Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalahsiswakelas Iv Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidupmuatan Matematika Dan Ips Melalui Problem Based Learning

PAMBUDI, AGUS KHRISNA (2015) Peningkatan Kemampuan Pemecahan Masalahsiswakelas Iv Pada Tema Peduli Terhadap Makhluk Hidupmuatan Matematika Dan Ips Melalui Problem Based Learning. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (535kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_1.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (232kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_2.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (596kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_3.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (483kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
BAB_4.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (807kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_5.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (126kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_6.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (98kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustka.pdf - Accepted Version

Download (279kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (3MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Salah satupermasalahan di kelas IV SD 3 Mejobo Kudus adalahrendahnyakemampuanpemecahanmasalahsiswa. Rendahnyakemampuanpemecahanmasalahsiswadikarenakanpembelajarandengancaraceramah, hafalandandrillsoal. Proses pembelajarantidakmemberikesempatansiswauntukberpartisipasiaktifdalampembelajaran. Siswadituntutuntukdapatmemecahkanmasalah, tetapitidakpernahdiajarkanlangkah-langkahdanstrategipemecahanmasalahmasalah. Berdasarkanmasalahtersebutmakaperluadanyaperbaikandenganmenerapkan model pembelajaransesuaikarakterpermasalahan, yakniProblem Based Learning. Penelitianinibertujuanuntukmengetahuipeningkatankemampuanpemecahanmasalahsiswakelas IV SD 3 Mejobopadatemapeduliterhadapmakhlukhidupmuatanmatematikadan IPS melaluiProblem Based Learning. Kemampuanpemecahanmasalahmerujukpadakemampuansiswamenyelesaikansituasidimanamateri yang adatidakdapatdigunakanuntukmemecahkansecaralangsung. Kemampuanpemecahanmasalahsiswadifokuskanpadamuatanmatematikadan IPS dalamtema 3 kelas IV semester 1 yaknitemapeduliterhadapmakhlukhidup. Pembelajarandengan model Problem Based Learningterdiriatas lima langkah yang meliputi: 1) Orientasisiswapadamasalah; 2) Mengorganisasikansiswauntukbelajar; 3) Membimbingpenyelidikan individual dankelompok; 4) Mengembangkandanmenyajikanhasilkerjakelompok; dan 5) Menganalisisdanmengevaluasi proses pemecahanmasalahsiswa. Subjekpenelitianberjumlah 22 siswa yang terdiriatas 12 laki-lakidan 10 perempuan. PenelitianinimenggunakanmetodePenelitianTindakanKelas (PTK) yang dilakukanselama 2 siklus. Setiapsiklusdilakukanselama 2 kali pertemuan. Prosedurpenelitiansetiapsiklusdilakukanmelaluiempattahapyaituperencaan, pelaksanaan, observasi, danrefleksi.Teknikpengumpulan data dilakukandenganmetode observasi, metode tes, metode wawancara, dan metode dokumentasi.Data kemampuanpemecahanmasalahsiswadiperolehdaritesevaluasi. Sedangkansikapsiswa, ketrampilansiswa, danperformansi guru diukurberdasarkanpedomanobservasi. Kemampuanpemecahanmasalahsiswameningkatdari rata-rata 3,0denganketuntasanklasikal 72,73% padasiklus I menjadi rata-rata 3,2 denganketuntasanklasikal 86,36% padasiklus II. Sikapsiswameningkatdaridariprosentase 81,82% padasiklus I menjadi 90,91% dengankriteriasangatbaik (SB) padasiklus II. Ketrampilansiswameningkatdariprosentase 63,64% padasiklus I menjadi 86,36% dengankriteriasangatbaik (SB) padasiklus II. Performansi guru meningkatdariprosentase 85% padasiklus I menjadi 93,33% dengankriteriasangatbaik (SB) padasiklus II. Berdasarkanhasiltersebut, dapatdisimpulkanbahwapenerapan model Problem Based Learningdapatmeningkatkankemampuanpemecahanmasalahsiswakelas IV SD 3 mejobopadatemapeduliterhadapmakhlukhidupmuatanmatematikadan IPS. Penggunaan media yang konkret, penyediaansumberbelajar, penguatanlangkahdanstrategipemecahanmasalahpadasiswaserta scaffolding merupakanhal-hal yang sangatdisarankanuntukdiberiperhatian.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dra. Sumarwiyah, M.Pd. Kons
Kata Kunci: Problem Based Learning, KemampuanPemecahanMasalah
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Mar 2015 01:43
Last Modified: 25 Mar 2015 01:43
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4347

Actions (login required)

View Item View Item