ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA

KURNIAWATI, NOVI (2015) ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal.Judul]
Preview
PDF (Hal.Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version

Download (570kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (271kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (227kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (439kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (367kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (206kB) | Request a copy
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (845kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (127kB)
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Underpricing adalah sebuah fenomena Initial Public Offering (IPO) yang sering terjadi di pasar modal dan telah dibuktikan oleh para peneliti di berbagai Negara. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis faktor-faktor yang mempengaruhi underpricing. Penelitian ini dilakukan di Bursa Eek Indonesia (BEI), yakni pada perusahaan non keuangan yang melakukan IPO pada tahun 2008 sampai dengan tahun 2013. Underpricing merupakan variabel dependen dalam penelitian ini. Sedangkan variabel independen dalam penelitian ini adalah reputasi underwriter, reputasi auditor, return on equity, tingkat leverage, dan ukuran perusahaan. Pengambilan sampel yang dilakukan dengan metode purposive sampling menghasilkan 78 perusahaan sebagai sampel penelitian. Jenis data yang digunakan adalah data sekunder. Alat analisis yang dipergunakan adalah regresi berganda dengan menggunakan uji t dan uji F. Data yang digunakan dianalisa dengan menggunakan regresi linier berganda pada tingkat signifikan 5%. Hasil analisis regresi berganda menunjukkan bahwa variabel reputasi underwriter secara signifikan berpengaruh pada underpricing dengan arah koefisien negatif. Sedangkan variabel reputasi auditor, return on equity, tingkat leverage dan ukuran perusahaan tidak memiliki pengaruh signifikan pada terjadinya underpricing. Kata Kunci : Underpricing, Reputasi Underwriter, Reputasi Auditor, Return On Equity (ROE), Tingkat Leverage, dan Ukuran Perusahaan.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Kata Kunci: ANALISIS FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI UNDERPRICING KETIKA INITIAL PUBLIC OFFERING (IPO) DI BURSA EFEK INDONESIA
Subjects: Ilmu-ilmu Sosial > Teori Ekonomi
Program Studi: Fakultas Ekonomi > Manajemen (S1)
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Mar 2015 03:58
Last Modified: 07 Mar 2015 03:58
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4175

Actions (login required)

View Item View Item