Roysa, Mila (2013) Pembelajaran Bahasa Indonesia Berbasis Pendidikan Karakter Untuk Mendukung Implementasi Kurikulum 2013. prosiding Seminar Nasional Bahasa Indonesia dalam Kurikulum 2013 sebagai Pengehali Peradapan Bangsa. pp. 35-39.
Preview |
Image (JPEG) (Cover)
cover.jpg - Published Version Download (109kB) |
Preview |
PDF (Hal. Depan)
hal._depan.pdf - Published Version Download (313kB) |
Preview |
PDF (Artikel)
artikel.pdf - Published Version Download (1MB) |
Abstrak
Pembelajaran adalah proses untuk membantu peserta didik agar dapat belajar dengan baik. Dalam konteks pendidikan, guru mengajar agar peserta didik dapat belajar dan menguasai isi pelajaran hingga mencapai sesuatu objektif yang ditentukan (aspek kognitif), juga dapat memengaruhi perubahan sikap (aspek afektif), serta keterampilan (aspek psikomotor) seorang peserta didik, namun proses pengajaran ini memberi kesan hanya sebagai pekerjaan satu pihak, yaitu pekerjaan pengajar saja, sedangkan pembelajaran menyiratkan adanya interaksi antara pengajar dengan peserta didik. Pengintegrasian pendidikan karakter dalam kurikulum mendongeng juga dapat diaplikasikan dalam kurikulum 2013 pada siswa sekolah dasar, karena materi dongeng dipilih sebagai alternatif untuk pengintegrasian ke dalam mata pelajaran lain (bahasa Indonesia, agama, dan matematika).
Item Type: | Article |
---|---|
Kata Kunci: | Bahasa Indonesia, Kurikulum 2013 |
Subjects: | Pendidikan > Teori dan praktek pendidikan |
Program Studi: | Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar |
Depositing User: | Mr Firman Al Mubaroq |
Date Deposited: | 28 Mar 2015 05:16 |
Last Modified: | 28 Jul 2015 07:47 |
URI: | http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4373 |
Actions (login required)
View Item |