Upaya Meningkatkan Sikap Empati Terhadap Permasalahan Orang Lain Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas Xi Ak 2 Smk N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

ABDUSSHOMAD, TEGUH (2015) Upaya Meningkatkan Sikap Empati Terhadap Permasalahan Orang Lain Melalui Layanan Konseling Kelompok Dengan Teknik Psikodrama Pada Siswa Kelas Xi Ak 2 Smk N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (695Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (238Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (415Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (567Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (845Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (367Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (172Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (172Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (2575Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berdasarkan hasil observasi yang dilakukan peneliti kepada siswa kelas XI AK 2 SMK N 1 Kuduspada tanggal 4 Oktober 2014, menemukan bahwa siswa masih rendah dalam berempati terhadap permasalahan orang lain, minimnya sikap saling menghargai antar siswa, kurangnya rasa solidaritas dalam berteman dan tingginya rasa egois antar siswa. Hal ini dapat dilihat dari masih rendah dalam berempati, minimnya sikap saling menghargai, kurangnya rasa solidaritas dalam berteman masih tingginya rasa egois antar siswa. Penelitian ini mengkaji teori-teori yang berhubungan dengan peningkatan Sikap Empati Terhadap Permasalahan Orang Lain melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama. Kajian teori dalam penelitian ini hipotesis penelitian ini berbunyi : layanan konseling kelompok dengan teknik psikodrama dapat meningkatkan sikap empati terhadap permasalahan orang lain pada siswa kelas XI AK 2 SMK N 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini didesain dengan menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling PTK BK dengan jumlah subjek 8 siswa yang kurang memiliki sikap empati terhadap permasalahan orang lain, seperti rendahnya sikap empati terhadap permasalahan orang lain. Penelitian ini dilaksanakan di SMK N 1 Kudus kelas XI AK 2 Tahun Pelajaran 2014/2015 yang tepatnya di Jl. Ganesha II Purwosari Kudus.Adapun waktu rencana penelitian dimulai pada bulan Oktober sampai Desember 2014.Dengan dilakukan beberapa metode pengumpul data meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Berdasarkan penelitian yang dilakukan peneliti selama 2 siklus yang dipaparkan di atas, maka sikap empati terhadap permasalahan orang lainmengalami peningkatan. Skor indikator sikap empati terhadap permasalahan orang lainpada pra siklus memperoleh 36%, pada siklus I memperoleh 52% dan pada siklus II memperoleh 73%. Untuk hasil aktivitas kolabolator terhadap peneliti pada siklus I memperoleh 51% dan siklus II memperoleh 80%.Sedangkan hasil, aktivitas peneliti terhadap siswa dalam melaksanakan konseling kelompok dengan teknik psikodrama pada siklus I memperoleh 51% dan siklus memperoleh II 80%. Berdasarkan hasil pelaksanaan penelitian pra siklus, siklus I, dan siklus II dapat disimpulkan bahwa pelaksanaan layanan konseling kelompok dengan teknik psikodramadapat meningkatkansikap empati terhadap permasalahan orang lainpadasiswa Kelas XI AK 2 SMK N 1 Kudus Tahun Ajaran 2014/2015. Berdasarkanhasilanalisisdata, dapatditarikkesimpulanbahwalayanankonselingkelompokdenganteknikpsikodramadapatmeningkatkansikapempatiterhadappermasalahan orang lainpadasiswakelas XI AK 2 SMK N 1 Kudus tahunajaran 2014/2015. Initerbuktidenganhasil yang diperolehdarihasil observasi oleh kolabolator terhadap peneliti dalam melaksanakan layanan konseling kelompok, hasil observasi peneliti terhadap aktivitas siswa saat mengikuti layanan konseling kelompok, dan indikator peningkatan sikapempatiterhadappermasalahan orang laindari prasiklus ke siklus I dansiklus II.Saran yang diberikan kepada 1) Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, 3) Bagi Siswa, 4) Bagi Orang Tua, dan 5) Bagi Peneliti Berikutnya. Diharapkan mampu untuk mengembangkan dan menerapkan Sikap Empati Terhadap Permasalahan Orang Lain melalui Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Drs. H. Sucipto, M.Pd., Kons
                    Uncontrolled Keywords: Sikap Empati Terhadap Permasalahan Orang Lain, Layanan Konseling Kelompok dengan Teknik Psikodrama
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 24 Mar 2015 15:58
                    Last Modified: 24 Mar 2015 15:58
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4344

                    Actions (login required)

                    View Item