Penerapan Model Make A Matchberbantuanmedia Audio Visual Untukmeningkatkanpembelajaran Subtemakeanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Muatan Ipa Dan Ppkn

CHOIRIN ATTALINA, SYAILIN NICHLA (2015) Penerapan Model Make A Matchberbantuanmedia Audio Visual Untukmeningkatkanpembelajaran Subtemakeanekaragaman Hewan Dan Tumbuhan Muatan Ipa Dan Ppkn. Skripsi Sarjana thesis, Universitas Muria Kudus.

[img] PDF (Hal. Judul) - Accepted Version
Download (483Kb)
    [img] PDF (Bab 1) - Accepted Version
    Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

    Download (178Kb) | Request a copy
      [img] PDF (Bab 2) - Accepted Version
      Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

      Download (400Kb) | Request a copy
        [img] PDF (Bab 3) - Accepted Version
        Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

        Download (2642Kb) | Request a copy
          [img] PDF (Bab 4) - Accepted Version
          Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

          Download (1257Kb) | Request a copy
            [img] PDF (Bab 5) - Accepted Version
            Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

            Download (190Kb) | Request a copy
              [img] PDF (Bab 6) - Accepted Version
              Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

              Download (167Kb) | Request a copy
                [img] PDF (Daftar Pustaka) - Accepted Version
                Download (108Kb)
                  [img] PDF (Lampiran) - Accepted Version
                  Restricted to Hanya untuk pengguna terdaftar

                  Download (8Mb) | Request a copy

                    Abstrak

                    PenelitianinidilatarbelakangirendahnyahasilbelajarsiswakelasIV SD 03 Panjunan Kudus padapembelajaran tematik.Rendahnyahasilbelajardisebabkankarenapembelajaran yang dilakukanmasihmenggunakanmetodeceramah.Rumusanmasalahdalampenelitianiniadalah (1) Bagaimanaketerampilan guru dalammengelolapembelajaranpadaranahkognitif, afektif, psikomotorik, dansosialsubtema “KeanekaragamanHewandanTumbuhan” muatan IPA danPPKnmenggunakan model Make a Match berbantuan media audio-visual padasiswakelas IV SD 03 Panjunan? (2) Apakahpenerapan model Make a Matchberbantuan media audio-visual dapatmeningkatkanpembelajaranpadaranahkognitif, afektif, psikomotorik, dansosialsubtema “KeanekaragamanHewandanTumbuhan” muatan IPA danPPKnpadasiswakelas IV SD 03 Panjunan?Berdasarkanlatarbelakangtersebutmakapenelitimelakukanpenelitiandenganmenggunakan model Make a Match. Penelitianinibertujuanuntukmeningkatkanketerampilan guru mengelolapembelajaran dan pembelajaran pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan sosial denganmenerapkan model Make A Match padasubtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Hasilbelajaradalahperubahanperilaku yang diperolehsiswasetelahmengalamiativitasbelajar yang dilihatdariaspekkognitif, afektif, danpsikomotor. Model Make a MatchmerupakaninovasidalampembelajarankarenadalamMake a Match kemampuanberpikirsiswabenar-benardioptimalkanmelalui proses kerjakelompok. Hipotesistindakan yang diajukanadalahpeningkatanhasilbelajarPKnmaterikeutuhan NKRI yang signifikandenganditerapkannya model pembelajaranMake a MatchpadakelasIV SD 03 Panjunan Kudus tahunajaran 2014/2015. Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas yang dilaksanakan di kelasIV SD 03 Panjunan Kudus dengansubjekpenelitian16siswadan guru yang berlangsungselamaduasiklus, setiapsiklusterdiridaridua sampai tigapertemuan.Variabelbebasdalampenelitianiniadalah model Make a Match, sedangkanvariabelterikatnyayaitusubtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan. Metodepengumpulan data berupawawancara, observasi, tesdandokumentasi.Data yang diperolehdaritindakan yang dilakukandianalisissecarakuantitatifdankualitatif. Hasilpenelitianmenunjukkandenganmenggunakan model Make a Matchdapatmeningkatkanketerampilan guru mengelolapembelajarandanpembelajaran pada ranah kognitif, afektif, psikomotorik dan sosial pada subtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan muatan IPA dan PPKn. Hal inidapatdilihatdariterpenuhinyaindikatorkeberhasilansebagaiberikut. (1) Peningkatanketerampilan guru mengelolapembelajaranpadasiklus I kesiklus II meningkatdaripersentase 80% menjadi 88%. (2) Pembelajaran pada ranah kognitifjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari75,625 menjadi80,31. (3) Pembelajaran pada ranah afektifjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari2,385 menjadi2,945. (4) Pembelajaran pada ranah psikomotrikjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari3,14 menjadi3,45. (5) Pembelajaran pada ranah sosialjugameningkatdilihatdaripeningkatannilai rata-rata kelaspadasiklus I kesiklus II yaitudari2,425 menjadi3,28. Simpulandalampenelitianiniyaitupenerapan model Make a Matchuntukpembelajaransubtema keanekaragaman hewan dan tumbuhan muatan IPA dan PPKndapatmeningkatkanpembelajaran pada ranah koginitf, afektif, psikomotorik dan sosialsiswakelasIV SD 03 Panjunan Kudus tahunpelajaran 2014/2015.Saran dalampenelitianini,siswahendaknyabisamenanamkan rasa senangpadapembelajaran tematik khususnya muatan IPA dan PPKn, karenapembelajaran tematiktidakselaluidentikdenganceramah.Bagi guru hendaknyamenggunakan model pembelajaraninovatif yang sesuaidengankarakteristiksiswadandapatmerangsangsiswa agar maubelajar.Bagisekolahhendaknyamemberikankesempatankepada guru-guru agar aktifmengikutikegiatan-kegiatan yang dapatmenambahwawasandanpengetahuan guru, baikdarimateripelajaranmaupunmodelpembelajaran.

                    Tipe dokumen: Skripsi (Skripsi Sarjana)
                    Additional Information: Pembimbing :Dr. Murtono, M.Pd
                    Uncontrolled Keywords: Pembelajaran, Subtema Keanekaragaman Hewan dan Tumbuhan, Make a Match
                    Subjects: Pendidikan > Pendidikan (Umum)
                    Divisions: Fakultas Keguruan & Ilmu Pendidikan > Pendidikan Guru Sekolah Dasar
                    Depositing User: pustakawan umk
                    Tanggal Deposit: 07 Apr 2015 14:32
                    Last Modified: 07 Apr 2015 14:32
                    URI: http://eprints.umk.ac.id/id/eprint/4419

                    Actions (login required)

                    View Item