UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI KELOMPOK A TK PERTIWI 07.1 KUDUS

FARIDA, YENI (2015) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA PERMULAAN MENGGUNAKAN MEDIA CERITA BERGAMBAR MELALUI LAYANAN PENGUASAAN KONTEN DI KELOMPOK A TK PERTIWI 07.1 KUDUS. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal pustaka]
Preview
PDF (Hal pustaka)
Halaman_Depan.pdf - Accepted Version

Download (749kB)
[thumbnail of Hal Pustaka]
Preview
PDF (Hal Pustaka)
Daftar_Pustak.pdf - Accepted Version

Download (110kB)
[thumbnail of BAB 1] PDF (BAB 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (184kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 2] PDF (BAB 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (312kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 3] PDF (BAB 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (672kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 4] PDF (BAB 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of BABA 5] PDF (BABA 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (186kB) | Request a copy
[thumbnail of BAB 6] PDF (BAB 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (160kB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Cerita Bergambar Peneliitian ini dilatarbelakangi dari hasil observasi dan wawancara yang dilakukan oleh peneliti terhadap kolaborator/gruru kelas A dan kepala sekolah TK Pertiwi 07.1 Kudus pada tanggal 28 Mei 2014. Dari hasil observasi dan wawancara telah diketahui bahwa masih ada beberapa anak dari kelas A TK Pertiwi 07.1 Kudus masih memiliki kemampuan membaca permulaan yang rendah, seperti anak kurang suka mewarnai, anak kurang menyukai membaca cerita, anak kurang bisa mandiri dalam membaca, dan kurangnya semangat anak dalam pembelajaran membaca permulaan. Permasalahan yang akan diteliti: Bagaimanakah layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK Pertiwi 07.1 Kudus tahun ajaran 2013/2014?. Tujuan penelitian ini adalah “untuk menemukan peningkatan kemampuan membaca permulaaan melalui layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar pada anak kelompok A TK Pertiwi 07.1 Kudus TA. 2013/2014”. Teori yang digunakan dalam penelitian ini meliputi teori kemampuan membaca permulaan teori layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar. Kemampuan membaca permulan adalah membaca yang diajarkan secara terprogram kepada anak prasekolah. Program ini menumpukan perhatian pada perkataan- perkataan utuh, bermakna dalam konteks pribadi anak- anak dan bahan- bahan yang di berikan melalui permainan dan kegiatan yang menarik sebagai perantara pembelajaran. Penguasaan konten dengan media cerita bergambar adalah layanan yang terdapat di dalam bimbingan dan konseling yang diberikan peserta didik dalam mengembangkan diri berkenaan dengan membaca permulaan pada usia dini dengan baik, dengan memberi konten tertentu dan memperagakan sesuatu dalam bentuk tiruan yang mirip dengan keadaan yang sesungguhnya. Hipotesis dalam penelitian ini adalah “layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan pada siswa kelompok A TK Pertiwi 07.1 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014’’ Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan bimbingan dan konseling ( PTBK) dengan dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II), setiap siklus 3 kali pertemuan. Subyek penelitian adalah siswa kelompok A TK Pertiwi 07.1 Kudus sebanyak 25 siswa. Variable penelitian : variable X (layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar), variable Y (kemampuan membaca permulaan). Metode pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dengan 25 subjek pada 10 aspek kemampuan membaca permulaan, memperlihatkan hasil sebelum observasi dengan skor rata- rata 22,2 (kurang), setelah di beri layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar 25 siswa siklus I meningkat dengan skor rata- rata 26,56 (Cukup), dan siklus II mengalami peningkatan dengan skor rata- rata 34,8 (Baik). Berdasarkan analisis data disimpulkan bahwa layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar dapat meningkatkan kemampuan membaca permulaan anak kelompok A TK Pertiwi 07.1 Kudus. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena telah teruji dalam indicator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Bagi Guru pembimbing/kolaborator : Kolaborator selaku guru kelompok A hendaknya lebih mampu membuat program layanan penguasaan konten sebagai upaya meningkatkan kemampuan lain selain kemampuan membaca permulaan, 2. Bagi Siswa: Anak hendaknya lebih aktif dan antusias dalam pelaksanan layanan penguasaan konten dengan media cerita bergambar, 3. Bagi Peneliti Selanjutnya: peneliti mampu mengembangkan aspek-aspek yang menjadi indikator keberhasilan dalam pelaksanaan penelitian dan mengembangkan tahapan layanan penguasaan konten secara kreatif dan inovatif.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing:sumarwiyah,M.pd,Kons
Kata Kunci: Kemampuan Membaca Permulaan, Layanan Penguasan Konten, Cerita Bergambar
Subjects: Hukum > Hukum (umum). Hukum secara umum. Yurisprudensi > Pendidikan
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 16 Mar 2015 07:26
Last Modified: 16 Mar 2015 07:26
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4303

Actions (login required)

View Item View Item