswa dengan kategori sangat kurang ada 8 siswa. Pada siklus I diketahui bahwa hasil observasi yang peneliti lakukan pada pertemuan pertama terdapat 6 siswa dengan kategori sangat kurang, 23 siswa masuk dalam kategori kurang, selanjutnya siswa dengan kategori cukup ada 9 siswa. Pada pertemuan kedua pada siklus I diketahui bahwa ada 1 siswa dengan kategori baik, siswa dengan kategori cukup ada 23 siswa, dan siswa dengan kategori kurang ada 14 siswa. Pada pertemuan terakhir atau pertemuan ketiga diketahui ada 5 siswa dengan kategori baik, dan ada 30 siswa dengan kategori cukup. Sisanya 3 siswa dengan kategori kurang. Dari hasil rekab pertemuan pada siklus II diketahui bahwa hasil observasi yang peneliti lakukan pada pertemuan pertama terdapat 28 siswa masuk dalam kategori cukup, 3 siswa dengan kategori kurang, sedangkan 7 siswa masuk dalam kategori baik. Pada pertemuan kedua pada siklus II diketahui bahwa ada 25 siswa yang dengan kategori baik, dan ada 13 siswa dengan kategori cukup. Pada pertemuan terakhir atau pertemuan ketiga diketahui ada 19 siswa dengan kategori baik dan ada 19 siswa dengan kategori sangat baik. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: Dalam penelitian ini menunjukkan bahwa layanan penguasaan konten sangat membantu siswa dalam meningkatkan kemampuan leadership siswa. Sehingga diharapkan kepala sekolah dapat mendukung adanya layanan penguasan konten ini dengan memfasilitasi konselor sekolah dalam memberikan layanan penguasaan konten. 2. Konselor Sekolah: Diharapkan konselor dapat memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemandiriannya dan sikap kepemimpinan dalam diri siswa-siswi. 3. Siswa: Siswa harus menyadari akan manfaat dari sikap kepemimpinan, karena setiap individu adalah pemimpin yang kelak akan diminta pertanggung jawaban atas apa saja yang dipimpinnya. 4. Penelitian Selanjutnya: Diharapkan peneliti berikutnya dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengembangkan penelitian yang selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian sebagai tambahan pengetahuan serta referensi terutama yang berkaitan dengan leadership siswa melalui layanan penguasaan konten.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing :Drs. Masturi, MM.
                  Uncontrolled Keywords: Leadership, Layanan Penguasaan Konten, Live Modeling.
                  Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                  Depositing User: pustakawan umk
                  Tanggal Deposit: 07 Mar 2015 10:52
                  Last Modified: 07 Mar 2015 10:52
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4174

                  Actions (login required)

                  View Item