Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sdn Tamansari 02 Pati

ARIFIN , ZAINAL (2015) Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Bilangan Bulat Siswa Kelas V Sdn Tamansari 02 Pati. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (317kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (167kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (225kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3 ) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (228kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (335kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (120kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (98kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (73kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (11MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Salah satu permasalahan yang di alami oleh siswa kelas IV SD Tamansari 02 dalam pembelajaran matematika adalah rendahnya hasil belajar yang ditunjukkan adanya 76,19% siswa belum tuntas. Dari permasalahantersebutmakadiadakantindakandenganmenggunakan model pembelajaranPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw.Tujuanpenelitianiniadalahuntuk mengetahui apakah model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas V materi bilangan bulat di SD N Tamansari 02 Pati. Model pembelajaran Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawmerupakanmodel kelompok dengan langkah-langkah kegiatan orientasi (menyampaikan tujuan), pengelompokan, pembentukan kelompok ahli, diskusi, tes (penilaian), memberikan penghargaan. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas yangterdiridari 2siklus dan 4 tahapan yaituperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi. SubyekpenelitianiniyaitusiswakelasV pada SD N Tamansari 02KecamatanTlogowungu Kabupaten Patitahun 2013/2014denganjumlahsiswasebanyak 21siswaterdiridari 10 laki-lakidan 11perempuan.Teknikpengumpulan data yang digunakandalampenelitianadalah: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) dokumentasi, dan (5) instrumen tes.Analisis data yang digunakandalampenelitianada 2 yaitu: 1) analisis data kuantitatifdan, 2) analisis data kualitatif. Hasilpenelitianinimenunjukkanpembelajaran matematika melaluimodel Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdapatmeningkatkan hasil belajar, ketrampilan guru, dan aktivitassiswa. Siklus I rata-rata hasil belajar 72,00 dengan ketuntasan klasikal 76,19% sedangkan siklus II rata-rata 80,00 dengan ketuntasan klasikal 86%, ketrampilan guru siklus I rata-rata 64,5% dengan kualifikasicukup baik, sedangkan siklus II 82,5% dengankualifikasibaik. Sedangkan rata-rata aktivitasbelajar siswasiklus I memperoleh78% dengankualifikasibaik, kemudian dilanjutkan ke siklus II 85% dengankualifikasibaik. Simpulandalampenelitianiniadalahpembelajaranmatematikamelalui model pembelajaranPembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Saran yang dapatdisampaikanadalahPembelajarandengan model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsawperludilaksanakandalampembelajaranmatematika di kelas, karena model pembelajarantersebutdapatmeningkatkanhasilbelajarsiswa. Guru harusbisamemotivasisiswa agar lebihaktifdalampembelajarandenganmelakukanbimbingansecaraintensif.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Sri Utaminingsih, M.Pd.
Uncontrolled Keywords: Hasilbelajar Matematika, Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw, Bilangan Bulat.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 25 Mar 2015 02:56
Last Modified: 25 Mar 2015 02:56
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4355

Actions (login required)

View Item View Item