Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Materi Masalah Sosial Sd 2 Adiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014

MUBAROK, KAHFI (2015) Penerapan Model Problem Solving Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Kelas Iv Materi Masalah Sosial Sd 2 Adiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus Tahun Pelajaran 2013/2014. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.

[thumbnail of Hal. Judul]
Preview
PDF (Hal. Judul)
Halaman_Judul.pdf - Accepted Version

Download (814kB)
[thumbnail of Bab 1] PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (133kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 2] PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (215kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 3] PDF (Bab 3)
BAB_III.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (493kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 4] PDF (Bab 4)
bab_IV.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (1MB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 5] PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (107kB) | Request a copy
[thumbnail of Bab 6] PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (76kB) | Request a copy
[thumbnail of Daftar Pustaka]
Preview
PDF (Daftar Pustaka)
DAFTAR_PUSTAKA.pdf - Accepted Version

Download (105kB)
[thumbnail of Lampiran] PDF (Lampiran)
Lampiran.pdf - Accepted Version
Restricted to Registered users only

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini dilatarbelakangi hasil belajar IPS di kelas IV SD 2 Adiwarno masih rendah. Hal ini dikarenakan pembelajaran yang dilakukan guru lebih dominan menggunakan metode ceramah. Hal ini menyebabkan perlu adanya perbaikan dalam pembelajaran sehingga hasil belajar dapat meningkat lebih baik. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana penerapan model Problem Solving dapat meningkatkan aktivitas peserta didik pada pembelajaran IPS materi masalah sosial pada peserta didik kelas IV SD 2 Adiwarno?, bagaimana penerapan model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS materi masalah sosial kelas IV SD 2 Adiwarno? dan bagaimana penerapan Problem Solvingdapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran IPS kelas IV SD 2 Adiwarno Kudus? Tujuan Penelitian tindakan kelas ini adalah mendeskripsikan peningkatan aktivitas peserta didik dengan diterapkannya Problem Solving, menemukan peningkatan hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPS materi masalah sosial setelah diterapkannya Problem Solving, mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dengan diterapkannya model pembelajaran Problem Solving. Problem Solving adalah suatu dasar teori strategi pembelajaran yang menggunakan metode atau cara penyajian dalam kegiatan pembelajaran yang paling kompleks dengan menggunakan aturan-aturan secara ilmiah dalam menghadapkan peserta didik pada masalah untuk melatih peserta didik memecahkan masalah baik secara individu maupun berkelompok disertai proses analisis dan penyimpulan. Masalah sosial adalah suatu kondisi kesulitan yang tidak diinginkan yang bersumber dari masyarakat itu sendiri akibat dari interaksi sosial antara individu, individu dengan kelompok, atau antar kelompok yang tidak seimbang antara unsur nilai-nilai dan norma-norma sosial dalam masyarakat yang merugikan dan menghambat anggota masyarakat dalam mencapai tujuannya. Sementara itu, orang masih percaya bahwa masalah itu dapat dipecahkan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan di SD 2 Adiwarno Kecamatan Mejobo Kabupaten Kudus, khususnya pada kelas IV tahun pelajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan model siklus. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus. Setiap siklus terdiri dari 2 kali pertemuan. Desain penelitian mengacu rancangan dari Kemmis dan Mc Taggart yang terdiri dari empat langkah/tahapan yaitu: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan tindakan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data menggunkan data kuantitatif dan kualitatif. Uji validitas instrumen menggunakan validitas empiris dengan reliabilitas ganjil genap. Hasil penelitian sebelum melakukan tindakan memperoleh ketuntasan klasikal sebesar 12,5% dengan rata-rata kelas 59,43 meningkat menjadi 68,125 pada siklus I. Pada siklus II meningkat menjadi 73,1. Aktivitas peserta didik aspek afektif pada siklus I mencapai rata-rata 73,35% dengan kualifikasi tinggi dan meningkat pada siklus II yang mencapai rata-rata 77,6% dengan kualifikasi tinggi. Sementara aktivitas peserta didik pada aspek psikomotorik pada siklus I 74,3% dengan kualifikasi tinggi dan meningkat pada siklus II dengan rata-rata 77,45% dengan kualifikasi tinggi. Simpulan pada penelitian ini adalah penerapan model problem solving dapat meningkatkan hasil belajar IPS kelas IV materi masalah sosial di SD 2 Adiwarno Kudus. Saran dalam penelitian ini diharapkan para peserta didik dapat fokus dan aktif dalam kegiatan pembelajaran, guru dapat menggunakan model alternatif dan melibatkan peserta didik dalam pembelajaran dan peneliti dapat mengkaji lebih mendalam model problem solving dan model-model pembelajaran yang lain.

Item Type: Skripsi/ Thesis (Update Test)
Dosen Pembimbing: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Kata Kunci: Problem Solving, Hasil Belajar IPS, Masalah Sosial
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Program Studi: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Date Deposited: 25 Mar 2015 02:22
Last Modified: 25 Mar 2015 02:22
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4350

Actions (login required)

View Item View Item