ARIFIN , ZAINAL (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sdn Tamansari 02 Pati. Update Test thesis, Universitas Muria Kudus.
Preview |
PDF (Hal. Judul)
HALAMAN_JUDUL.pdf - Accepted Version Download (317kB) |
PDF (Bab 1)
BAB_I.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (167kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 2)
BAB_II.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (225kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 3 )
BAB_III.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (228kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 4)
BAB_IV.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (335kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 5)
BAB_V.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (120kB) | Request a copy |
|
PDF (Bab 6)
BAB_VI.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (98kB) | Request a copy |
|
Preview |
PDF (Daftar Pustaka)
Daftar_Pustaka.pdf - Accepted Version Download (73kB) |
PDF (Lampiran)
LAMPIRAN.pdf - Accepted Version Restricted to Registered users only Download (11MB) | Request a copy |
Abstrak
Salah satu permasalahan yang di alami oleh siswa kelas IV SD Tamansari 02 dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar yang ditunjukkan adanya 76,19% siswa belum tuntas. Dari permasalahantersebutmakadiadakantindakandenganmenggunakan model pembelajaranPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahui apakah model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V materi bilangan bulat di SD N Tamansari 02 Pati. Model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawmerupakanmodel kelompok dengan langkah-langkah kegiatan orientasi (menyampaikan tujuan), pengelompokan, pembentukan kelompok ahli, diskusi, tes (penilaian), memberikan penghargaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yangterdiridari 2siklus dan 4 tahapan yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. SubyekpenelitianiniyaitusiswakelasV pada SD N Tamansari 02KecamatanTlogowungu Kabupaten Patitahun 2013/2014denganjumlahsiswasebanyak 21siswaterdiridari 10 laki-lakidan 11perempuan.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianadalah: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi, dan (5) instrumen tes.Analisis data yang digunakandalampenelitianada 2 yaitu: 1) analisis data kuantitatifdan, 2) analisis data kualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran matematika melaluimodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdapatmeningkatkan hasil belajar, ketrampilan guru, dan aktivitassiswa. Siklus I rata-rata hasil belajar 72,00 dengan ketuntasan klasikal 76,19% sedangkan siklus II rata-rata 80,00 dengan ketuntasan klasikal 86%, ketrampilan guru siklus I rata-rata 64,5% dengan kualifikasicukup baik, sedangkan siklus II 82,5% dengankualifikasibaik. Sedangkan rata-rata aktivitasbelajar siswasiklus I memperoleh78% dengankualifikasibaik, kemudian dilanjutkan ke siklus II 85% dengankualifikasibaik. Simpulandalampenelitianiniadalahpembelajaranmatematikamelalui model pembelajaranPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Saran yang dapatdisampaikanadalahPembelajarandengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawperludilaksanakandalampembelajaranmatematika di kelas, karena model pembelajarantersebutdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Guru harusbisamemotivasisiswa agar lebihaktifdalampembelajarandenganmelakukanbimbingansecaraintensif.
Item Type: | Skripsi/ Thesis (Update Test) |
---|---|
Dosen Pembimbing: | Pembimbing :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd. |
Kata Kunci: | Hasilbelajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Bilangan Bulat. |
Subjects: | Pendidikan > Pendidikan (Umum) |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | pustakawan umk |
Date Deposited: | 25 Mar 2015 02:56 |
Last Modified: | 25 Mar 2015 02:56 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4355 |
Actions (login required)
View Item |