Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Relaksasi

AZIZAH, UMI MIFTAKHIATUL (2015) Upaya Meningkatkan Konsentrasi Belajar Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Melalui Layanan Penguasaan Konten Dengan Teknik Relaksasi. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (4Mb)
    [img] PDF (Bab 1 ) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (90Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (287Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (269Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (550Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (132Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (32Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (26Kb)

                  Abstrak

                  Berdasarkan observasi dan wawancara dengan guru mata pelajaran bahasa Indonesia di SMP 2 Bae Kudus bahwa siswa kurang berkosentrasi pada mata pelajaran bahasa Indonesia, hal itu ditunjukkan dengan berbagai indikator yang terjadi. Adapun indikator masalahnya, masih banyak ditemukan dikalangan siswa yang gaduh ketika guru menerangkan pelajaran bahasa indonesia, siswa tidak memperhatikan ketika guru memberikan materi bahasa Indonesia, tidak merespon dan memahami materi yang disampaikan guru bahasa Indonesia, siswa tidak bisa menjawab pertanyaan yang diberikan oleh guru, dan siswa lebih asyik sendiri ketika guru menyampaikan materi pelajaran bahasa Indonesia, seperti ngobrol dengan teman sebangku. Rumusan masalah; 1. Bagaimana Penerapan Layanan Penguasaan Konten dengan Teknik Relaksasi dapat Meningkatkan Konsentrasi Belajar Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa SMP 2 Bae Kudus Kelas VIIIG Tahun Pelajaran 2013/2014. 2. Bagaimana aktivitas siswa sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan konsentrasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia? 3. Bagaimana aktivitas peneliti sebelum dan sesudah pelaksanaan layanan penguasaan konten untuk meningkatkan konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia? Tujuan Penelitian; 1. Mendeskripsikan konsentrasi belajar mata pelajaran Bahasa Indonesia sesudah diberikan layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi pada siswa kelas VIIIG SMP 2 Bae Kudus tahun ajaran 2013/2014. 2. Menemukan seberapa besar peningkatan konsentrasi belajar pada mata pelajaran Bahasa Indonesia melalui layanan penguasaan konten dengan teknik relaksasi pada siswa kelas VIIIG SMP 2 Bae Kudus tahun ajaran 2013/2014. 3. Menemukan seberapa besar peran peneliti dalam meningkatkan konsentrasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia melalui layanan penguasaan konten dengan teknik relaskasi pada siswa kelas VIIIG SMP 2 Bae Kudus tahun pelajaran 2013/2014. Konsentrasi belajar pada mata pelajaran bahasa indonesia adalah suatu aktivitas untuk memusatkan suatu pikiran terhadap mata pelajaran bahasa indonesia. Konsentrasi dibutuhkan ketika belajar agar siswa SMP 2 Bae memahami materi yang disampaikan guru pembimbing. Belajar bukan hanya membaca, menghafal, dan menulis saja tapi belajar juga membutuhkan konsetrasi agar siswa SMP 2 Bae paham tentang materi yang diberikan oleh guru pembimbing. Layanan penguasaan konten adalah layanan bantuan oleh individu (sendiri-sendiri ataupun dalam kelompok) untuk menguasai kemampuan atau kompetensi tertentu melalui kegiatan pembelajaran. Hipotesis tindakan dalam penelitian ini sebagai berikut: “Layanan penguasaan Konten dengan Teknik Relaksasi dapat Meningkatkan Kosentrasi Belajar pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia pada Siswa Kelas VIIIG SMP 2 Bae Kudus Tahun Ajaran 2013/2014” Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah, PTBK melalui prosedur tindakan kelas (Classroom Action Research). Penelitian ini dilaksanakan dalam dua tahap (2 siklus). Siswa yang menjadi subjek penelitian ini adalah siswa kelas IIIG SMP 2 Bae Kudus Tahun Ajaran 2014/2015 yang mengalami masalah konsentrasi belajar. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Konsentrasi belajar pada mata pelajaran bahasa Indonesia pada saat pra siklus dengan jumlah rata-rata 15,13 point, kemudian pada pelaksanaan siklus I terjadi peningkatan menjadi 29,57, dan pada pelaksanaan siklus II meningkat menjadi 45,23 point. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Konselor sekolah: memaksimalkan layanan bimbingan dan konseling di sekolah, terutama layanan penguaan konten. Agar pelayanan bimbingan dan konseling dapat membantu siswa dalam mengembangkan kemandiriannya dan konsentrasi dalam belajar terutama dalam pelajaran bahasa Indonesia. 2. Guru bahasa Indonesia: sebaiknya bisa menggunakan hasil penemuan peneliti tentang konsentrasi belajar siswa pada mata pelajaran bahasa Indonesia sehingga guru mata pelajaran lebih memperhatikan dan mengenali permasalahan-permasalahan siswa secara lebih mendalam. 3. Siswa: diharapkan menyadari manfaat yang didapat dalam belajar bahasa Indonesia yaitu seperti fungsi bahasa Indonesia sebagai alat komunikasi,yang akan menentukan untuk memiliki pengetahuan dan keterampilan berbahasa serta akan memudahkan untuk berkomunikasi dengan orang-orang disekitar, dan akan membantu perkembangan siswa dalam berhubungan dan beradaptasi dengan lingkungan sosialnya. 4. Peneliti Berikutnya: dapat menggunakan hasil penelitian ini sebagai dasar dalam mengembangkan penelitian yang selanjutnya dengan memperluas aspek kajian penelitian dan mempergunakan hasil penelitian sebagai tambahan pengetahuan serta referensi terutama yang berkaitan dengan konsentrasi belajar siswa melalui layanan penguasaan konten.

                  Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                  Additional Information: Pembimbing :Dra. Sumarwiyah, M.Pd., Kons
                  Uncontrolled Keywords: Konsentrasi Belajar, Layanan Penguasaan Konten, Teknik Relaksasi.
                  Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                  Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                  Depositing User: pustakawan umk
                  Tanggal Deposit: 16 Mar 2015 12:44
                  Last Modified: 16 Mar 2015 12:44
                  URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4297

                  Actions (login required)

                  View Item