Upaya Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Dalam Bergaul Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Monitoring Pada Siswa Kelas Viii C Mts N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014

NELASARI, EVA (2015) Upaya Meningkatkan Kontrol Diri Siswa Dalam Bergaul Melalui Layanan Bimbingan Kelompok Dengan Teknik Self Monitoring Pada Siswa Kelas Viii C Mts N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
01_COVER_SKRIPSI.pdf - Accepted Version

Download (359kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
02_BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (196kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
03_BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (260kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
04_BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (728kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
05_BAB_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
06_BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (188kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
07_BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (88kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
08_DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (120kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
09_LAMPIRAN.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Berdasarkan hasil wawancara penelitian pada pada tanggal 07-19 Juli 2014 pukul 09.00 bertempat di ruang BK, permasalahan yang sering terjadi disini adalah salah satunya adalah bolos sekolah. Sikap ini dilatar belakangi oleh sosialisasi mereka yang tidak harmonis dengan teman sebayanya. Dengan alasan tersebut, mereka enggan untuk masuk sekolah. Fenomena ini menunjukkan bahwa siswa yang kurang bergaul memiliki kontrol diri yang rendah. Dengan kondisi siswa tersebut, maka peneliti akan memberikan Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring pada Siswa Kelas VIII C MTs Negeri 1 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014 sehingga siswa dapat mengaplikasikan dan menguasai materi yang sudah diberikan. Adapun rumusan masalahnya “Bagaimanakah bimbingan kelompok dengan teknik Self Monitoring dapat meningkatkan kontrol diri yang kurang dalam Bergaul siswa kelas VIII C MTs Negeri 1 Kudus Tahun Ajaran 2013/2014?”. Tujuan penelitian ini 1. Mendeskripsikan tingkat kontrol diri dalam bergaul sebelum dan sesudah dilakukan bimbingan kelompok dengan teknik self monitoring pada siswa kelas VIII C MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014, 2. Diperoleh peningkatan siswa dalam bimbingan kelompok dengan teknik self monitoring untuk meningkatkan kontrol diri yang kurang dalam bergaul pada siswa kelas VIII C MTs N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan peningkatan Kontrol Diri siswa dalam Bergaul melalui bimbingan kelompok dengan teknik Self Monitoring. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan Kontrol Diri siswa dalam Bergaul yaitu: bergaul yang baik dan selektif dengan teman sebaya, toleransi dengan dengan teman sebaya, penyesuaian dengan teman sebaya, pola hubungan dengan teman sebaya, menjaga emosi tetap stabil, dan memperluas dan mengembangkan pergaulan yang sehat. Bimbingan kelompok adalah memanfaatkan dinamika untuk mencapai tujuan-tujuan bimbingan dan konseling, bimbingan kelompok lebih menekankan suatu upaya bimbingan kepada individu melalui kelompok. Self monitoring merupakan konsep yang berhubungan dengan konsep pengaturan pesan atau konsep pengaturan diri. Berdasarkan kajian pustaka di atas, hipotesis tindakan yang dirumuskan peneliti adalah diduga “Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring diduga Efektif Meningkatkan Kontrol Diri dalam Bergaul Siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014”. Penelitian ini di desain dengan menggunakan penelitian PTBK kualitatif dengan jumlah subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa Kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014, sebanyak subjek 10 siswa. Sedangkan Variabel penelitian dalam penelitian ini mencakup 2 variabel, yaitu Variabel bebas dalam penilaian ini adalah Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring. Variabel terikat dalam penilaian ini adalah pemahaman Kontrol Diri dalam Bergaul. Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data deskriptif kualitatif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemuan. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru BK dan observasi dilakukan secara langsung bersama guru BK. Hasil penelitian Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014, dalam menerapkan Kontrol Diri dalam Bergaul mengalami peningkatan. Hal ini terbukti dengan hasil yang diperoleh dari setiap observasi yang dilakukan sebelum observasi dan pada observasi siklus I dan siklus II. Dari hasil pra siklus mendapatkan hasil rata-rata 15,1 (Kurang) pada Siklus I pertemuan 1-3 mendapat hasil rata-rata 24,06 (Kurang). Sedangkan pada Siklus II pertemuan 1-3 mendapatkan hasil rata-rata 35,6 (Baik). Dari Siklus I ke Siklus II terjadi peningkatan sebesar 11,54%. Hal ini dapat disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring dapat meningkatkan Kontrol Diri dalam Bergaul pada siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Berdasarkan hasil pembahasan disimpulkan bahwa Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring dapat meningkatkan Kontrol Diri dalam Bergaul siswa kelas VIII MTs Negeri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Dengan demikian hipotesis yang diajukan dapat diterima karena sesuai dengan indikator keberhasilan. Melihat temuan dilapangan, peneliti memberikan saran kepada: 1. Kepala Sekolah, 2. Bagi Guru BK, 3. Bagi Siswa, 4. Bagi Peneliti Berikutnya.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Drs. Sucipto, M.Pd. Kons
Kata Kunci: Kontrol Diri siswa dalam Bergaul, Layanan Bimbingan Kelompok dengan Teknik Self Monitoring
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 24 Mar 2015 07:43
Last Modified: 24 Mar 2015 07:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4338

Actions (login required)

View Item View Item