Studi Kasus Penerapan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Pengkondisian Aversi Untuk Menghilangkan Sikap Anti Sosial Siswa Smp 1 Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015

ANDRIANTO, HEDY PRASTYO (2015) Studi Kasus Penerapan Konseling Behavioristik Dengan Teknik Pengkondisian Aversi Untuk Menghilangkan Sikap Anti Sosial Siswa Smp 1 Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (980Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (461Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (607Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (490Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (666Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (483Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (453Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (112Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (3323Kb) | Request a copy

                    Abstrak

                    Penelitian ini dilatarbelakangidalam lingkup pendidikan terutama sekolah hubungan antar manusia pasti terjadi semisal, Guru dengan guru, guru dengan murid, guru dengan pegawai, dan murid dengan murid serta dengan pihak-pihak di lingkungan sekolah. Dari hubungan tersebut tentunya ada saling memahami serta menghargai antara satu dengan yang lain apakah itu murid dengan guru atau dengan pihak yang lainnya. Tidak bisanya untuk menjalankan hubungan tersebut dalam konteks memahami serta menghargai antara anggota lingkup sekolah, terutama hubungan antara murid-murid yang secara besar tingkat interaksi di lingkungan sekolah sangatlah besar memberikan dampak anti sosial dapat melekat pada diri murid yang mengerti dan memahami tentang cara penempatan diri dalam interaksi terhadap teman-teman di lingkungan sekolah. Tujuan penelitian ini adalah: 1. Untuk menemukan faktor-faktor yang mempengaruhi penyebab munculnya sikap anti sosial siswa dalam bergaul SMP 1 Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. 2. Membantu mereduksi munculnya sikap anti sosial melalui konseling Behavioristik dengan teknik Aversi pada siswa dalam bergaul SMP 1 Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015.Metode yang digunakan untukmengilangkan munculnya sikap anti social siswa dalam bergaul melalui konseling Behavioristik dengan teknik Aversi pada SMP 1 Undaan Kudus Tahun Pelajaran 2014/2015. Pandangan sifat Behavioristik terletak kodrat manusia bertumpu pada perilaku manusia yang bertujuan mengubah perilaku manusia yang salah menjadi perilaku yang benar, perilaku salah muncul karena manusia itu telah belajar bertingkah laku yang salah yang didapat dari interaksi dengan lingkungan.Teknik Aversi merupakan Teknik yang dapat digunakan untuk menghilangkan kebiasaan buruk. Teknik ini dimaksudkan untuk meningkatkan kepekaan klien agar mengamati respon pada stimulus yang disenanginya dengan kebalikan stimulus tersebut..Sikap antisosial dalam bergaul adalah bentuk sikap seseorang yang secara sadar atau tidak sadar tidak dapat menyesuaikan diri dengan norma-norma dan nilai-nilai sosial dalam interaksi di lingkunagan sekolah.Sikap antisosial merupakan sebab dan juga sebaliknya sebagai akibat dari terjadinya perilaku menyimpang yang ada pada diri siswa. Hasildari penelitian studi kasus tentang siswa yang memiliki Sikap Anti Sosial Siswa dalam Bergaul di SMP 1 Undaan Kudus T.P 2014/2015.perubahan sikap siswa, sebagai berikut: 1. Klien dapat diterima dalam adaptasi dengan teman seusianya, 2.Dapat menyesuaikan sikap dengan kebiasaan teman-teman bermainya pada umumnya, 3. Kebiasaan berbohong dengan teman bermainnya data hilang, 4.Klien bisa mengikuti aturan bermain yang ada pada lingkungan tempat bergaulnya.Kasus Klien II (RHSN),perubahan sikap siswa, sebagai berikut: 1.Klien tidak menyendiri serta dapat diterima dalam adaptasi dari teman-temannya, 2. Bisa merubah karakter pendiamnya sehingga dapat berinteraksi dengan lingkungan bergaulnya, 3. Dapat mengembangakan inisaiatif atau pemikirannya secara lebih baik., 4. Perhatian dari Orang tua dapat meningkat, agar klien lebih terarah serta dapat menyesuaikan sikap dengan kebiasaan teman-teman bermainya pada umumnya. Kasus Klien III (DRDN), perubahansikap siswa, sebagai berikut:1. Klien dapat memiliki sikap rendah hati tidak merasa paling sempurna 2. Klien mampu dapat mematuhi norma-norma sosial. 3. Mampu bersikap santun kepada teman-temanya, 4. Dapat mengerti bagaimana merencanakan sesuatu untuk menghadapi sesuatu aktivitas yang ada di depan. Berdasarkan kesimpulan diatas, peneliti menyampaikan saran sebagai berikut: 1. Wali Kelas dpat membantu siswa dalam mengembangkan kemampuan bersosialisasi dengan teman lain di sekolah dan dapat menjadi pribadi yang baik. Dan memperhatikan siswa dalam berinteraksi dengan teman. 2. Orang tua dalam upaya mereduksi sikap Anti Sosial Siswa dalam Bergaul diharapkan orang tua lebih memperhatikan perkembangan anaknya dan menciptakan suasana yang nyaman dilingkungan keluarga, serta memberikan pola asuh yang tidak terlallu memanjakan anaknya dirumah, 3.Bagi peserta didik, dapat menghilangkan sikap Sosial Siswa dalam pergaulannya sehari-hari, 4. Peneliti Selanjutnya, Kedepannya peneliti diharapkan dapat lebih bias melatih kesabaran dalam pelaksanaan pelayanan terhadap penyelesaian dan menggunakan berbagai teknik konseling agar masalah yang dihadapi siswa bias diatasi secara tuntas.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dra. Sumarwiyah, M.Pd, Kons
                    Uncontrolled Keywords: Teknik Pengkondisan Aversi; Sikap Anti Sosial
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Bimbingan & Konseling
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 30 Mar 2015 14:41
                    Last Modified: 30 Mar 2015 14:41
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4381

                    Actions (login required)

                    View Item