Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Pahlawanku Kebanggaanku Muatan Ips Dan Ppkn

AMALIA, VANNY RIZKY (2015) Penerapan Model Numbered Heads Together Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Subtema Pahlawanku Kebanggaanku Muatan Ips Dan Ppkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (452kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (190kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (239kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (494kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (3MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (199kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (113kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (161kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (14MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan peningkatan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran dan menemukan peningkatan hasil belajar siswa dengan diterapkannya model NHTsubtema pahlawanku kebanggaanku muatan IPS dan PPKn. Model NHT merupakan model yang dirancang untuk mempengaruhi pola interaksi siswa dan sebagai alternatif terhadap struktur kelas tradisional. Hasil belajar adalah terjadinya perubahan peningkatan kemampuan siswa berupa ranah kognitif, afektif, sosial dan psikomotorik. Hipotesis tindakan dalam penelitian adalah dengan menerapkan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa. Penelitian ini berlangsung selama dua siklus, setiap siklus memiliki 4 tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Lokasi penelitian di SD 3 Garung Lor, subjek penelitian 20 siswa kelas IV. Variabel bebas adalah model NHT. Sedangkan variabel terikat adalah hasil belajar subtema pahlawanku kebanggaanku muatan IPS dan PPKn. Instrumen penelitian ini adalah pedoman wawancara, pedoman observasi, tes dan dokumentasi. Hasil penelitian pada siklus I hasil belajar ranah kognitif rata-rata dari kedua muatan ketuntasan klasikal 60% (tinggi) dengan nilai rata-rata kelas sebesar 72,58 pada siklus I dan meningkat pada siklus II sebesar 85% (sangat tinggi) dengan nilai rata-rata sebesar 82,18. Hasil belajar ranah sikap siswa pada siklus I sebesar 68,55 (baik), meningkat pada siklus II sebesar 86,2 (sangat baik). Hasil belajar ranah sosial siswa pada siklus I sebesar 69,15 (baik) dan mengalami peningkatan pada siklus II sebesar 87,6 (sangat baik). Hasil belajar ranah psikomotorik siswa sebesar 68,18 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 86,8 (sangat baik). Keterampilan guru siklus I sebesar 80 (baik) dan meningkat pada siklus II sebesar 92 (sangat baik). Berdasarkan hasil penelitian tindakan kelas dapat disimpulkan bahwa penerapan model NHT dapat meningkatkan keterampilan guru dalam mengelola pembelajaran serta menemukan peningkatan hasil belajar siswa subtema pahlawanku kebanggaanku di kelas IV SD 3 Garung Lor. Adapun saran yang diberikan yaitu sebaiknya guru dapat menggunakan model NHT sebagai solusi untuk meningkatkan hasil belajar.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Numbered Heads Together (NHT), Hasil Belajar Subtema Pahlawanku Kebangaanku Muatan IPS dan PPKn.
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Apr 2015 07:01
Last Modified: 07 Apr 2015 07:25
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4415

Actions (login required)

View Item View Item