Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sdn Tamansari 02 Pati

ARIFIN , ZAINAL (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sdn Tamansari 02 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (310Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (163Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (219Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3 ) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (223Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (328Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (117Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (96Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (71Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (11Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Salah satu permasalahan yang di alami oleh siswa kelas IV SD Tamansari 02 dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar yang ditunjukkan adanya 76,19% siswa belum tuntas. Dari permasalahantersebutmakadiadakantindakandenganmenggunakan model pembelajaranPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahui apakah model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V materi bilangan bulat di SD N Tamansari 02 Pati. Model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawmerupakanmodel kelompok dengan langkah-langkah kegiatan orientasi (menyampaikan tujuan), pengelompokan, pembentukan kelompok ahli, diskusi, tes (penilaian), memberikan penghargaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yangterdiridari 2siklus dan 4 tahapan yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. SubyekpenelitianiniyaitusiswakelasV pada SD N Tamansari 02KecamatanTlogowungu Kabupaten Patitahun 2013/2014denganjumlahsiswasebanyak 21siswaterdiridari 10 laki-lakidan 11perempuan.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianadalah: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi, dan (5) instrumen tes.Analisis data yang digunakandalampenelitianada 2 yaitu: 1) analisis data kuantitatifdan, 2) analisis data kualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran matematika melaluimodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdapatmeningkatkan hasil belajar, ketrampilan guru, dan aktivitassiswa. Siklus I rata-rata hasil belajar 72,00 dengan ketuntasan klasikal 76,19% sedangkan siklus II rata-rata 80,00 dengan ketuntasan klasikal 86%, ketrampilan guru siklus I rata-rata 64,5% dengan kualifikasicukup baik, sedangkan siklus II 82,5% dengankualifikasibaik. Sedangkan rata-rata aktivitasbelajar siswasiklus I memperoleh78% dengankualifikasibaik, kemudian dilanjutkan ke siklus II 85% dengankualifikasibaik. Simpulandalampenelitianiniadalahpembelajaranmatematikamelalui model pembelajaranPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Saran yang dapatdisampaikanadalahPembelajarandengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawperludilaksanakandalampembelajaranmatematika di kelas, karena model pembelajarantersebutdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Guru harusbisamemotivasisiswa agar lebihaktifdalampembelajarandenganmelakukanbimbingansecaraintensif.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
                    Uncontrolled Keywords: Hasilbelajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Bilangan Bulat.
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 09:56
                    Last Modified: 25 Mar 2015 09:56
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4355

                    Actions (login required)

                    View Item