Penerapan Model Make A Matchberbantuanmedia Audio Visual Untukmeningkatkanpembelajaran Subtemakeanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Muatan Ipa Dan Ppkn

CHOIRIN ATTALINA, SYAILIN NICHLA (2015) Penerapan Model Make A Matchberbantuanmedia Audio Visual Untukmeningkatkanpembelajaran Subtemakeanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Muatan Ipa Dan Ppkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img]
Tinjau ulang
PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (495kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (183kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (410kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (2MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (1MB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (194kB) | Request a copy
[img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (171kB) | Request a copy
[img]
Tinjau ulang
PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
Download (111kB) | Tinjau ulang
[img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

Download (9MB) | Request a copy
Official URL: http://eprints.umk.ac.id

Abstrak

PenelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarsiswakelasIV SD 03 Panjunan Kudus padapembelajaran tematik.Rendahnyahasilbelajardisebabkankarenapembelajaran yang dilakukanmasihmenggunakanmetodeceramah.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1) Bagaimanaketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadaranahkognitif, afektif, psikomotorik, dansosialsubtema “KeanekaragamanHewandanTumbuhan” muatan IPA danPPKnmenggunakan model Make a Match berbantuan media audio-visual padasiswakelas IV SD 03 Panjunan? (2) Apakahpenerapan model Make a Matchberbantuan media audio-visual dapatmeningkatkanpembelajaranpadaranahkognitif, afektif, psikomotorik, dansosialsubtema “KeanekaragamanHewandanTumbuhan” muatan IPA danPPKnpadasiswakelas IV SD 03 Panjunan?Berdasarkanlatarbelakangtersebutmakapenelitimelakukanpenelitiandenganmenggunakan model Make a Match. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilan guru mengelolapembelajaran dan pembelajaran pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan sosial denganmenerapkan model Make A Match padasubtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Hasilbelajaradalahperubahanperilaku yang diperolehsiswasetelahmengalamiativitasbelajar yang dilihatdariaspekkognitif, afektif, danpsikomotor. Model Make a MatchmerupakaninovasidalampembelajarankarenadalamMake a Match kemampuanberpikirsiswabenar-benardioptimalkanmelalui proses kerjakelompok. Hipotesistindakan yang diajukanadalahpeningkatanhasilbelajarPKnmaterikeutuhan NKRI yang signifikandenganditerapkannya model pembelajaranMake a MatchpadakelasIV SD 03 Panjunan Kudus tahunajaran 2014/2015. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilaksanakan di kelasIV SD 03 Panjunan Kudus dengansubjekpenelitian16siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridaridua sampai tigapertemuan.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model Make a Match, sedangkanvariabelterikatnyayaitusubtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Metodepengumpulan data berupawawancara, observasi, tesdandokumentasi.Data yang diperolehdaritindakan yang dilakukandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkandenganmenggunakan model Make a Matchdapatmeningkatkanketerampilan guru mengelolapembelajarandanpembelajaran pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan sosial pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan muatan IPA dan PPKn. Hal inidapatdilihatdariterpenuhinyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) Peningkatanketerampilan guru mengelolapembelajaranpadasiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase 80% menjadi 88%. (2) Pembelajaran pada ranah kognitifjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari75,625 menjadi80,31. (3) Pembelajaran pada ranah afektifjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari2,385 menjadi2,945. (4) Pembelajaran pada ranah psikomotrikjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari3,14 menjadi3,45. (5) Pembelajaran pada ranah sosialjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari2,425 menjadi3,28. Simpulandalampenelitianiniyaitupenerapan model Make a Matchuntukpembelajaransubtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan muatan IPA dan PPKndapatmeningkatkanpembelajaran pada ranah koginitf, afektif, psikomotorik dan sosialsiswakelasIV SD 03 Panjunan Kudus tahunpelajaran 2014/2015.Saran dalampenelitianini,siswahendaknyabisamenanamkan rasa senangpadapembelajaran tematik khususnya muatan IPA dan PPKn, karenapembelajaran tematiktidakselaluidentikdenganceramah.Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatif yang sesuaidengankarakteristiksiswadandapatmerangsangsiswa agar maubelajar.Bagisekolahhendaknyamemberikankesempatankepada guru-guru agar aktifmengikutikegiatan-kegiatan yang dapatmenambahwawasandanpengetahuan guru, baikdarimateripelajaranmaupunmodelpembelajaran.

Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan, Make a Match
Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
Depositing User: pustakawan umk
Tanggal Deposit: 07 Apr 2015 07:32
Last Modified: 07 Apr 2015 07:32
URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4419

Actions (login required)

View Item View Item