PAMBUDI, AGUS KHRISNA (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalahsiswakelas Iv Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidupmuatan Matematika Dan Ips Melalui Problem Based Learning. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version Download (535kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (232kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (596kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (483kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (807kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (126kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustka.pdf - Accepted Version Download (279kB) |
PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (3MB) | Request a copy |
Abstrak
Salah satupermasalahan di kelas IV SD 3 Mejobo Kudus adalahrendahnyakemampuanpemecahanmasalahsiswa. Rendahnyakemampuanpemecahanmasalahsiswadikarenakanpembelajarandengancaraceramah, hafalandandrillsoal. Proses pembelajarantidakmemberikesempatansiswauntukberpartisipasiaktifdalampembelajaran. Siswadituntutuntukdapatmemecahkanmasalah, tetapitidakpernahdiajarkanlangkah-langkahdanstrategipemecahanmasalahmasalah. Berdasarkanmasalahtersebutmakaperluadanyaperbaikandenganmenerapkan model pembelajaransesuaikarakterpermasalahan, yakniProblem Based Learning. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankemampuanpemecahanmasalahsiswakelas IV SD 3 Mejobopadatemapeduliterhadapmakhlukhidupmuatanmatematikadan IPS melaluiProblem Based Learning. Kemampuanpemecahanmasalahmerujukpadakemampuansiswamenyelesaikansituasidimanamateri yang adatidakdapatdigunakanuntukmemecahkansecaralangsung. Kemampuanpemecahanmasalahsiswadifokuskanpadamuatanmatematikadan IPS dalamtema 3 kelas IV semester 1 yaknitemapeduliterhadapmakhlukhidup. Pembelajarandengan model Problem Based Learningterdiriatas lima langkah yang meliputi: 1) Orientasisiswapadamasalah; 2) Mengorganisasikansiswauntukbelajar; 3) Membimbingpenyelidikan individual dankelompok; 4) Mengembangkandanmenyajikanhasilkerjakelompok; dan 5) Menganalisisdanmengevaluasi proses pemecahanmasalahsiswa. Subjekpenelitianberjumlah 22 siswa yang terdiriatas 12 laki-lakidan 10 perempuan. PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilakukanselama 2 siklus. Setiapsiklusdilakukanselama 2 kali pertemuan. Prosedurpenelitiansetiapsiklusdilakukanmelaluiempattahapyaituperencaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Teknikpengumpulan data dilakukandenganmetode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi.Data kemampuanpemecahanmasalahsiswadiperolehdaritesevaluasi. Sedangkansikapsiswa, ketrampilansiswa, danperformansi guru diukurberdasarkanpedomanobservasi. Kemampuanpemecahanmasalahsiswameningkatdari rata-rata 3,0denganketuntasanklasikal 72,73% padasiklus I menjadi rata-rata 3,2 denganketuntasanklasikal 86,36% padasiklus II. Sikapsiswameningkatdaridariprosentase 81,82% padasiklus I menjadi 90,91% dengankriteriasangatbaik (SB) padasiklus II. Ketrampilansiswameningkatdariprosentase 63,64% padasiklus I menjadi 86,36% dengankriteriasangatbaik (SB) padasiklus II. Performansi guru meningkatdariprosentase 85% padasiklus I menjadi 93,33% dengankriteriasangatbaik (SB) padasiklus II. Berdasarkanhasiltersebut, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Problem Based Learningdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswakelas IV SD 3 mejobopadatemapeduliterhadapmakhlukhidupmuatanmatematikadan IPS. Penggunaan media yang konkret, penyediaansumberbelajar, penguatanlangkahdanstrategipemecahanmasalahpadasiswaserta scaffolding merupakanhal-hal yang sangatdisarankanuntukdiberiperhatian.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing :Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons |
Kata Kunci: | Problem Based Learning, KemampuanPemecahanMasalah |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 01:43 |
Last Modified: | 25 Mar 2015 01:43 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4347 |
Actions (login required)
View Item |