Optimalisasi Bakat Siswa Melalui Pendekatan Konseling Trait And Factor Pada Siswa Kelas X Ma Miftahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun 2014/2015

PUTRA, JEFRI SATYA (2015) Optimalisasi Bakat Siswa Melalui Pendekatan Konseling Trait And Factor Pada Siswa Kelas X Ma Miftahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun 2014/2015. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Hal._Judul.pdf - Accepted Version

Download (689kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (522kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (523kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (511kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version

Download (61kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (4MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan wawancara antara peneliti dengan guru BK, guru kelas, teman konseli dan konseli serta didukung dari data observasi dan dokumentasi pada hari minggu, tanggal 27 april 2014, maka diketahui bahwa bakat yang dimiliki AN, NR, dan SN belum mampu mengoptimalkan bakatnya dengan baik. Agar bakat yang ada dalam diri siswa dapat diwujudkan secara optimal maka perlu dilakukan layanan konseling individu menggunakan pendekatan Trait and Factor dengan teknik Advising Or Planning a Program Of Action kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah “Bagaimanakah Penerapan Pendekatan Trait and Factor dapat mengoptimalkan bakat dan faktor-faktor apa sajakah yang menyebabkan bakat siswa belum optimal pada siswa kelas X MA Miftahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015?”. Tujuan penelitian ini adalah untuk membantu mengoptimalkan bakat yang ada dalam diri siswa dan untuk menemukan faktor-faktor yang menyebabkan bakat siswa belum optimal pada siswa kelas X MA Miftahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. Adapun kegunaan penelitian ini adalah kegunaan teoritis: Hasil penelitian digunakan untuk memperluas dan memperdalam pengetahuan bagi para konselor, guru atau pihak yang terkait tentang peranan pendekatan Trait and Factor dalam mengatasi kesulitan dalam mengasah bakat siswa. Sedangkan kegunaan praktis: bagi kepala sekolah digunakan sebagai acuan dalam menentukan kebijakan dalam mengatasi kesulitan mengasah bakat siswa, bagi guru pembimbing yaitu sebagai acuan dalam pelaksanaan program bimbingan dan konseling yang efektif dalam mengasah bakat siswa, dan bagi siswa adalah agar siswa dapat mengasah bakatnya sesuai dengan kemampuan yang dimilikinya. Pendekatan Trait and Factor tepat digunakan dalam layanan pengembangan anak berbakat. Karena dalam pendekatan ini tugas konseling ialah membantu individu dalam memperoleh kemajuan memahami dan mengelola diri dengan cara membantunya menilai kekuatan dan kelemahan diri dalam kegiatan dengan perubahan kemajuan tujuan-tujuan hidup dan karir. Penelitian ini termasuk penelitian studi kasus dengan jenis pendekatan deskriptif kualitatif, yaitu penelitian yang dilakukan secara terperinci dan mendalam terhadap suatu gejala tertentu, sehingga tingkat kemajuan tingkah laku individu dapat dipahami melalui fase-fase terhadap semua siswa kelas X MA Miftahul Huda Tahun Pelajaran 2014/2015. Subjek penelitian ini adalah 3 (tiga) siswa kelas X yaitu AN, NR, dan SN yang tercatat sebagai siswa yang belum mampu mengoptimalkan bakatnya. Teknik analisis data yang digunakan adalah : 1)Wawancara, 2) Observasi, 3) Dokumentasi. Hasil penelitian dari penerapan konseling individu melalui pendekatan Trait and Factor dengan teknik Advising Or Planning a Program Of Action pada konseli 1 (AN) menunjukkan adanya upaya pengoptimalan bakat menggambarnya yang awalnya hanya dilakukan sebagai hobi yang mengganggu prestasinya menjadi bakat yang dilakukannya dengan sungguh-sungguh yang digunakan sebagai bekal mengikuti lomba-lomba menggambar serta dapat menjadi pembimbing dalam bidang menggambar. Selain itu orang tua memberikan fasilitas berupa buku gambar dan alat tulis gambar untuk menunjang bakatnya. Hasil penelitian pada konseli 2 (NR) menunjukkan adanya upaya pengoptimalan bakat di bidang bulutangkisnya yang awalnya hanya dilakukan sebagai hobi menjadi bakat yang dilakukannya dengan sungguh-sungguh yang digunakan sebagai bekal mengikuti turnamen bulutangkis serta dapat menjadi pelatih bulutangkis. Selain itu orang tua memberikan fasilitas berupa raket dan kok untuk menunjang bakatnya. Hasil penelitian pada konseli 3 (SN) menunjukkan adanya upaya pengoptimalan bakat menggambarnya yang awalnya hanya dilakukan sebagai hobi menjadi bakat yang dilakukannya dengan sungguh-sungguh yang digunakan sebagai bekal mengikuti lomba-lomba menggambar serta dapat menjadi perancang busana. Selain itu orang tua memberikan dukungan serta fasilitas berupa buku gambar dan alat tulis gambar untuk menunjang bakatnya. Berdasarkan hasil pembahasan dan analisis di atas peneliti dapat menyimpulkan penerapan konseling individu melalui pendekatan Trait and Factor dapat mengoptimalisasi bakat pada siswa kelas X MA Miftahul Huda Raguklampitan Batealit Jepara Tahun Pelajaran 2014/2015. AN dapat mengoptimalkan bakat menggambarnya, NR dapat mengoptimalkan bakat bulutangkis, sedangkan SN dapat mengoptimalkan bakat menggambarnya. Saran dalam penelitian ini adalah bagi kepala sekolah yaitu agar kepala Sekolah lebih memberikan ruang terhadap pengembangan bakat siswa serta mengupayakan fasilitas sekolah dalam menunjang bakat siswa, bagi guru pembimbing yaitu agar guru pembimbing dapat menindaklanjuti apa yang sudah dilakukan oleh peneliti secara terprogram dengan lebih baik dan bisa menerapkan layanan konseling individu melalui pendekatan Trait and Factor untuk mengoptimalkan bakat yang dimiliki siswa, serta bagi siswa yaitu agar siswa sadar akan bakat yang dimilikinya sehingga dapat dioptimalkan dengan baik agar dapat bermanfaat untuk masa depannya kelak.  

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
Kata Kunci: Konseling Trait and Factor, Optimalisasi Bakat.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 16 Mar 2015 06:37
Last Modified: 16 Mar 2015 06:37
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4301

Actions (login required)

View Item View Item