Peningkatan Kemampuan Merencanakan Karir Melalui Layanan Informasi Berbasis Internet Pada Siswa Kelas Xii-B Teknik Otomotif Smk Nu Hasyim Asy’ari 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

AINUL KHARIS, DWI WAHYU EMA (2015) Peningkatan Kemampuan Merencanakan Karir Melalui Layanan Informasi Berbasis Internet Pada Siswa Kelas Xii-B Teknik Otomotif Smk Nu Hasyim Asy’ari 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (397Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (189Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (369Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (796Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (986Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (231Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (152Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (106Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3756Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Berdasarkan hasil wawancara peneliti dengan guru BK pada jam 10.30-12.00 dan hasil observasi/pengamatan peneliti terhadap siswa pada hari rabu tanggal 24-29 November 2014 ketika jam istirahat, pada siswa Kelas XII-B Teknik Otomotif SMK Nu Hasyim Asy’ari 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 peneliti menemukan siswa yang belum menerapkan kemampuan merencanakan karir dalam dirinya. Gejala, siswa masih belum memahami dan mengerti tentang karirnya yang ditekuni. Adapun rumusan masalah berdasarkan latar belakang tersebut dalam penelitian ini: Bagaimanakah meningkatkan Kemampuan Merencanakan Karir siswa Kelas XII-B Teknik Otomotif SMK Nu Hasyim Asya’ri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015 melalui Layanan Informasi dengan media internet? Tujuan penelitian ini untuk: Mendiskripsikan peningkatan pemahaman tentang Kemampuan Merencanakan Karir sebelum dan sesudah diberikan Layanan Informasi dengan media internet pada siswa Kelas XII-B Teknik Otomotif SMK Nu Hasyim Asya’ri 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Penelitian ini mengkaji teori yang berhubungan dengan peningkatan kemampuan merencanakan karir melalui layanan informasi dengan media internet. Kajian teori dalam penelitian ini mencakup materi yang berkaitan dengan membaca, yaitu: pengertian karir, cara merencanakan karir sejak dini, tujuan merenacakan karir, faktor yang mempengaruhi kemampuan merencanakan karir, tahap-tahap perkembangan karir, pengaruh kemampuan merencanakan karir untuk masa depan. Layanan informasi yaitu layanan yang berupya memenuhi kekurangan individu akan informasi yng mereka perlukan. Media internet yaitu media yng berhubungan dari jaringan-jaringan komputer yang menghubungkan orang-orang dan computer-komputer di seluruh dunia. Penelitian ini didesain menggunakan penelitian tindakan kelas bimbingan dan konseling bersifat kualitatif. Subjek yang diteliti dalam penelitian ini adalah siswa Kelas XII-B Teknik Otomotif SMK Nu Hasyim Asya’ri 1 Kudus, sebanyak subjek 20 siswa, terdiri dari 20 siswa laki-laki. Variabel penelitian: Variabel bebas dalam penilaian ini adalah Layanan Informasi berbasis internet. Variabel terikat adalah pemahaman tentang Kemampuan Merencanakan Karir. Metode pengumpulan data dengan metode pokok observasi dan wawancara, metode pendukung yaitu dokumentasi. Analisis data menggunakan data kualitatif deskriptif. Penelitian dilakukan 2 siklus (siklus I dan siklus II) setiap siklus 3 pertemun. Data diperoleh dari hasil wawancara dengan guru BK dan observasi dilakukan secara langsung bersama guru BK. Metode Analisis data menggunakan deskriptif kualitatif. Berdasarkan pra siklus dilaksanakan penelitian hasil pra siklus mendapat hasil Rata-Rata Skor 20,65% (K), pada siklus I pertemuan 1-3 mendapat hasil Rata-Rata Skor 30,78% (C) terjadi peningkatan sebesr 10,2%. Sedangkan pada siklus II pertemuan 1-3 mendapatkan hasil Rata-Rata Skor 36,21% (B) terjadi peningkatan sebesar 5,43% dari siklus I ke siklus II. Dari hasil tersebut bisa dilihat adanya peningkatan dari hasil pra siklus, siklus I dan siklus II. Dengan demikian layanan informasi dengan media internet dapat meningkatkan kemampuan merencanakan karir siswa. Hipotesis yang berbunyi: “Peningkatan Kemampuan Merencanakan Karir Melalui Layanan Informasi Berbasis Internet Pada Siswa Kelas XII-B Teknik Otomotif SMK Nu Hasyim Asy’ari 1 Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015” dapat diterima sesuai indikator keberhasilan. Berdasarkan tema penelitian, peneliti dapat memberikan saran kepada: 1) Kepala Sekolah, 2) Bagi Guru BK, 3) Bagi Siswa, 4) Bagi Orang Tua, dan 5) Bagi Peneliti Berikutnya. Diharapkan mampu untuk mengembangkan dan menerapkan layanan informasi dengan media internet pada penanganan permasalahan yang sejalan dengan permasalahan topik yang sama.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimibng :Dra. Hj. Sutarti, SE, MM
                    Uncontrolled Keywords: Kemampuan Merencanakan Karir, Layanan Informasi dengan media internet
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 30 Mar 2015 14:09
                    Last Modified: 30 Mar 2015 14:09
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4377

                    Actions (login required)

                    View Item