Penerapan Konseling Behavioristik Untuk Menangani Masalah Over Conformity Terhadap Kelompok Sebaya Pada Siswa Kelas Xi Ma Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014

AFRIYANI, IIS (2015) Penerapan Konseling Behavioristik Untuk Menangani Masalah Over Conformity Terhadap Kelompok Sebaya Pada Siswa Kelas Xi Ma Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara Tahun Pelajaran 2013/2014. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (1025Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (58Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (151Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (87Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (229Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (91Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (37Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (32Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (778Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Di MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara salah satu permasalahan yang mempengaruhi perilaku siswa adalah Over Conformity. Konformitas (Conformity) adalah suatu tuntutan yang tidak tertulis dari kelompok teman sebaya terhadap anggotanya tetapi memiliki pengaruh yang kuat dan dapat menyebabkan munculnya perilaku-perilaku tertentu pada anggota kelompok. Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan Guru BK dan hasil observasi di lapangan, peneliti mendapatkan siswa kelas XI IPA A MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara Tahun Ajaran 2013/2014 yang mengalami Over Conformity terhadap kelompok sebayanya. Untuk mengatasi masalah tersebut, siswa yang mengalami Over Conformity terhadap kelompok sebayanya perlu mendapatkan bantuan berupa konseling individual dengan menggunakan model pendekatan behavioristik. Berdasarkan latar belakang diatas rumusan permasalahan penelitian: 1. Faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara Tahun Ajaran 2013/2014 mengalami over conformity terhadap kelompok sebaya?. 2. Apakah penerapan model konseling behavioristik efektif untuk mengatasi siswa yang mengalami over conformity terhadap teman sebayanya di kelas XI MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara Tahun Ajaran 2013/2014?. Tujuan dari penelitian: 1. Mengetahui faktor penyebab siswa kelas XI MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara Tahun Ajaran 2013/2014 yang mengalami over conformity terhadap kelompok sebaya. 2. Mengetahui keefektifan penerapan model konseling behavioristik untuk mengatasi siswa yang mengalami over conformity terhadap kelompok teman sebayanya di kelas XI MA Hasyim Asy’ari Kalipucang Jepara Tahun Ajaran 2013/2014. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek tiga siswa yaitu MM, UN dan AR yang mengalami Over Conformity terhadap kelompok sebayanya. Adapun metode pengumpulan data yang digunakan adalah: wawancara, observasi dan dokumentasi yang dilakukan pada bulan Mei-Juni. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis kualitatif. Sedangkan untuk menangani ketiga siswa tersebut menggunakan layanan konseling individual dengan model pendekatan behavioristik. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis penelitian dapat disimpulkan penyebab dari ketiga konseli yang mengalami Over Conformity terhadap kelompok sebayanya adalah: 1. MM: Kurangnya menejemen diri dan sikap asertif, sikap otoriter ayah terhadap prestasi konseli dan penerimaan dari teman-teman konseli. 2. UN: Keinginan untuk terlihat sama dan bantuan dari teman-temannya. 3. AR: keinginan agar diakui dan dorongan dari teman-teman kelompok untuk melakukan konformitas. Dari hasil penelitian ini, peneliti dapat menyimpulkan bahwa permasalahan over convormity yang dialami MM: khawatir dan takut jika dijauhi oleh teman-temannya apabila tidak menyesuaikan diri UN: bantuan dari teman-temannya membuat UN tidak mampu menolak permintaan teman-temannya dan AR: keinginan agar disegani oleh teman-temannya membuat AR berkumpul dengan kelompok yang disegani di sekolah. Untuk mengatasi permasalahan tersebut peneliti menggunakan layanan konseling individual dengan pendekatan behavioristik dengan teknik assertive training, self management, pembentukan perilaku dan positive reinforcement. Dari hasil konseling ketiga siswa tersebut, mereka dapat memahami jika perilaku over conformity terhadap kelompok sebaya dapat berpengaruh negatif terhadap perkembangan dirinya. Berdasarkan penemuan penelitian, saran yang diajukan peneliti sebagai berikut: 1. Kepala Sekolah: perlu diadakan pertemuan secara periodik dengan guru BK dan wali kelas untuk membuat kebijakan dalam memberikan pelayanan pendidikan kepada siswa secara optimal. 2. Guru BK: perlu meningkatkan lagi kualitas layanan terutama konseling individual untuk membantu siswa dalam mengatasi masalah yang telah dihadapinya, khususnya perilaku over conformity siswa terhadap kelompok sebayanya. 3. Wali kelas: memberikan motivasi yang kuat kepada siswa dengan membina kemampuan dan potensi siswa secara mandiri agar prestasi siswa dapat berkembang optimal tanpa dipengaruhi perilaku negatif dari lingkungannya. 4. Siswa: bersikap mandiri dalam bersikap dan bertindak, agar tidak mudah terpengaruh oleh lingkungan yang negatif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs. Susilo Rahardjo, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Konseling Behavioristik, Over Conformity terhadap Kelompok Sebaya
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 07 Mar 2015 11:52
                    Last Modified: 07 Mar 2015 11:52
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4186

                    Actions (login required)

                    View Item