Upaya Mengatasi Penyalahgunaan Gadget Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas X Tki -1 Dengan Konseling Kelompok Dengan Teknik Pengkondisian Aversi

MAHARDIKA, DHATU (2015) Upaya Mengatasi Penyalahgunaan Gadget Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas X Tki -1 Dengan Konseling Kelompok Dengan Teknik Pengkondisian Aversi. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_DEPAN.pdf - Accepted Version

Download (1MB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (213kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (306kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (571kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (655kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V_.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (216kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (176kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (132kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatar belakangi oleh fenomena yang terjadi di SMK NU’ Ma’arif Kudus, yaitu upaya mengatasi penyalahgunaan gadget siswa saat proses belajar mengajar berlangsung di kelas. Berdasarkan wawancara dan observasi pada tanggal 17 maret 2014 di ruang BK didapatkan dari total keseluruhan 38 siswa yang menyalahgunakan gadget 16 siswa diantaranya menjadi 8 siswa sesuai dengan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi pada kelas X TKI -1. Hal ini di sebabkan kurangnya informasi serta pemahaman siswa dalam menggunakan gadget sesuai fungsi dan manfaatnya. Rumusan masalah: bagaimana mengatasi penyalahgunaan gadget dalam proses belajar mengajar di kelas dengan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi pada siswa kelas X TKI -1 SMK NU’ Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengatasi penyalahgunaan gadget melalui layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi pada siswa kelas X TKI -1 SMK NU’ Ma’arif Kudus tahun pelajaran 2013/2014?. Kegunaan penelitian ini: 1. Kegunaan teoritis: Sebagai salah satu kajian ilmiah berkenaan dengan topik layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi terhadap pemahaman bahaya atau dampak penyalahgunaan gagdet. 2. Kegunaan praktis: 1. Membantu meningkatkan pengetahuan serta perubahan perilaku dalam mengatasi penyalahgunaan gadget siswa. 2. Dapat digunakan sebagai acuan pedoman dalam memberikan alternatif bagi konselor dalam upaya mengatasi penyalahgunaan gadget siswa. 3. Sebagai acuan untuk menyediakan fasilitas layanan bimbingan dan konseling. Ruang lingkup penelitian ini adalah upaya mengatasi penyalahgunaan gadget dan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi. Layanan konseling kelompok salah satu layanan dalam bimbingan dan konseling yang dilaksanakan dengan mengaktifkan dinamika kelompok, membahas masalah pribadi yang dialami oleh masing-masing anggota kelopok. Teknik pengkondisian aversi merupakan teknik yang bertujuan mendiagnosis tingkah laku yang tidak tepat dan menentukan prosedur yang diharapkan mengarahkan pada tingkah laku yang lebih baik terhadap penyalahgunaan gadget pada siswa. Hipotesis tindakan: Layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi dapat mengatasi penyalahgunaan gadget siswa kelas X TKI -1 SMK NU’ Ma’arif Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini adalah penelitian PTBK yang bersifat kualitatif. Pelaksanaan penelitian ini dimulai dari akhir bulan maret sampai dengan september 2014 dimulai dari observasi sampai penyusunan laporan. Subjek penelitian berjumlah 8 siswa, terdiri dari 5 siswa laki-laki dan 3 siswa perempuan. Variabel penelitian: Layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi (variabel bebas) dan Penyalahgunaan Gadget Dalam Proses Belajar Mengajar Di Kelas (variabel terikat). Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, setiap siklus 3 kali pertemuan. Hasil penelitian pada pra tindakan dengan sabjek MR, MA, MK, MM, SK, SY, dan ES. Setelah diberikan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi dalam dua siklus yaitu, setelah pelaksanaan siklus I pertemuan skor pertemuan pertama (35) kategori sangat kurang, pertemuan kedua (46) kurang, pertemuan ketiga (57) cukup, rata-rata kurang 46 dan setelah pelaksanaan siklus II skor pertemuan pertama (65) kategori cukup, pertemuan kedua (75) baik, pertemuan ketiga (83) baik, rata-rata 74,3 baik. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis data, peneliti dapat menyimpulkan sebagai berikut: Kondisi pra tindakan layanan rata-rata skor 48,87 kategori sangat kurang, hasil siklus I rata-rata skor 35,75 kategori kurang dan hasil siklus II peningkatan serta penurunan terhadap penyalahgunaan gadget rata-rata skor 21,87 kategori baik. Keberhasilan pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi penurunan rata-rata 13,88. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena siswa telah memenuhi indikator keberhasilan. Berdasarkan kesimpulan dan saran peneliti memberikan saran: 1. Kepada kepala sekolah untuk dapat memberikan kebijakan yang mendukung pelaksanaan bimbingan dan konseling di sekolah. 2. Bagi konselor menggunakan layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi dalam mengatasi penyalahgunaan gadget siswa. 3. Bagi siswa memanfaatkan fungsi bimbingan konseling di sekolah seperti layanan konseling kelompok dengan teknik pengkondisian aversi dalam mengatasi penyalagunaan gadget siswa.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs.Susilo Rahardjo, M.Pd
Kata Kunci: Mengatasi Penyalahgunaan Gadget, Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Pengkondisian Aversi
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 07 Mar 2015 04:41
Last Modified: 07 Mar 2015 04:41
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4185

Actions (login required)

View Item View Item