PUJI LESTARI , NOOR (2015) Upaya Meningkatkan Solidaritas Teman Sebaya Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Sosiodrama Pada Siswa Kelas Xi Tkj2 Smk Mambaul Falah Kudus. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (427kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (54kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (175kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (193kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (640kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (67kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (24kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version Download (39kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN-LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
Abstrak
Wawancarapenelititerhadap guru BK danhasilpengamatandengansiswakelas XI TKJ2 SMK MambaulFalah Kudus padatanggal10-12 Februari 2014 ditemukanadasebagiansiswa yang memilikitingkatsolidaritastemansebaya yang rendahsepertiacuhtakacuhterhadappermasalahanteman, tidakmaumembatuteman yang kesusahandantidakikhlasmembantuteman. Rumusanmasalah: Bagaimanapenerapanlayanan bimbingan kelompok tekniksosiodramadalammeningkatkan solidaritastemansebayapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalahKudus TahunPelajaran 2013/2014?. Tujuanpenelitian: 1. Mendeskripsikansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. 2. Menemukanseberapabesarpeningkatansolidaritastemansebayasebelumdansetelahpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodrama. Kegunaanpenelitian: 1. KegunaanTeoretis: Menambahkhasanahpustaka. 2. KegunaanPraktis: a. Sebagaiacuankepalasekolahdalammenentukankebijakandalampelaksanaanbimbingandankonseling di sekolah. b. Konselordapatmemberikanlayananbimbingankelompokmelaluitekniksosiodramauntukmeningkatkansolidaritastemansebaya. c. Siswadapatmeningkatkansolidaritasterhadaptemansebaya di sekolah. d. Penelitidapatmemanfaatkanhasilpenelitiansebagaisumberreferensikajianteoretisdalampenelitianlebihlanjut. e. Sebagaiacuanwalikelasdalammemonitoringtingkatsolidaritassiswa. Ruanglingkuppenelitianmencakupsolidaritastemansebayadanpelaksanaanbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus TahunPelajaran 2013/2014.HipotesispenelitianAda peningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014. Jenispenelitiankualitatifdeskriptifdenganpendekatan PTBKdalamduasiklus. Bertempat di SMK MambaulFalah Kudus, subyekpenelitian 10 siswa.Variabelbebas: layananbimbingankelompokdanvariabelterikatsolidaritastemansebaya. Teknikpengumpulan data wawancara, observasi, dandokumentasi.Analisis data deskriptifkomparatifantarsiklusdilanjutkanrefleksi. Hasilpenelitian: Tingkat solidaritastemansebayapadakondisiawaldiperolehskor 222 (44%). Setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiklus I pertemuan 1 diperolehskor 222 (44%), pertemuan 2 diperolehskor 260 (52%), pertemuan 3 diperolehskor 314 (63%). Sedangkanpadasiklus II pertemuan 1 diperolehskor 314 (63%), pertemuan 2 diperolehskor 334 (67%), pertemuan 3 diperolehskor 426 (85%). Peningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) meningkat (19%), padasiklus II (85%) meningkatsebesar (41%).Hipotesis yang menyatakanadapeningkatansolidaritastemansebaya, setelahdiberikanlayananbimbingankelompoktekniksosiodramapadasiswakelas XI TKJ 2 SMK MambaulFalah Kudus tahunpelajaran 2013/2014 diterimakarenatelahmemenuhiindikatorkeberhasilan Simpulan: Melaluibimbingankelompoktekniksosiodramaterjadipeningkatansolidaritastemansebayapadakondisiawal (44%), siklus I (63%) dansiklus II (85%) meningkatsebesar (41%). Saran: Acuankepalasekolahdalammenentukankebijakanpenerapanbimbingankelompok.Acuankonselordalammemberikanbimbingankelompokdenganmenggunakantekniksosiodramasehinggadapatmemberikanpemahaman yang menarikbagisiswa, sertadapatmenambahwawasanbagisiswa, siswa yang tingkatsolidaritasterhadaptemansebayarendahdiharapkanmenjagasikapdantingkahlakudalamkehidupansehari-hari, peneliti yang selanjutnyadiharapkandapatlebihmemperkayapenelitianini, yaitudenganmenerapkanpendekatanbimbinganmelaluiteknik-teknik yang berbeda, danwalikelasuntukselalumemonitoringanakdidiknya.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing :Drs.Susilo Rahardjo, M.Pd. |
Kata Kunci: | BimbinganKelompok, SolidaritasTemanSebaya. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 07 Mar 2015 04:34 |
Last Modified: | 07 Mar 2015 04:34 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4184 |
Actions (login required)
View Item |